Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

MotoGP Mandalika Bakal Digelar September 2024, Dampak Ekonomi Diperkirakan Rp 4,3 T

Event balap motor nomor satu di dunia yakni MotoGP, siap kembali diadakan di Sirkuit Pertamina Internasional Mandalika

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Sanusi
zoom-in MotoGP Mandalika Bakal Digelar September 2024, Dampak Ekonomi Diperkirakan Rp 4,3 T
Bambang Ismoyo
Menteri BUMN Erick Thohir di Menara Danareksa, Jakarta, Jumat (21/6/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Event balap motor nomor satu di dunia yakni MotoGP, siap kembali diadakan di Sirkuit Pertamina Internasional Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Adapun, MotoGP seri Mandalika ini akan berlangsung pada 27-29 September 2024 mendatang.

Tak hanya MotoGP, event balap motor yang juga akan berlangsung di arena tersebut adakah Asia Road Racing Championship (ARRC) pada 26-28 Juli 2024.

Baca juga: Musim Ketiga MotoGP di Sirkuit Mandalika: Side Event Siap Manjakan Para Penonton

Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan, penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of Indonesian-MotoGP 2024 dan event ARRC bukan hanya sekedar ajang balap motor kelas dunia.

Perhelatan ini juga menjadi peluang besar bagi Sport Tourism di Indonesia, yang berpotensi menjadi penyumbang devisa yang signifikan bagi negara.

"Kita memiliki kesempatan untuk menarik perhatian dunia sekaligus memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat dan perekonomian lokal," ungkap Erick Thohir di Menara Danareksa, Jakarta, Jumat (21/6/2024).

BERITA TERKAIT

"Saya optimistis ARRC dan Pertamina Grand Prix of Indonesian-MotoGP, tak hanya balapan motor, tetapi juga kesempatan emas untuk mempromosikan Indonesia, khususnya The Mandalika," sambungnya.

Berdasarkan catatan dari tahun ke tahun, gelaran MotoGP telah memberikan multiplier effect besar bagi masyarakat sekitar.

Khusus untuk 2024, dampak ekonomi dari terselenggaranya acara tersebut diprediksi mencapai Rp4,3 triliun, dengan penyerapan tenaga kerja sebanyak 2.000 orang lebih.

Dengan demikian, Erick memastikan Pemerintah dalam hal ini Kementerian BUMN akan mendukung penuh event internasional tersebut.

Baca juga: Daftar Gaji Pembalap MotoGP 2025: Marc Marquez Balap Fabio Quartararo & Pecco Bagnaia, JM89 Terkecil

Sinergi yang baik antara semua pihak akan memastikan gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesian-MotoGP 2024 berjalan dengan lancar dan memberikan sensasi berbeda bagi pengunjung maupun pembalap.

Sementara itu, Direktur Utama InJourney Dony Oskaria menyebutkan, pada tahun ini InJourney bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan.

"Penyelenggaraan ARRC dan Pertamina Grand Prix of Indonesian-MotoGP 2024 sangatlah penting guna menunjukkan komitmen Indonesia dalam menciptakan pariwisata yang berkelanjutan atau sustainability tourism," papar Dony.

"Kepercayaan dari internasional dan pemerintah harus dijaga sebagai bukti kontribusi BUMN kepada bangsa dan negara, untuk itu sukses acara menjadi prioritas utama kami," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas