Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Bakal Diikuti 1.000 Peserta, Grand Triumph 2024 Ajang Panahan Indoor Terbesar Kedua di Asia Tenggara

Selain atlet-atlet tuan rumah, Grand Triumph 2024 juga kebanjiran pepanah dari luar negeri, seperti Kanada, Belgia, India, Singapura, Filipina, Malays

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Bakal Diikuti 1.000 Peserta, Grand Triumph 2024 Ajang Panahan Indoor Terbesar Kedua di Asia Tenggara
Istimewa
Ilustrasi atlet panahan  

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTAGrand Triumph 2024 disebut sebagai ajang panahan indoor terbesar kedua di Asia Tenggara, menyusul jumlah peserta yang mendekati 1.000 atlet jelang penutupan pendaftaran pada 15 Oktober 2024 mendatang. 

Dengan statusnya sebagai ajang bergengsi di Asia Tenggara, Divisi Barebow mendapat pijakan yang layak untuk naik level sama seperti Divisi Compound dan Recurve.

“Optimis menyentuh 1.000 pendaftar dari target semula 900 peserta. Kami sudah mengantisipasi gelombang antusiasme tersebut. Kami siap memberikan adrenalin bertanding yang menantang, menarik, dan nyaman bagi semua pihak,” ujar Chairman of the Organizing Committee Grand Triumph 2024, Satrio Wibowo, dalam keterangan yang diterima, Minggu (13/10/2024).

Hingga kini, jumlah peserta yang sudah mendaftar sebanyak 981 atlet atau kurang dari 19 peserta menyentuh angka 1.000.

Selain atlet-atlet tuan rumah, Grand Triumph 2024 juga kebanjiran pepanah dari luar negeri, seperti Kanada, Belgia, India, Singapura, Filipina, Malaysia, dan Thailand.

Baca juga: Hasil Semifinal BWF World Junior Championships 2024: 4 Delegasi China Lolos ke Final

Dari jumlah tersebut, sebanyak 288 atlet dari Divisi Barebow bakal bertanding di ajang tersebut.

Salah satunya adalah superstar barebow dunia Raymond Huang, yang menjadi jawara di Lancaster Classic 2024, salah satu ajang panahan indoor bergengsi dan terbesar di dunia. 

BERITA REKOMENDASI

Atlet dunia lainnya yang hadir, antara lain Mohd Juwaidi Mazuki, atlet compound asal Malaysia, Pattamawadee Yuenprakon, atlet barebow asal dari Thailand, Nutty Maneesombatkul, timnas compound asal Thailand, dan atlet compound pelatnas 2023 – 2024 Prima Wisnu Wardhana, yang baru saja meraih medali emas di PON XXI 2024 di Aceh.

Sementara itu, atlet-atlet panahan tuan rumah berdatangan dari klub-klub panahan, di antaranya 46 atlet dari Pro Archery Club, 38 dari Raja Rumi Archery Club, 34 dari DAD Archery Academy, 25 dari BCC Archery Club, dan 24 dari Fast Marinir Archery Cluby Club.

Ketua Umum PB Perpani, yang sekaligus Steering Committee Grand Triumph 2024 Arsjad Rasjid menegaskan, Grand Triumph 2024 menjadi lompatan baru dalam upaya menghidupkan ekosistem panahan Indonesia dan menempatkan Divisi Barebow sejajar dengan divisi-divisi panahan lainnya.

“Dengan menjadi yang terbesar kedua di Asia Tenggara, Indonesia telah memberikan bukti dapat menyelenggarakan event panahan kelas dunia. Kami yakin World Archery akan menaruh perhatian lebih pada Indonesia untuk event-event internasional panahan berikut,” katanya.

Baca juga: Klasemen Akhir Perolehan Medali Peparnas 2024, Jawa Tengah Juara Umum

Satrio menambahkan, pihaknya masih menanti para peserta yang ingin bergabung dalam ajang Grand Triumph 2024 hingga awal pekan depan.

“Segera mendaftar, ini adalah ajang kita bersama, untuk kemajuan Panahan Indonesia,” katanya. 

Seperti diketahui, Grand Triumph 2024 adalah turnamen internasional panahan indoor terbesar di Indonesia, yang digelar di Jogja Expo Center (JEC) pada 19 – 20 Oktober 2024. 

Kategori yang dipertandingkan adalah Recurve Open 18 m, Compound Open 18 m, Barebow open 25 m, Recurve/Standar Nasional U-15 15 m, Recurve/Standar Nasional U-12 12 m, dan Barebow U12 10 m.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas