Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Sebanyak 18 Venue Olah Raga di Aceh Direnovasi Jelang PON 2024, Berikut Daftar Lokasi Pertandingan

ada sepuluh Kabupaten/Kota yang menjadi lokasi venue pertandingan PON 2024 di Aceh. Jelang pelaksanaan, sebanyak 18 venue direnovasi.

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Sebanyak 18 Venue Olah Raga di Aceh Direnovasi Jelang PON 2024, Berikut Daftar Lokasi Pertandingan
HandOut/IST
Mayjen TNI Purn Dr Suwarno, Ketua Panitia Pengawas dan Pengarah PON XXI Aceh-Sumut 

Sebanyak 18 Venue Olah Raga di Aceh Direnovasi Jelang PON 2024, Ini Daftar Lokasi Pertandingan

TRIBUNNEWS.COM - Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Surono, menegaskan, baik pemerintah pusat maupun daerah telah berkomitmen dengan anggaran yang signifikan untuk membangun dan merenovasi berbagai venue serta fasilitas olahraga menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Surno menyatakan, langkah tersebut mencerminkan keseriusan pemerintah dalam menyediakan infrastruktur yang memadai dan berstandar internasional.

“Salah satu bukti nyata komitmen pemerintah adalah renovasi 18 venue di Aceh. Upaya ini tidak hanya bertujuan untuk menyukseskan PON XXI, tetapi juga untuk memastikan bahwa infrastruktur yang dibangun dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan olahraga lainnya di masa depan,” jelas Surono dalam Forum Merdeka 9 (FMB9) dengan tema “PON XXI Aceh-Sumut Dorong Prestasi Atlet di Tengah Syariat Islam”, Rabu (21/8/2024)

Menurut Surono, fasilitas ini diharapkan akan terus digunakan untuk pembinaan atlet jangka panjang dan menjadi tuan rumah berbagai kompetisi, baik di tingkat nasional maupun internasional.

"Setiap sarana dan prasarana yang dibangun harus dimanfaatkan secara berkelanjutan untuk pembinaan dan kompetisi olahraga," ujarnya.

Selain itu, Kemenpora juga memberikan dukungan berupa peralatan olahraga dan teknis. Anggaran yang dialokasikan cukup besar, dengan rincian Rp138 miliar untuk peralatan di Aceh dan Rp 101 miliar di Sumatera Utara.

BERITA TERKAIT

Selain itu, anggaran sebesar Rp74 miliar di Sumut dan Rp 72 miliar di Aceh telah dialokasikan untuk perangkat pertandingan, termasuk wasit dan juri.

Kemudian Kemenpora juga menyiapkan anggaran sebesar Rp 60 miliar untuk upacara pembukaan di Aceh, sementara Rp40 miliar dialokasikan untuk upacara penutupan di Sumut.

Daftar Sepuluh Lokasi Pertandingan PON XXI di Aceh

Dikutip dari data panpel PON Aceh, ada sepuluh Kabupaten/Kota yang menjadi lokasi venue pertandingan di Aceh, yaitu Kabupaten Aceh Besar, Pidie, Aceh Utara, Aceh Timur, Bener Meriah, Aceh Tengah, Aceh Tenggara, Aceh Barat, Kota Banda Aceh, dan Sabang.​

Di Kota Banda Aceh nantinya akan dihelat 20 Cabang Olahraga (Cabor) yang dipusatkan di beberapa titik, sementara di Sabang hanya 3 cabor yang akan dipertandingan di kota titik nol Kilometer itu.

Sementara itu Kabupaten Aceh Besar akan mempertandingkan 5 Cabang olahraga yaitu Dayung, Kurash, Selancar Ombak, Aero Sport dan Menembak yang dipusatkan dibeberapa titik.

Untuk Aceh Utara, Aceh Timur, Bener Meriah dan Aceh Tenggara hanya menyelenggarakan 1 Cabang olahraga di masing-masih titik yang telah ditentukan oleh panpel PON XXI Aceh – Sumut.

Di Aceh Barat dan Aceh Tengah dua Kabupaten ini akan mempertontonkan masing-masing dua Cabang Olahraga yang dipertandingkan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas