Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Daftar Prestasi Veddriq Leonardo usai Sumbang Medali Emas Pertama Indonesia di Olimpiade Paris 2024

Veddriq Leonardo memperbarui daftar prestasinya setelah meraih medali emas di cabor panjat tebing Olimpiade Paris 2024, nyaris pecahkan rekor.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Muhammad Nursina Rasyidin
zoom-in Daftar Prestasi Veddriq Leonardo usai Sumbang Medali Emas Pertama Indonesia di Olimpiade Paris 2024
AFP/JONATHAN NACKSTRAND
Bassa Mawem (kiri) dari Prancis bertanding melawan Veddriq Leonardo dari Indonesia dalam babak penyisihan kecepatan panjat tebing putra selama Olimpiade Paris 2024 di Venue Panjat Tebing Le Bourget di Le Bourget pada 6 Agustus 2024. (Photo by Jonathan NACKSTRAND / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Daftar prestasi Veddriq Leonardo, atlet asal Kalimantan Barat menyumbangkan medali emas pertama bagi Indonesia di Olimpiade Paris 2024 nomor kecepatan putra.

Sukses Veddriq Leonardo meraih keping medali emas cabang olahraga panjat tebing di Olimpiade Paris 2024 setelah mengalahkan utusan China, Wu Peng di laga final, Kamis (8/8/2024) sore WIB.

Veddriq Leonardo membukukan catatan waktu terbaik, 4,75 detik, unggul 0.02 detik dari Wu Peng yang finis kedua dan berhak membawa pulang medali perunggu.

Sebelum mengkonversikan laga final menjadi keping medali emas, atlet asal Pontianak tersebut menyingkirkan wakil tuan rumah, Mawem Bassa, di babak perempat final.

Bassa Mawem (kiri) dari Prancis bertanding melawan Veddriq Leonardo dari Indonesia dalam babak penyisihan kecepatan panjat tebing putra selama Olimpiade Paris 2024 di Venue Panjat Tebing Le Bourget di Le Bourget pada 6 Agustus 2024. (Photo by Jonathan NACKSTRAND / AFP)
Bassa Mawem (kiri) dari Prancis bertanding melawan Veddriq Leonardo dari Indonesia dalam babak penyisihan kecepatan panjat tebing putra selama Olimpiade Paris 2024 di Venue Panjat Tebing Le Bourget di Le Bourget pada 6 Agustus 2024. (Photo by Jonathan NACKSTRAND / AFP) (AFP/JONATHAN NACKSTRAND)

Veddriq membukukan catatan waktu 4,88 detik, berbanding 5,23 detik milik Mawem Bassa.

Medali emas pertama yang diraih Veddriq Leonardo, semakin manis karena dia menggabungkannya dengan sebuah sejarah.

Dia menjadi atlet panjat tebing Indonesia pertama yang meraih keping medali tertinggi di Olimpiade.

BERITA TERKAIT

Veddriq nyaris membukukan rekor dunia panjat tebing di nomor kecepatan putra dengan catatan waktu terbaik (4,75 detik). Saat ini rekor panjat tebing nomor kecepatan putra dipegang oleh Sam Watson (Amerika) dengan torehan waktu 4,74 detik.

Sebelumnya, Veddriq memecahkan rekor panjat tebing di Kejuaraan Dunia IFSC 2023 di Seoul, Korea Selatan tahun 2023.

Veddriq mengukir sejarah sebagai manusia pertama yang mampu menaklukkan dinding panjat tebing setinggi 15 meter dengan waktu kurang dari 5 detik.

Sementara di babak final Veddriq berhasil meraih medali emas dengan catatan waktu 5,01 detik. Veddriq mengalahkan dua atlet dari China yang berada di urutan kedua dan ketiga.

Baca juga: Profil Veddriq Leonardo: Atlet Panjat Tebing Indonesia, Peraih Medali Emas di Olimpiade Paris 2024

Apresiasi setinggi-tingginya disematkan kepada Veddriq yang akhirnya membayar lunas rasa penasaran Indonesia akan keping medali emas di Olimpiade Paris 2024.

Medali emas Olimpiade kali ini merupakan upgrade terbaru dari daftar prestasi yang dimiliki atlet berusia 27 tahun ini.

Daftar Prestasi Vreddriq Leonardo

2024: Medali emas di Olimpiade 2024 di Paris Prancis

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas