Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Sakit Hati Pengkhianatan Terobati, KTM Rujuk dengan Jorge Martin di MotoGP 2025

Silly season MotoGP 2025 kembali dikejutkan kabar KTM yang kembali rujuk dengan Jorge Martin setelah perseteruan yang berujung pembayaran penalti.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Dwi Setiawan
zoom-in Sakit Hati Pengkhianatan Terobati, KTM Rujuk dengan Jorge Martin di MotoGP 2025
AFP/RONNY HARTMANN
Pebalap Ducati Pramac Racing Team asal Spanyol Jorge Martin merayakan podium setelah memenangkan Grand Prix sepeda motor MotoGP Jerman di sirkuit balap Sachsenring di Hohenstein-Ernstthal dekat Chemnitz, Jerman timur, pada 18 Juni 2023. (Photo by Ronny Hartmann / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Kabar kembalinya Jorge Martin ke pabrikan Austria, KTM, pada MotoGP 2025 dibumbui dengan cerita masa lalu kedua belah pihak. KTM pernah melabeli Jorge Martin sebagai pengkhianat.

Silly season MotoGP 2025 terus dipanaskan menyoal perpindahan pembalap. 

Dan yang paling 'hot' datang dari garasi Ducati di mana ada tiga kandidat kuat sebagai pendamping Francesco 'Pecco' Bagnaia di musim depan.




Ketiga rider tersebut adalah Marc Marquez, Enea Bastianini dan Jorge Martin. Ducati Lenovo Team dikabarkan lebih condong ke pembalap pertama.

Pembalap  Pramac Racing Team Jorge Martin (kanan) dan rider Ducati Lenovo Team Francesco Bagnaia (kiri) merayakan podium setelah memenangkan Grand Prix MotoGP Jerman di sirkuit balap Sachsenring pada 18 Juni 2023.
Pembalap Pramac Racing Team Jorge Martin (kanan) dan rider Ducati Lenovo Team Francesco Bagnaia (kiri) merayakan podium setelah memenangkan Grand Prix MotoGP Jerman di sirkuit balap Sachsenring pada 18 Juni 2023. (Ronny Hartmann / AFP)

Hal ini yang kemudian membuat spekulasi masa depan Jorge Martin kian liar. Maklum MotoGP 2024 merupakan kontrak terakhir pembalap berjuluk Martinator ini di tim Pramac Ducati.

Dan seperti diketahui, Martinator ngebet untuk menjadi pembalap pabrikan, entah itu dengan atau tanpa Ducati Lenovo Team di MotoGP 2025.

Hal ini coba direspons oleh KTM. Pabrikan Austria ini mencoba untuk memulangkan kembali pria yang sempat dilabelinya sebagai seorang pengkhianat.

BERITA TERKAIT

Mengapa demikian? KTM dulu pernah sakit hati dan mencap Martinator sebagai pengkhianat saat dirinya memutuskan debut ke MotoGP.

Martin dulunya pernah masuk ke keluarga raksasa Austria tersebut, dan diplot untuk menjadi rider masa depan mereka di MotoGP.

Sayangnya di bawah kontrak sah, pembalap asal Spanyol ini memilih membelot ke Ducati lewat tim Pramac Racing.

Karena motor Ducati sangat menggiurkan kala itu, Martin akhirnya nekat mengaktifkan klausul kontrak dengan KTM demi memuluskan langkahnya promosi dengan Pramac di MotoGP 2021.

Baca juga: Transfer Pembalap MotoGP: Joan Mir Membelot, Jorge Martin & Bastianini Pepet Ducati

Bahkan Martin sampai rela membayarkan uang ganti rugi kepada KTM, meski harus merogoh kocek pribadinya sendiri

Bos KTM, Pit Beirer, tidak menampik bahwa dinamika bursa pembalap membuat mereka bisa ikut meng-upgrade line up pembalapnya.

"Pasar dinamis, dan meski kami punya sejumlah pembalap berbakat, kami juga memperhatikan kesempatan yang mungkin muncul dari keputusan tim lain," ujar Beirer dikutip dari laman Paddock-GP.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas