Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Fakta Pole Position MotoGP Emilia Romagna 2024: MM93 Raja Misano, tapi Maverick Vinales Istimewa

Pole Position MotoGP Emilia Romagna 2024 sajikan fakta berupa prestasi istimewa Maverick Vinales vs Marc marquez sebagai raja Misano.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Dwi Setiawan
zoom-in Fakta Pole Position MotoGP Emilia Romagna 2024: MM93 Raja Misano, tapi Maverick Vinales Istimewa
Twitter @MotorbikeMag
Pembalap Gresini Ducati, Marc Marquez persiapan sebelum balapan MotoGP Qatar 2024 di Sirkuit Lusail, Senin (11/3/2024) dini hari WIB. Marc Marquez finish di posisi keempat. 

TRIBUNNEWS.COM - Peburuan Pole Position MotoGP Emilia Romagna 2024 hadirkan fakta menarik yang melibatkan dua pembalap Spanyol. Marc Marquez King Misano, tapi Maverick Vinales juga tak kalah istimewa.

Pembalap yang menempati posisi Pole Position MotoGP Emilia Romagna 2024 dapat diketahui setelah sesi Kualifikasi di Sirkuit Misano rampung. Kualifikasi MotoGP Emilia Romagna 2024 dijadwalkan berlangsung mulai jam 15.50 WIB, Sabtu (21/9/2024).

Tentu saja favorit Pole Position MotoGP Emilia Romagna 2024 dihuni pembalap tiga teratas di klasemen. Ketiganya ialah Jorge Martin, Francesco 'Pecco' Bagnaia dan Marc Marquez.

Akan tetapi jangan lupakan Maverick Vinales.

Ada satu fakta membuat pembalap Aprilia berjuluk Top Gun ini, tidak bisa dipandang sebelah mata pada balapan di Misano yang berstatus deputi alias seri pengganti.

Pembalap Aprilia Spanyol Maverick Vinales (kiri) dan pembalap Honda Spanyol Marc Marquez melakukan sesi latihan bebas kedua MotoGP menjelang Moto Grand Prix Aragon di sirkuit Motorland di Alcaniz pada 16 September 2022.
Pembalap Aprilia Spanyol Maverick Vinales (kiri) dan pembalap Honda Spanyol Marc Marquez melakukan sesi latihan bebas kedua MotoGP menjelang Moto Grand Prix Aragon di sirkuit Motorland di Alcaniz pada 16 September 2022. (PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

Sekadar informasi, MotoGP Emilia Romagna dalam sejarahnya sejak era 4-Tak diperkenalkan tahun 2002, baru digelar dua kali. Tepatnya pada tahun 2020 dan 2021.

MotoGP Emilia Romagna 2020 diselenggarakan karena imbas pandemi Covid-19.

BERITA TERKAIT

Sejumlah negara melakukan pembatasan. Sehingga Dorna mengambil jalan tengah dengan menjadikan Sirkuit Misano menggelar dua kali balapan di tahun tersebut.

Selain Emilia Romagna, Misano juga menjadi tuan rumah Grand Prix San Marino.

Pun case yang sama juga terjadi di MotoGP Emilia Romagna tahun berikutnya.

Grand Prix Emilia Romagna 2021 sejatinya merupakan balapan pengganti untuk seri Asia lantaran Malaysia dan Thailand belum bisa menggelar MotoGP akibat pandemi Covid-19.

Berkaca dari dua seri ini, statistik Pole Position MotoGP Emilia Romagna untuk 2024 wajar terbilang minim.

Tetapi ada fakta menarik dari dua edisi penyelenggaraan tersebut.

Baca juga: Hasil Practice MotoGP Emilia Romagna 2024: Pecco Bagnaia Pertama, Marc Marquez Lolos Q2

Dirangkum dari laman resmi MotoGP, Maverick Vinales menjadi pembalap pertama dan satu-satunya yang memenangkan balapan MotoGP Emilia Romagna saat start dari P1 alias Pole Position.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas