Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Kemenpora Gelontor Anggaran Rp 290 Miliar Untuk Gelaran Peparnas XVII 2024 Solo

Prosesi penandatangan kerja sama ini juga turut dihadiri perwakilan dari Kejagung, Bareskrim, BPKP.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Kemenpora Gelontor Anggaran Rp 290 Miliar Untuk Gelaran Peparnas XVII 2024 Solo
Tribunnews/Abdul Majid
Menpora Dito Ariotedjo foto beserta jajarannya foto bersama dengan PB Peparnas usai penandatanganan kerja sama bantuan dana untuk gelaran Peparnas XVII 2024 Solo, Media Center, Senayan, Jakarta, Jumat (27/9/2024). 

Kemenpora Gelontor Anggaran Rp 290 Miliar Untuk Gelara Peparnas XVII 2024 Solo
 
Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pemerintah melalui Kemenpora menggelontorkan anggaran sebesar Rp 290 miliar untuk ajang Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII 2024 yang dihelat di Solo, Jawa Tengah pada 6-13 Oktober 2024.

Kepastian pemberian anggaran tersebut dilakukan dalam proses penandatanganan perjanjian kerja sama atas fasilitas penyelenggaraan Peparnas XVII di Media Center Kemenpora, Senayan, Jakarta, Jumat (27/9/2024).

“Hari ini, kita selaku perwakilan pemerintah pusat, Kemenpora, menyerahkan angka nominal Rp 290 miliar yang akan dikelola di kepanitian, kepada PB Peparnas,” kata Menpora Dito dalam paparannya.

“Dari jumlah itu adalah berasal dari APBN Rp 275 m untuk penyelenggaraan dan sisanya untuk peralatan,” sambungnya.

Prosesi penandatangan kerja sama ini juga turut dihadiri perwakilan dari Kejagung, Bareskrim, BPKP.

Menpora Dito menyebut gelaran Peparnas XVII ini juga tetap dipantau satgas tata kelola  yang sebelumnya juga bertugas pada PON XXI Aceh – Sumatera Utara.

BERITA REKOMENDASI

“Tadi juga sudah hadir para saksi dari Kejagung, Bareskrim, BPKP, ini kami sampaikan ulang seperti saat PON Satgas tata kelola masih bekerja, karena dalam Keppres nomor 24 tahun 2024 itu Satgas Tata Kelola untuk PON dan Peparnas,” ujar Menpora.

“Jadi ini kami sampaikan di awal akan ada pendampingan dan akan dimonitor. Insyaallah ini akan kami jaga betul agar Peparnas juga sukses secara penyelenggaraan, prestasi, dampak ekonomi daerah, dan paling penting sukses administrasi,” harapnya.

Lebih lanjut, Menpora Dito merasa yakin dalam gelaran Peparnas XVII ini peran PB Peparnas bakal lebih fokus dalam pengelolaan penyelenggaraan.

Pasalnya, untuk venue-venue sudah tidak ada pembangunan ulang. Pun dengan akomodasi lainnya yang dinilai Solo sudah sangat siap.

Seperti diketahui, Kota Solo sendiri tahun 2022 sukses menggelar ASEAN Para Games.

“Saya yakin untuk Peparna, karena dari penyelenggaraan Peparnas tidak ada pembangunan venue baru. Semua venue yang alhamdullilah Jawa Tengah dan sekitar baru menyelenggarakan ASEAN  Para Games 2022, sehingga bagaimana PB Peparnas fokus dalam mengelola dan manajerial terkait penyelenggaraan event,” pungkasnya.

 

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas