Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Pole Position MotoGP Spanyol 2024: Mission Impossible Fabio Quartararo Sejajar Raja Jerez

Pole Position MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez sulit direalisasikan Fabio Quartararo yang sejatinya tinggal selangkah samai prestasi Valentino Rossi.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Muhammad Nursina Rasyidin
zoom-in Pole Position MotoGP Spanyol 2024: Mission Impossible Fabio Quartararo Sejajar Raja Jerez
Mohd RASFAN / AFP
Pole Position MotoGP Spanyol 2024 - Pebalap Yamaha Fabio Quartararo meninggalkan pit lane pada hari pertama tes pramusim MotoGP di Sirkuit Internasional Sepang di Sepang pada 10 Februari 2023. 

Update Hasil Kualifikasi MotoGP Spanyol 2024 di Akhir Artikel

TRIBUNNEWS.COM - Ada satu fakta menarik dari Fabio Quartararo jika menyegel Pole Position MotoGP Spanyol 2024 di Sirkuit Jerez. Pembalap Monster Energy Yamaha itu akan sejajar dengan penguasa Jerez Angel-Nieto.

Live Hasil Kualifikasi MotoGP Spanyol 2024 di Sirkuit Jerez dimulai jam 15.50 WIB, hari ini, Sabtu (27/4/2024).

Sejumlah pembalap masuk kategori favorit Pole Position MotoGP Spanyol 2024, mulai dari Francesco Bagnaia, Marc Marquez hingga Fabio Quartararo.

Nama terakhir jelas menjadi sorotan, karena memiliki rekam jejak paling mentereng soal Pole Position MotoGP Spanyol 2024 di starting grid.

Pembalap Yamaha-SRT Italia Valentino Rossi berpose dengan motornya pada 11 November 2021 di arena pacuan kuda Ricardo Tormo di Cheste, menjelang Grand Prix MotoGP Valencia. Seorang ikon olahraga memasuki masa pensiun pada 14 November 2021 di MotoGP Valencia di mana nama juara dunia sembilan kali Valentino Rossi akan menghiasi grid untuk terakhir kalinya.
Pembalap Yamaha-SRT Italia Valentino Rossi berpose dengan motornya pada 11 November 2021 di arena pacuan kuda Ricardo Tormo di Cheste, menjelang Grand Prix MotoGP Valencia. Seorang ikon olahraga memasuki masa pensiun pada 14 November 2021 di MotoGP Valencia di mana nama juara dunia sembilan kali Valentino Rossi akan menghiasi grid untuk terakhir kalinya. (JOSE JORDAN / AFP)

Di antara pembalap yang balapan musim ini, rider berjuluk El Diablo paling banyak start sebagai polesitter pada balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez.

Tercatat selama memperkuat Yamaha Petronas SRT maupun pabrikan Yamaha, El Diablo tiga kali mengemas Pole Position MotoGP Spanyol dari musim 2019 hingga 2021.

BERITA TERKAIT

Bahkan Marc Marquez yang sudah membukukan 3 kali podium kemenangan di lintasan sepanjang 4,4 km ini, baru sekali menorehkan prestasi sebagai polesitter.

Hanya saja jika dikomparasikan dengan kondisi Quartararo musim ini, sulit rasanya untuk juara dunia MotoGP 2021 ini mengulang sukses Pole Position MotoGP Spanyol 2024.

Hal itu merujuk kepada bagaimana pengembangan YZR-M1 yang terbilang jalan di tempat. 

Tak salah jika kemudian menyebut 'Mission Impossible' bagi Quartararo untuk menyejajarkan diri dengan Raja Jerez, Valentino Rossi.

Yap, Rossi merupakan pembalap dengan jumlah kemenangan di Jerez terbanyak, yakni 7 kali. Di sisi lain, empunya nomor start #46 ini telah membukukan empat kali start dari posisi pertama.

Baca juga: Fakta Pole Position MotoGP Spanyol 2024: Marquez & Bagnaia Mencoba Selevel dengan Pola Juara Rossi

Ini artinya, Fabio Quartararo tinggal satu kali lagi polesitter, maka dia akan menyamai apa yang diukir oleh Valentino Rossi.'

Dirangkum dari laman resmi MotoGP, sejak Sirkuit Jerez menggelar balapan Grand Prix roda dua era 4-Tak tahun 2002, Jorge Lorenzo lah pemegang Pole Position MotoGP Spanyol terbanyak.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas