Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Bermodal Tradisi Medali, Eko Yuli Bawa Pulang Emas dari Olimpiade 2024 Bukan Mission Impossible

Sejak 2008 Eko Yuli selalu bawa medali dari Olimpiade. Kini Eko Yuli bisa melengkapinya dengan medali emas di Olimpiade Paris 2024.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Dwi Setiawan
zoom-in Bermodal Tradisi Medali, Eko Yuli Bawa Pulang Emas dari Olimpiade 2024 Bukan Mission Impossible
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Eko Yuli Irawan sedang berusaha mengangkat besi di kejuaraan angkat besi Olimpiade Tokyo, Minggu (25/7/2021). 

TRIBUNNEWS.COM - Eko Yuli Irawan, atlet angkat besi Indonesia di Olimpiade Paris 2024 bisa menajamkan rekor individunya. Keping medali emas bisa mengobati rasa penasaran Eko Yuli Irawan.

Eko Yuli Irawan berpotensi mempertajam rekor fantastis di Olimpiade seandainya bisa kembali membawa pulang medali dari Paris 2024.

Lifter senior Indonesia tersebut sudah sangat akrab dengan podium Olimpiade.

Sejak kali pertama ikut pesta olahraga dunia, Eko tak pernah absen mengibarkan bendera merah putih di podium.

Peraih medali perak Indonesia Eko Yuli Irawan berdiri di podium untuk upacara kemenangan kompetisi angkat besi 61kg putra selama Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo International Forum di Tokyo pada 25 Juli 2021.
Peraih medali perak Indonesia Eko Yuli Irawan berdiri di podium untuk upacara kemenangan kompetisi angkat besi 61kg putra selama Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo International Forum di Tokyo pada 25 Juli 2021. (Vincenzo PINTO / AFP)

Sudah ada empat medali Olimpiade di lemari penghargaan Eko. Pria 35 tahun kelahiran Lampung itu pun menjadi atlet Indonesia dengan medali Olimpiade terbanyak.

Perunggu kelas 56 kilogram jadi perkenalannya dengan medali Olimpiade pada 2008. Empat tahun berselang Eko kembali meraih perunggu di kelas 62 kilogram.

Sedangkan perak pertama diraih pada Olimpiade 2016 ketika kembali berlaga di kelas 62 kilogram. Tiga tahun lalu, catatan perak kembali terulang di kelas 61 kilogram.

BERITA TERKAIT

Kini Eko punya peluang mempertajam rekor tersebut di Paris. Orang Indonesia pertama yang tampil lima kali beruntun dalam Olimpiade itu kembali berlaga di kelas 61 kilogram putra.

Eko akan bersaing dengan rival lama Li Fabin yang memegang rekor angkatan clean & jerk dan angkatan total di kelas 61 kilogram.

Selain itu Eko bakal bersaing dengan debutan-debutan di Olimpiade yang berambisi meraih medali dalam keikutsertaaan.

Melihat data angkatan yang diajukan sebelum pertandingan, Li Fabin menjadi lawan terberat Eko. Selain itu ada Sergio Massida dari Italia. Sama seperti Eko, kedua lifter tersebut memasukkan target angkatan total sebanyak 310 kilogram.

Baca juga: Jadwal Angkat Besi Olimpiade Paris 2024: Menanti Kado HUT ke-79 RI dari Eko Yuli Irawan Cs

Pada Olimpiade 2020, Eko meraih perak dengan total angkatan 302 kilogram yang terdiri dari 137 kilogram pada saat snatch dan 165 kilogram dalam angkatan clean & jerk.

Sementara Li Fabin membawa pulang emas setelah mencatatkan angkatan seberat 312 kilogram.

Meski sudah menyandang status sebagai atlet Indonesia yang meraih medali terbanyak di Olimpiade, Eko masih belum puas.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas