Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Anthony Ginting ke Final All England 2024, Nestapa 22 Tahun Tunggal Putra Indonesia Berakhir

Hasil All England 2024 hari ini, Anthony Ginting ke final sekaligus menghapus penantian dua dekade lebih tunggal putra Indonesia.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Nanda Lusiana Saputri
zoom-in Anthony Ginting ke Final All England 2024, Nestapa 22 Tahun Tunggal Putra Indonesia Berakhir
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Pebulu tangkis Indonesia Anthony Sinisuka Ginting lambaikan tangan usai lawan pebulu tangkis Thailand, Kantaphon Wangcharoen babak 32 besar Indonesia Masters 2024, di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (24/1/2024). 

TRIBUNNEWS.COM - Anthony Sinisuka Ginting lolos Final All England 2024 ternyata tak hanya jaga asa merengkuh gelar juara. Ginting juga bukukan rekor untuk menyudahi penantian lebih dari dua dekade badminton Indonesia di All England.

Tersaji di Utilita Arena, Birmingham, semifinal All England 2024 antara Anthony Sinisuka Ginting vs Christo Popov berakhir lewat skor 2-1 (19-21, 21-5, 21-11), Sabtu (16/3/2024).

Hasil ini membuat Ginting untuk kali pertama lolos ke babak final All England sepanjang partisipasinya. Di sisi lain, dia memperbesar peluang untuk menciptakan All Indonesian Final di All England edisi ke-125.

Kini, Ginting tinggal menunggu pemenang pertandingan semifinal tunggal putra lainnya yang mempertemukan Jonatan Christie melawan utusan India, Lakshya Sen.

Badminton Lovers Indonesia jelas berharap Jojo bisa mengalahkan Lakshya Sen.

Dengan demikian, tim badminton Indonesia bisa memastikan satu gelar juara di All England 2024 dari nomor tunggal putra.  

Ginting Akhiri Nestapa Tunggal Putra Indonesia di All England

Sukses Anthony Sinisuka Ginting ke partai final All England 2024 menyisipkan rapor fantastis bagi badminton Indonesia.

BERITA TERKAIT

Bagaimana tidak, pebulutangkis berusia 27 tahun ini sukses mengakhiri nestapa penantian 22 tahun Badminton Indonesia di nomor tunggal putra ketika berlaga di All England.

Yap, Ginting menjadi atlet badminton Indonesia pertama dari nomor tunggal putra yang melaju ke partai final All England dalam 22 tahun terakhir.

Sebagai catatan, sebelum Ginting, tim badminton Indonesia untuk sektor tunggal putra, terakhir kali mengirimkan wakil ke laga puncak All England ialah edisi 2002.

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting saat melawan tunggal Singapura Loh Kean Yew pada babak perempat final Daihatsu Indonesia Masters 2024, di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (26/1/2024). Anthony Ginting berhasil melahu ke semifinal usai menang dua set langsung dengan skor 21-17 dan 21-19. TRIBUNNEWS/HERUDIN
Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting saat melawan tunggal Singapura Loh Kean Yew pada babak perempat final Daihatsu Indonesia Masters 2024, di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (26/1/2024). Anthony Ginting berhasil melahu ke semifinal usai menang dua set langsung dengan skor 21-17 dan 21-19. TRIBUNNEWS/HERUDIN (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

Saat itu Indonesia diwakili oleh Budi Santoso. Sayangnya di perebutan gelar juara, Budi Santoso takluk dari wakil China, Chen Hong.

Di sisi lain, Anthony Sinisuka Ginting sekaligus menjaga peluang untuk meraih gelar juara All England 2024. 

Baca juga: Hasil Semifinal All England 2024: 3 Delegasi Asia Timur Melaju ke Final, Ginting & Jojo OTW Nyusul

Jika terealisasi, maka Ginting akan mengulang sejarah 30 tahun silam di mana terakhir kali Indonesia memiliki juara All England dari nomor tunggal putra.

Tepatnya di edisi All England 1994, tim badminton Indonesia nomor tunggal putra sukses merengkuh titel kampiun. Saat itu Hariyanto Arbi meraih juara setelah menangi perang saudara di laga puncak mengalahkan Ardy Wiranata. 

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas