Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Klasemen MotoGP 2024 Memanas, Jorge Martin Doakan Pecco Bagnaia Blunder di Sachsenring

Posisi Jorge Martin sebagai pemuncak klasemen MotoGP 2024 semakin terancam, membuatnya doakan Pecco Bagnaia blunder pada balapan MotoGP Jerman 2024.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Suci BangunDS
zoom-in Klasemen MotoGP 2024 Memanas, Jorge Martin Doakan Pecco Bagnaia Blunder di Sachsenring
Twitter @MotorSport Spanyol
Momen Marc Marquez (kiri bawah) dan Francesco 'Pecco' Bagnaia terjatuh saat balapan MotoGP Portugal 2024 di Sirkuit Portimao, Minggu (24/3/2024) malam WIB. Marc Marquez salahkan Pecco Bagnaia. 

TRIBUNNEWS.COM - Pembalap Pramac Ducati, Jorge Martin berada dalam tekanan sebagai pemuncak Klasemen MotoGP 2024, di mana hanya unggul 10 poin dari pesaing terdekat, Francesco 'Pecco' Bagnaia (Ducati Lenovo Team).

Hal ini membuat Jorge Martin harap-harap cemas menyongsong balapan MotoGP Jerman 2024 di Sirkuit Sachsenring, Jumat (5/7) hingga Minggu (7/7).

Secara terang-terangan, Jorge Martin yang pada MotoGP 2025 membalap bagi Aprilia Racing, berharap Pecco Bagnaia, melakukan blunder saat balapan MotoGP Jerman 2024.

Martinator, julukan Jorge Martin, saat ini menduduki peringakt pertama Klasemen MotoGP 2024. Pria kelahiran Madrid, Spanyol tersebut mengemas 200 poin.

Pembalap Ducati Spanyol Jorge Martin (Kiri) dan pebalap Ducati Italia Francesco Bagnaia mengikuti sesi latihan Grand Prix MotoGP Valencia di arena pacuan kuda Ricardo Tormo di Cheste, pada 24 November 2023.
Pembalap Ducati Spanyol Jorge Martin (Kiri) dan pebalap Ducati Italia Francesco Bagnaia mengikuti sesi latihan Grand Prix MotoGP Valencia di arena pacuan kuda Ricardo Tormo di Cheste, pada 24 November 2023. (JAVIER SORIANO/AFP)

Dalam tiga balapan terakhir keunggulan Martinator terus dipangkas oleh Bagnaia, yang kini hanya berselisih 10 poin saja.

Jadi murid Valentino Rossi itu, bisa merebut pimpinan klasemen kapan saja, termasuk dalam balapan di Sachsenring akhir pekan ini.

Namun di Sachsenring, Martin memiliki sesuatu yang lebih dan bisa saja meraih hasil lebih baik dari sang juara bertahan. Apalagi mengingat musim lalu Martin lah yang berhasil mendominasi MotoGP Jerman dan Bagnaia harus puas di posisi kedua.

BERITA TERKAIT

Di sisi lain, Pecco Bagnaia juga tak mempunyai kenangan manis ketika mengaspal di sirkuit yang memiliki panjang lintasan 3,7 kilometer ini.

Tercatat sejak debut di kelas premier musim 2019, Pecco sekalipun belum pernah memenangi race MotoGP Jerman.

Dan faktanya, lintasan yang mempunyai 13 tikungan ini adalah wilayah kekuasaan Marc Marquez. Dia menjadi pembalap dengan jumlah kemenangan terbanyak di Sachsenring, yakni 8 kali.

Kendati demikian, Jorge Martin tetap tidak bisa nyaman menatap balapan akhir pekan ini. Martin berharap Bagnaia blunder dan tren positifnya terhenti di MotoGP Jerman 2024.

Baca juga: MotoGP Jerman 2024: Serupa tapi Tak Sama, Marc Marquez & Pecco Bagnaia Mengemban Misi Hapus Kutukan

“Mari berharap ada sesuatu yang istimewa di treknya, semacam lubang yang tidak dapat ditemukan Pecco dan berpindah ke tempat lain. Karena jika demikian, akan sulit untuk menghentikannya,” kata Martin dikutip dari laman Motosan.

Walau demikian, Martinator -julukan Jorge Martin- optimistis menjelang MotoGP Jerman 2024. Pembalap asal Spanyol itu akan memanfaatkan keunggulannya di Sirkuit Sachsenring seperti yang dilakukannya musim lalu.

“Tapi menurut saya Sachsenring beradaptasi lebih baik dengan gaya lintasan saya, saya sangat menyukainya, tahun lalu saya mampu memenangkan kedua balapan."

"Itu tidak ada hubungannya dengan itu, tapi yang jelas saya datang dengan semangat dan saya merasa kuat, saya merasa baik,” ujar pembalap bernomor 89.

“Saya pikir kami berada dalam momen yang bagus, bukan momen terbaik saya, mungkin dalam tiga balapan terakhir saya mencatat waktu tiga detik berturut-turut di hari Minggu, tetapi ada banyak naik turun selama latihan. Kami memerlukan akhir pekan yang solid sejak awal dan saya berharap di Jerman kami bisa menemukannya,” tandasnya.

Klasemen Terbaru MotoGP 2024

1. Jorge Martin - Prima Pramac Racing - Ducati: 200
2. Pecco Bagnaia - Ducati Lenovo Team - Ducati: 190
3. Marc Marquez - Gresini Racing - Ducati: 142
4. Enea Bastianini - Ducati Lenovo Team - Ducati: 136
5. Maverick Vinales - Aprilia Racing - Aprilia: 118
6. Pedro Acosta - Red Bull GASGAS Tech 3 - KTM: 101
7. Brad Binder - Red Bull KTM Factory Racing - KTM: 99
8. Fabio di Giannantonio - Pertamina Enduro VR46 Racing Team - Ducati: 92
9. Aleix Espargaro - Aprilia Racing - Aprilia: 82
10. Alex Marquez - Gresini Racing - Ducati: 62
11. Marco Bezzecchi - Pertamina Enduro VR46 Racing Team - Ducati: 45
12. Raul Fernandez - Trackhouse Racing - Aprilia: 40
13. Fabio Quartararo - Monster Energy Yamaha - Yamaha: 39
14. Franco Morbidelli - Prima Pramac Racing - Ducati: 39
15. Jack Miller - Red Bull KTM Factory Racing - KTM: 32
16. Miguel Oliveira - Trackhouse Racing - Aprilia: 32
17. Augusto Fernandez - Red Bull GASGAS Tech 3 - KTM: 15
18. Joan Mir - Repsol Honda - Honda: 13
19. Johann Zarco - LCR Honda Castrol - Honda: 12
20. Alex Rins - Monster Energy Yamaha - Yamaha: 8
21. Takaaki Nakagami - LCR Honda Idemitsu - Honda: 8
22. Dani Pedrosa - Red Bull KTM Factory Racing - KTM: 7
23. Luca Marini - Repsol Honda - Honda: 0
24. Stefan Bradl - Honda Racing Corporation - Honda: 0
25. Lorenzo Savadori - Aprilia Racing - Aprilia: 0
26. Pol Espargaro - KTM Factory Racing - KTM: 0

(Tribunnews.com/Giri)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas