Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Kompak Lolos Final Thomas dan Uber Cup 2024: Indonesia Ulangi Sejarah 26 Tahun Silam

Tim bulu tangkis Indonesia berhasil mengukir sejarah setelah kompak lolos ke final Thomas dan Uber Cup 2024. Ulangi prestasi 26 tahun silam.

Penulis: Hafidh Rizky Pratama
Editor: Dwi Setiawan
zoom-in Kompak Lolos Final Thomas dan Uber Cup 2024: Indonesia Ulangi Sejarah 26 Tahun Silam
AFP/WANG ZHAO
Anggota tim Indonesia merayakan kemenangan melawan Korea Selatan pada pertandingan semifinal tunggal putri turnamen bulu tangkis Piala Thomas dan Uber di Chengdu, di provinsi Sichuan barat daya China pada 4 Mei 2024. (Photo by WANG Zhao / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Kontingen putra Indonesia berhasil mengukir sejarah setelah tim Thomas Cup mengikuti jejak tim Uber Cup melaju ke partai final, Sabtu (4/5/2024).

Sama-sama berhasil lolos ke final Piala Thomas dan Uber 2024, Indonesia berhasil mengulangi sejarah tahun 1998 silam, atau tepatnya yakni 26 tahun yang lalu.

Tim putri berhasil menembus final terlebih dahulu setelah secara dramatis menyingkirkan Korea Selatan di babak semifinal Uber Cup 2024.

Ya, Srikandi Indonesia itu berhasil mengalahkan wakil utusan Negeri Gingseng itu dengan skor 3-2.

Tunggal putri Indonesia, Komang Ayu Cahya Dewi berhasil menjadi pahlawan penentu Merah Putih ke final setelah mengalahkan Kim Min-sun dengan skor 17-21, 21-16, 21-19.

Tunggal putri Indonesia, Komang Ayu Cahya Dewi menang atas Liang Ka Wing (Hong Kong) di Uber Cup 2024, Sabtu (27/4/2024).
Tunggal putri Indonesia, Komang Ayu Cahya Dewi menang atas Liang Ka Wing (Hong Kong) di Uber Cup 2024, Sabtu (27/4/2024). (PBSI)

Pada pertandingan ini, Indonesia membuka keunggulan 1-0 atas Korea Selatan, setelah Gregoria Mariska Tunjung yang bermain di laga pertama, menang dua gim langsung atas Sim Yu Jin.

Jorji, sapaan akrab Gregoria, menang 21-15 dan 21-13 atas Sim dalam durasi 32 menit.

BERITA TERKAIT

Tim berjuluk Negeri Ginseng, berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui sektor ganda putri.

Mereka menang melalui Baek Ha Na/Lee So Hee yang mengalahkan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva dengan skor 21-6, 21-18.

Merah Putih kembali unggul 2-1 setelah Ester Nurumi Tri menang via tiga gim setelah mengalahkan Kim Ga Ram.

Korea Selatan menggagalkan upaya kemenangan Indonesia di laga keempat melalui sektor ganda putri.

Pasangan Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto takluk dua gim dari Jeong Na Eun/Kong Hee Yong.

Baca juga: Hasil Semifinal Thomas Cup 2024: Jojo Menyala, Indonesia Sempurna Kalahkan Taiwan, Hattrick Final!

Indonesia Apriyani Rahayu dan Siti Fadia Silva Ramadhanti saat melawan pebulu tangkis Korea Selatan Baek Ha-Na dan Lee So-Hee saat pertandingan semifinal ganda putri di turnamen bulu tangkis Piala Thomas dan Uber di Chengdu, di provinsi Sichuan barat daya Tiongkok pada 4 Mei , 2024. (Photo by WANG Zhao / AFP)
Indonesia Apriyani Rahayu dan Siti Fadia Silva Ramadhanti saat melawan pebulu tangkis Korea Selatan Baek Ha-Na dan Lee So-Hee saat pertandingan semifinal ganda putri di turnamen bulu tangkis Piala Thomas dan Uber di Chengdu, di provinsi Sichuan barat daya Tiongkok pada 4 Mei , 2024. (Photo by WANG Zhao / AFP) (AFP/WANG ZHAO)

Akhirnya, pemain terakhir Indonesia yang diwakilkan Komang Ayu Cahya Dewi berhasil memenangi pertandingan atas Kim Min-sun lewat permainan rubber gim.

Kemenangan Indonesia atas Korea Selatan ini membuat penantian 16 tahun bermain di partai final Uber Cup akhirnya terpecahkan.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas