Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

3 Rider Ducati Saling Sikut demi Juara Dunia MotoGP 2024, Team Order Tidak Dilakukan

Ducati tegaskan tidak ada tim order walaupun ada tiga pembalap, Jorge Martin, Pecco Bagnaia, dan Enea Bastianini saling sikut untuk juara dunia.

Penulis: Niken Thalia
Editor: Drajat Sugiri
zoom-in 3 Rider Ducati Saling Sikut demi Juara Dunia MotoGP 2024, Team Order Tidak Dilakukan
Kolase Tribunnews
3 Rider Ducati Saling Sikut demi Juara Dunia MotoGP 2024, Team Order Tetap Tidak Dilakukan - (dari kiri) Enea Bastianini (Ducati) asal Italia, Pecco Bagnaia (Ducati) dari Italia, dan Jorge Martin (Ducati) dari Spanyol kandidat juara dunia MotoGP 2024. 

TRIBUNNEWS.COM - Persaingan dalam kejuaraan dunia MotoGP 2024 kian sengit setelah balapan seri Inggris pekan lalu rampung digelar.

Jorge Martin akhirnya kembali merebut puncak klasemen MotoGP 2024 dari Pecco Bagnaia lewat raihan podium ketiga di main race.

Di posisi kedua tetap ada Pecco Bagnaia yang memiliki gap poin tipis dari pesaing kuatnya, Jorge Martin.

Sementara itu Enea Bastianini yang tampil sempurna di MotoGP Inggris 2024 mulai ikut dalam persaingan perebutan gelar juara dunia.

Situasi saat ini jelas tidak menguntungkan bagi Ducati. Sebab sebanyak tiga rider Ducati dengan motor spek pabrikan yang berada di top 3 klasemen.

(kiri) Enea Bastianini rider Ducati Lenovo, dan (kanan) Jorge Martin besutan Pramac Ducati. 2 calon pembalap pabrikan Ducati.
(kiri) Enea Bastianini rider Ducati Lenovo, dan (kanan) Jorge Martin besutan Pramac Ducati. 2 calon pembalap pabrikan Ducati. (Kolase Tribunnews)

Namun dikutip laporan Motorsport, pihak Ducati menegaskan bahwa tim asal Italia itu tak akan menggunakan teknik tim order.

Hal ini bak mengulang musim 2023 lalu di mana Bagnaia dan Martin lah yang bertarung dalam perebutan gelar juara dunia.

BERITA TERKAIT

"Ducati berharap tidak ada pihak ketiga yang terlibat dalam perebutan gelar juara, tetapi apa yang akan terjadi jika (Enea) Bastianini menghalangi (Pecco) Bagnaia memenangkan gelar juara ketiga berturut-turut di Valencia?" tulis laporan Motorsport.

"Hingga saat ini, Ducati menegaskan bahwa mereka tidak akan memberlakukan perintah tim atau pabrikan apa pun di MotoGP. Sebaliknya, mereka memilih cara yang lebih lunak dengan hanya meminta para pembalapnya untuk berperilaku wajar di lintasan."

Dengan keputusan tidak ada tim order jelas satu langkah yang adil bagi Ducati kepada tiga pembalapnya.

Terlebih menariknya Martin dan Bastianini musim depan tak lagi bersama Ducati lantaran kalah saing dengan Marc Marquez.

Di sisi lain ini sebagai pembuktian bagi Martin dan Bastianini yang justru didepak oleh Ducati dari jajaran line-upnya untuk musim depan.

Baca juga: MotoGP 2025 - Rekan Setim Mario Aji Ditaksir LCR Honda untuk Gantikan Takaaki Nakagami

Persaingan ketiganya masih akan berlanjut pekan depan setelah merampungkan seri Inggris minggu lalu.

Dalam waktu dekat dijadwalkan MotoGP Austria 2024 akan berlangsung pada 16-18 Agustus mendatang di Sirkuit Red Bull Ring Spielberg.

Jadwal MotoGP 2024

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas