Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Pembalap Pole Position MotoGP Inggris 2024 Menantang Mitos, Silverstone Angker selama 1 Dekade

Sejak 2014, tidak pernah Pole Position MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone, mampu menang di balapan utama. Mitos itu rawan terjaga di musim 2024.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Dwi Setiawan
zoom-in Pembalap Pole Position MotoGP Inggris 2024 Menantang Mitos, Silverstone Angker selama 1 Dekade
JAVIER SORIANO / AFP
Pembalap memulai balapan MotoGP Spanyol Grand Prix di arena pacuan kuda Jerez di Jerez de la Frontera pada 1 Mei 2022. 

TRIBUNNEWS.COM - Sebuah mitos membayangi siapapun pembalap peraih Pole Position MotoGP Inggris 2024 hari ini, Sabtu (3/8/2024). Genap satu dekade, pola Pole Position MotoGP Inggris tidak pernah menang di balapan utama terus berlangsung.

Perburuan Pole Position MotoGP Inggris 2024 di Sirkuit Silverstone dimulai jam 16.50 WIB.

Penentuan starting grid MotoGP Inggris 2024 kali ini diprediksi berlangsung sengit, sebab balapan di Sirkuit Silverstone menjadi penanda dimulainya paru kedua kejuaraan dunia.

Sayangnya, Pole Position MotoGP Inggris 2024 di Sirkuit Silverstone akan dibayangi sebuah mitos yang bertahan 10 tahun terakhir. 

Pembalap Movistar Yamaha MotoGP Spanyol Jorge Lorenzo mengendarai motornya saat sesi latihan kedua balapan Grand Prix Moto GP San Marino di Misano pada 9 September 2016.
Pembalap Movistar Yamaha MotoGP Spanyol Jorge Lorenzo mengendarai motornya saat sesi latihan kedua balapan Grand Prix Moto GP San Marino di Misano pada 9 September 2016. (GABRIEL BOUYS / AFP)

Lazimnya Polesitter atau pembalap yang memulai balapan dari P1, setidaknya mempunyai keuntungan dapat menjaga momentum pimpin jalannya balapan. 

Di kalangan para pembalap, pole position dan awalan start balapan menjadi kunci untuk memenangkan race. Akan tetapi di beberapa sirkuit, hal tersebut tidak berlaku.

Pun sama halnya ketika balapan MotoGP Inggris berlangsung di Sirkuit Silverstone.

BERITA TERKAIT

Dalam satu dekade terakhir, pembalap peraih Pole Position MotoGP Inggris tidak pernah mengakhiri balapan sebagai pemenang. 

Merujuk kepada data yang dirangkum dari laman resmi MotoGP, hanya tiga pembalap MotoGP era 4-tak yang mampu mengukir kemenangan MotoGP Inggris di Silverstone saat memulai race sebagai polesitter.

Ketiga pembalap itu adalah Jorge Lorenzo (GP Inggris 2010), Casey Stoner (GP Inggris 2011), Marc Marquez (GP Inggris 2014).

Pasca periode itu, tidak ada lagi pembalap yang mampu mengkombinasikan pole position + kemenangan di akhir balapan.

Baca juga: Fakta Pole Position MotoGP Inggris 2024 Senyum ke Marc Marquez, MM93 Menuju Riil Raja Silverstone

Ini menjadi tantangan, khususnya untuk Francesco Bagnaia dan Jorge Martin yang notabene-nya kandidat kuat juara dunia MotoGP 2024. Terlebih lagi, keduanya mempunyai kuda besi Desmosedici spek terbaru, yang diklaim motor terbaik di grid MotoGP saat ini.

Sebagai informasi, MotoGP Inggris pada era 4-Tak menggelar balapan tak hanya di Silverstone. Tepatnya sejak MotoGP 4-Tak dimulai tahun 2002, GP Inggris menggelar race di Donington Circuit hingga musim 2009.

Setelah medio tersebut, Grad Prix Inggris kembali berlangsung di Sirkuit Silvestone, dengan panjang 5,9 km dan mempunyai 18 tikungan.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas