Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Fakta Pole Position MotoGP Inggris 2024 Senyum ke Marc Marquez, MM93 Menuju Riil Raja Silverstone

Fakta pole position MotoGP Inggris 2024 di Sirkuit Silverstone menempatkan Marc Marquez sebagai pembalap paling sering start dari P1.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Muhammad Nursina Rasyidin
zoom-in Fakta Pole Position MotoGP Inggris 2024 Senyum ke Marc Marquez, MM93 Menuju Riil Raja Silverstone
Twitter @MotorbikeMag
Pembalap Gresini Ducati, Marc Marquez persiapan sebelum balapan MotoGP Qatar 2024 di Sirkuit Lusail, Senin (11/3/2024) dini hari WIB. Marc Marquez finish di posisi keempat. 

Update hasil kualifikasi MotoGP Inggris 2024 di akhir artikel

TRIBUNNEWS.COM - Perebutan Pole Position MotoGP Inggris 2024 menghadirkan fakta menarik libatkan pembalap Gresini Racing, Marc Marquez. Marc Marquez menuju sejarah jadi pembalap pertama dengan jumlah pole position + kemenangan terbanyak di Silverstone menyalip Jorge Lorenzo.

Pole Position MotoGP Inggris 2024 di Sirkuit Silverstone baru diketahui setelah sesi Kualifikasi yang dimulai jam 16.50 WIB, Sabtu (2/8/2024) rampung berlangsung.

Francesco Bagnaia, Jorge Martin dan Marc Marquez menjadi kandidat kuat menyegel Pole Position MotoGP Inggris 2024. Sekaligus mengisi starting grid di posisi terdepan.

Hanya saja ada fakta menarik seputar Polesitter MotoGP Inggris di Sirkuit Silvestone. Dapat diibaratkan Pole Position MotoGP Inggris bak tersenyum kepada Marquez.

Pembalap Gresini Ducati, Marc Marquez (kiri-depan) saat latihan start untuk balapan MotoGP Catalunya 2024 di Circuit de Barcelona Catalunya, Minggu (26/5/2024).
Pembalap Gresini Ducati, Marc Marquez (kiri-depan) saat latihan start untuk balapan MotoGP Catalunya 2024 di Circuit de Barcelona Catalunya, Minggu (26/5/2024). (Instagram @simonpattersonphoto)

Lintasan yang mempunyai panjang 5,9 km ini menjadi saksi bisu bagaimana dominasi MM93 di sesi kualifikasi.

Tercatat era 4-tak, Sirkuit Silverstone mulai rutin menggelar ajang balap MotoGP sejak tahun 2010 hingga kini.

BERITA TERKAIT

Marc Marquez merupakan pembalap dengan jumlah Pole Position di Sirkuit Silverstone paling banyak. The Baby Alien, julukan Marquez, start dari P1 sebanyak 5 kali.

Tentu manis bukan? Tapi berbicara soal kemenangan di kelas premier saat mengaspa di Silverstone, tidak selalu berbanding lurus bagi MM93.

Lazimnya, start dari posisi terdepan memperbesar peluang kemenangan. Namun faktanya dari lima kali Pole Position di sirkuit yang mempunyai 18 tikungan itu, MM93 baru mengemas satu kemenangan.

Tepatnya di MotoGP Inggris 2014, Marquez yang juga menyabet Polesitter, berhasil mengkonversikan menjadi podium utama di akhir balapan.

Faktanya di MotoGP 4-tak, tidak banyak pembalap yang mampu start dari P1 dan menjadikannya sebagai kemenangan. Tercatat sejak 2010, hanya ada dua rider yang bisa melakukannya.

Baca juga: Klasemen MotoGP 2024 - Setelah Menikah, Pecco Bagnaia Makin Bernafsu Sabet Titel Juara Dunia

Kedua pembalap itu adalah Marc Marquez (2014), dan Jorge Lorenzo (2010).

Lantas bagaimana dengan Valentino Rossi? The Doctor mempunyai catatan 3 kali pole position + kemenangan pada grand prix Inggris di edisi 2002, 2004, dan 2005. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas