Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Hasil VNL 2024 Putra: Skuad B Jepang Gilas Amerika 3-0, Defalcao Cs Tercoreng Rekor Tragis

Kegagalan tim voli putra Amerika Serikat ke 8 besar VNL 2024 menyisakan rekor tragis setelah dikalahkan Jepang tiga set langsung malam ini.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
zoom-in Hasil VNL 2024 Putra: Skuad B Jepang Gilas Amerika 3-0, Defalcao Cs Tercoreng Rekor Tragis
Laman resmi VolleyballWorld
Selebrasi para pemain Jepang setelah mengalahkan Amerika Serikat pada laga ke-12 VNL 2024 putra di Manila, Filipina, Minggu (23/6/2024). 

TRIBUNNEWS.COM - Hasil Volleyball Nations League (VNL) 2024 putra, tim voli putra Amerika Serikat mengukir rekor hitam setelah takluk dari Jepang pada pertandingan ke-12. TJ Defalcao dkk gagal melaju ke 8 besar VNL 2024 putra.

Hasil pertandingan Jepang vs Amerika Serikat di Manila, Filipina berkesudahan berkesudahan dengan skor 3-0 (25-20, 25-23, 25-19), Minggu (23/6/2024) malam WIB.

Kekalahan ini meninggalkan kesan dan catatan minor bagi Micah Christenson dan kolega. Pasalnya tim yang pada VNL musim lalu mengakhiri kejuaraan dunia sebagai runner-up, gagal melaju ke final round 8 besar edisi 2024.

Amerika Serikat mengumpulkan 15 poin dari 12 laga yang dilakoni. Dengan raihan lima kemenangan dan 7 berakhir kekalahan, Garrett Muagututia dan kawan-kawan finis di posisi 12 Klasemen VNL 2024.

Kento Miyaura (jersey hitam) melepaskan spike pada pertandingan Jepang hadapi Amerika Serikat di VNL 2024 yang berlangsung di Manila, Filipina, Minggu (23/6/2024).
Kento Miyaura (jersey hitam) melepaskan spike pada pertandingan Jepang hadapi Amerika Serikat di VNL 2024 yang berlangsung di Manila, Filipina, Minggu (23/6/2024). (Laman resmi VolleyballWorld)

Adapun Jepang yang sudah dipastikan melangkah ke babak perempat final, sementara berada di peringkat ketiga klasemen. Yuji Nishida cs membukukan 25 poin dari 9 kemenangan.

Pada laga kali ini, baik Jepang dan Amerika Serikat menurunkan skuad B.

Dari kubu tim voli putra Jepang, Philippe Blain menurunkan lapis kedua. Di antaranya ialah Kento Miyaura dan Fukatsu. 

BERITA TERKAIT

Sedangkan pemain utama seperti Masahiro Sekita dan Yuki ishikawa justru duduk di bangku cadangan. Hal ini disebabkan tim voli putra Jepang sudah dipastikan tampil di 8 Besar VNL 2024 di Polandia.

Adapun Ran Takahashi dan Yuji Nishida juga tidak dimainkan untuk pertandingan pamungkas fase reguler karena mengalami cedera.

Pun hal yang sama dilakukan tim voli putra Amerika Serikat. Mereka tidak menurunkan setter terbaiknya, Micah Christenson, maupun hitter utama TJ Defalcao maupun Garrett Muagututia yang merupakan eks Bhayangkara Presisi.

Faktanya, Amerika Serikat memang dalam situasi sulit. Sekalipun memenangkan laga, mereka tidak dijamin lolos ke babak 8 Besar VNL 2024.

Baca juga: Hasil Perebutan Tempat Ketiga VNL 2024 Putri: Polandia Menang 2-3, Brasil Gagal Rebut Medali

Fakta kegagalan Defalcao dkk ke 8 Besar VNL 2024 menyisakan rekor tragis. Pasalnya sejak VNL 2018 kali pertama digelar dan menjadikan Amerika Serikat sebagai salah satu core team di kejuaraan voli dunia ini.

Mereka belum pernah gagal lolos ke perempat final. Dan baru pada edisi 2024, tim voli putra Amerika Serikat untuk kali pertama tidak bisa melangkah ke 8 besar VNL.

Padahal jika melihat performa musim lalu, Muagututia dkk begitu tampil impresif. Mereka melangkah sampai ke partai final, sebelum akhirnya digulung Polandia dengan skor 3-1.

Hasil VNL 2024 Hari Ini

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas