Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Viral Insiden Referee Challenge di Proliga 2024: Yolla Protes ke Wasit, Megawati Kesal

Viral wasit ambil jatah challenge pada pertandingan Electric PLN hadapai Jakarta BIN di Proliga 2024, Yolla protes, Megawati tunjukkan ekspresi kesal.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Dwi Setiawan
zoom-in Viral Insiden Referee Challenge di Proliga 2024: Yolla Protes ke Wasit, Megawati Kesal
Kolase Tribunnews
Momen Referee Challenge di pertandingan Proliga 2024 antara Electric PLN menghadapi Jakarta BIN di Palembang, 9 Mei 2024. Yolla Yuliana (kiri) lakukan protes dan Megawati Hangestri (kanan) mempertanyakan sikap wasit pertandingan. 

TRIBUNNEWS.COM - Insiden Referee Challenge mewarnai Proliga 2024 sekaligus menjadi sejarah sepanjang kompetisi volivoli Tanah Air bergulir sejak 22 tahun silam.

Referee Challenge adalah kondisi di mana wasit meminta Challenge untuk melihat sebuah tayangan ulang melalui video untuk mengambil keputusan dalam situasi ragu-ragu.

Tepatnya pada pertandingan Jakarta Electric PLN menghadapi Jakarta BIN di GOR PSCC, Palembang, Kamis (9/5/2024), Matsuri yang bertindak sebagai wasit utama meminta Challenge.




Perlu diketahui dalam regulasi resmi FIVB, setiap wasit memiliki hak dan wewenang untuk mengambil challenge untuk menentukan keputusan jika kondisinya fifty-fifty.

Namun sejak Proliga mengenalkan teknologi VAR musim lalu, belum ada wasit yang menggunakan hak tersebut. Baru pada pertandingan Proliga 2024 antara Electric PLN menghadapi Jakarta BIN, sejarah itu tercipta.

Momen para pemain Jakarta BIN melakukan block saat melawan Bandung BJB Tandamata pada Proliga 2024 yang berlangsung di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Sabtu (27/4/2024). Megawati Hangestri cs kalah 3-1.
Momen para pemain Jakarta BIN melakukan block saat melawan Bandung BJB Tandamata pada Proliga 2024 yang berlangsung di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Sabtu (27/4/2024). Megawati Hangestri cs kalah 3-1. (Instagram @bin_volleyballclub)

Momen itu terjadi di set keempat saat Electric PLN tertinggal 2-1 atas Megawati Hangestri dkk. Sedangkan papan skor menunjukkan angka 15-19 untuk keunggulan Jakarta BIN.

Situasinya Tisya Amallya dan kolega menerima received dari serve yang dilepaskan setter Jakarta BIN, Arneta Putri Amellya.

BERITA TERKAIT

Penerimaan yang tidak sempurna dari Nurlaili Kusumah, dikonversikan oleh Tisya sebagai umpan yang tertuju kepada Keterina Zhidkova.

Spike dari opposite Jakarta Electric PLN ini berhasil didefend oleh Nandita Ayu, namun bola pengembalian justru kembali ke area permainan Nurlaili Kusumah dkk.

Reset attack diperoleh Elctric PLN di mana Tisya merangkai serangan quick untuk diberikan kepada Yolla Yuliana.

Tip ball yang dilakukan Yolla berhasil didig oleh Wilda Nurfadhilah.

Namun di pinggir lapangan pertandingan, pelatih Elctric PLN, Chamnan Dokmai sudah melakukan protes jika ada kesalahan yang dilakukan pemain Jakarta BIN.

Jakarta BIN mendapatkan poin memperoleh Megawati Hangestri. Akan tetapi oleh para pemain dan pelatih Jakarta Elctric PLN, keputusan wasit asal Jawa Timur itu diprotes.

Yolla Yuliana dan Wilda Nurfadhilah pun berdiskusi dengan Matsuri, di mana keputusan Referee Challenge diambil.

Baca juga: Jadwal Proliga 2024 Seri Bandung: Asa STIN BIN Balaskan Dendam, Megawati Main Dua Kali

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas