Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

MUI Serukan Boikot Israel Ikut Olimpiade Paris 2024

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengajak masyarakat memboikot keikutsertaan Israel dari Olimpiade Paris 2024.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in MUI Serukan Boikot Israel Ikut Olimpiade Paris 2024
FRONT PAGE MAG
Bendera Israel 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengajak masyarakat memboikot keikutsertaan Israel dari Olimpiade Paris 2024.

Boikot ini dilakukan sebagai bentuk protes genosida yang dilakukan Israel terhadap warga Gaza, Palestina.

Hal tersebut diungkapkan oleh pengurus MUI dan ormas Islam dalam pernyataan sikap yang dibacakan di Kantor MUI, Jakarta, Kamis (18/7/2024).

"Sebagai bentuk empati atas nilai-nilai kemanusiaan, kami mengajak semua masyarakat untuk memboikot Israel agar tidak ikut serta dalam Olimpiade ke-33 Paris tahun 2024," ujar Sekjen Amirsyah Tambunan membacakan pernyataan sikap.

Baca juga: Prancis Larang Atletnya Kenakan Hijab di Pertandingan Olimpiade Paris 2024

Dalam pernyataan sikapnya, MUI juga meminta Pemerintah Republik Indonesia mengirimkan tentara untuk membantu kemerdekaaan Palestina.

Pengiriman tentara ini dimaksudkan untuk memberikan perlindungan terhadap seluruh masyarakat sipil di Palestina dari genosida Israel.

BERITA TERKAIT

Serta mendorong Israel untuk menghentikan sepenuhnya serangan dan genosida, da melancarkan bantuan kemanusiaan.

"Kami mendukung komitmen Menhan RI untuk mengirimkan pasukan guna melakukan operasi kemanusiaan di Gaza, meskipun diakui bahwa operasi kemanusiaan saja masih belum cukup untuk mewujudkan penyelesaian damai yang komprehensif," kata Amirsyah.  

Selain itu, MUI meminta Pemerintah bersungguh-sungguh berkomitmen untuk tidak memberikan celah dalam membuka hubungan diplomatik dengan Israel.

"Hingga kemerdekaan Palestina terwujud dan Israel menghargai kedaulatan rakyat dan bangsa
Palestina, dan terus melakukan langkah-langkah yang lebih strategis, serta berkonsolidasi dan beraliansi dengan negara dan bangsa lain demi kemerdekaan Palestina," tutur Amirsyah.

MUI juga meminta Pemerintah untuk melindungi bangsa Indonesia dari semua produk Israel dan produk lain yang berafiliasi dengan Israel.

"Untuk itu, kami menyerukan kepada Pemerintah RI dan seluruh rakyat Indonesia agar melakukan boikot kepada Israel di segala bidang, termasuk produk Israel dan perusahaan yang terafiliasi mendukung agresi Israel dan genosida kepada rakyat Palestina," pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, MUI menyerukan agar Menlu RI dan Menhan RI meningkatkan sinergi dengan MUI dan Ormas Islam untuk melakukan diplomasi total guna membantu Palestina mencapai kemerdekaannya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas