Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Sosok Veddriq Leonardo: Kecil Suka Manjat Pohon, Semoga Raih Medali Emas di Olimpiade Paris 2024

Sosok Veddriq Leonardo di mata sang ibu, sejak kecil hobi kegiatan ekstrem memanjat pohon, harapannya raih medali emas di Olimpiade Paris 2024.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Muhammad Nursina Rasyidin
zoom-in Sosok Veddriq Leonardo: Kecil Suka Manjat Pohon, Semoga Raih Medali Emas di Olimpiade Paris 2024
AFP/JONATHAN NACKSTRAND
Veddriq Leonardo asal Indonesia bertanding dalam babak eliminasi putaran awal kecepatan panjat tebing putra selama Olimpiade Paris 2024 di Venue Panjat Tebing Le Bourget di Le Bourget pada 6 Agustus 2024. (Photo by Jonathan NACKSTRAND / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Sosok Veddriq Leonardo, atlet panjang tebing asal Pontianak yang menjadi tumpuan Indonesia untuk pecah telur meraih medali emas di Olimpiade Paris 2024. Disampaikan sang ibu, Veddriq Leonardo kecil hobi memanjat pohon.

Atlet panjat tebing putra Indonesia, Veddriq Leonardo, sedang diperbincangkan di seluruh dunia berkat aksinya dalam pertandingan babak kualifikasi nomor kecepatan Olimpiade Paris 2024 di Le Bourget Climbing Venue, Paris, Prancis, Selasa (6/8/2024).

Veddriq lolos ke perempat final usai menjadi atlet panjat tebing terbaik kedua dalam nomor kecepatan.




Ia mencatat 4,79 detik di jalur A pada tahap penyisihan unggulan, yang yang menyamai rekor dunia milik wakil Amerika Serikat, Sam Watson, pada April lalu.

Bassa Mawem (kiri) dari Prancis bertanding melawan Veddriq Leonardo dari Indonesia dalam babak penyisihan kecepatan panjat tebing putra selama Olimpiade Paris 2024 di Venue Panjat Tebing Le Bourget di Le Bourget pada 6 Agustus 2024. (Photo by Jonathan NACKSTRAND / AFP)
Bassa Mawem (kiri) dari Prancis bertanding melawan Veddriq Leonardo dari Indonesia dalam babak penyisihan kecepatan panjat tebing putra selama Olimpiade Paris 2024 di Venue Panjat Tebing Le Bourget di Le Bourget pada 6 Agustus 2024. (Photo by Jonathan NACKSTRAND / AFP) (AFP/JONATHAN NACKSTRAND)

Namun, dalam tahap penyisihan eliminasi, Watson memecahkan rekor ini dengan catatan 4,75 detik.

Meski begitu, Veddriq menduduki peringkat kedua terbaik, sehingga lolos ke babak perempat final. Aksi Veddriq yang cekatan dan cepat pun menjadi perbincangan di berbagai belahan bumi.

Lomba speed putra di panjat tebing Olimpiade Paris 2024 akan dilanjutkan, Kamis (8/8/2024), dengan laga perebutan medali menjadi puncak acara.

BERITA TERKAIT

Di perempat final, Veddriq akan menghadapi Bassa Wassem (Prancis) yang pernah menguasai gelaran Piala Dunia sebelum dirinya.

Kini yang menarik untuk diulas, seperti apa sosok dan profil seorang Veddriq Leonardo?.

Veddriq Leonardo merupakan atlet panjat tebing kelahiran Pontianak, Kalimantan Barat, 11 Maret 1997. Saat ini dia berusia 27 tahun.

Diceritakan sang ibunda, Rosita Bin Hamzah, Veddriq adalah anak yang rajin dan patuh akan nasehat orang tua. 

Baca juga: Hasil Panjat Tebing Olimpiade Paris 2024: Drama Libatkan Dua Wakil Indonesia, Veddriq Lolos 8 Besar

"Anaknya penurut, kalau kita larang itu dia ikut aja. Rajin juga sholatnya," katanya, dikutip dari TribunPontianak.

Veddriq kecil, dalam pandangan sang ibu, hobi dengan kegiatan ekstrem, seperti memanjat phon yang tinggi.

"Waktu kecil dia itu sudah suka manjat-manjat pohon, kadang juga naik tambat kapal di tepi sungai," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas