Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Kata-kata Rizki Juniansyah setelah Raih Medali Emas dan Cetak Rekor dalam Debut Olimpiade Paris 2024

Lifter Indonesia Rizki Juniansyah buka suara setelah keberhasilan meraih medali emas di Olimpiade Paris 2024, Jumat (9/8/2024).

Penulis: Arif Tio Buqi Abdulah
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Kata-kata Rizki Juniansyah setelah Raih Medali Emas dan Cetak Rekor dalam Debut Olimpiade Paris 2024
Miguel MEDINA/AFP
Atlet angkat besi Indonesia Rizki Juniansyah merayakan kemenangannya setelah memecahkan rekor pada cabang angkat besi putra kelas -73 kg di Olimpiade Paris 2024 di South Paris Arena, Paris, pada 8 Agustus 2024. (Foto: Miguel MEDINA/AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Lifter Indonesia Rizki Juniansyah buka suara setelah keberhasilan meraih medali emas di Olimpiade Paris 2024, Jumat (9/8/2024).

Rizki Juniansyah berhasil menyelesaikan total angkatan 354 kg (snatch 155kg dan clean and jerk 199kg) untuk merebut medali emas dalam debutnya di Olimpiade.

Beragam rekor sejarah tercipta setelah keberhasilan atlet 21 tahun asal Banten ini meraih medali emas.

Capaian Rizki membuat Indonesia untuk pertama kali sejak Olimpiade Barcelona 1992, mampu meraih dua medali emas dalam satu gelaran Olimpiade.

Kali terakhir kontingen Merah Putih meraih dua emas adalah 32 tahun yang lalu, disumbangkan melalui badminton nomor tunggal putra dan putri, lewat Susi Susanti dan Alan Budikusuma.

Sejak saat itu, Indonesia biasanya hanya mendapatkan satu medali emas (kecuali 2012 tanpa emas), dan itupun selalu datang dari Badminton.

Khususnya bagi Rizki, dengan usianya yang kini 21 tahun dua bulan, atlet kelahiran 17 Juni 2003 ini juga menjadi peraih medali emas termuda Indonesia di Olimpiade.

Rizki Juniansyah medali emas Olimpiade Paris 2024
Peraih medali emas angkat besi asal Indonesia Rizki Juniansyah berpose di podium setelah pertandingan angkat besi putra kelas -73kg di Olimpiade Paris 2024 di South Paris Arena, Paris, pada 8 Agustus 2024. (Foto oleh Miguel MEDINA / AFP)

Baca juga: Profil Rizki Juniansyah: Atlet Angkat Besi Indonesia di Olimpiade Paris 2024

BERITA TERKAIT

Rizki menulis ulang sejarah yang dibuat Susi Susanti yang meraih medali emas di usia 21 tahun enam bulan, yang membuat dirinya menjadi atlet termuda Indonesia yang meraih medali emas Olimpiade.

Olimpiade Paris 2024 ini adalah keikutsertaan pertam Rizki di Olimpiade. Alias, ia merupakan debutan Olimpiade, namun ia langsung bisa menggondol medali emas.

Setelah memenangi medali emas, Rizki terlihat sangat emosional. Bahkan ia menangis setelah prestasi yang ia catatkan itu.

"Saya senang, bangga dan sangat emosional memenangkan ini, medali emas pertama saya dan menciptakan sejarah," kata Juniansyah, dikutip dari laman Olympics.

Lifter yang berlatar belakang keluarga atlet ini pun menyampaikan terimakasihnya atas dukungan yang diberikan kepadanya.

Saat ditanya alasan menangis, Rizki mengaku tidak bisa menggambarkan dengan kata-kata tentang perasaanya. Ia mengaku cukup emosinal dengan pencapaiannya itu.

"Terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia atas dukungannya, kepada yang menonton di rumah."

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas