Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Ketum FWCI Gus Yaqut Optimistis Wingchun Indonesia Bisa Jadi Juara Dunia

Ia juga berharap pada kejuaraan yang dihelat  Ving Tsun Athletic Association (VTAA) para atlet Wing Chun Indonesia dapat mengerahkan seluruh kemampuan

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Ketum FWCI Gus Yaqut Optimistis Wingchun Indonesia Bisa Jadi Juara Dunia
dok: istimewa
Pengurus Besar Federasi Wing Chun Indonesia (PB FWCI) sukses menggelar Turnamen Wing Chun Indonesia (TWCI) pada 5-6 Oktober 2024 dalam rangka memperebutkan 'Piala Ketua Umum Ke-3 Tahun 2024' di Gelanggang Olah Raga (GOR) UIN Sunan Ampel, Surabaya, diikuti 211 atlet dari 19 provinsi di Indonesia. 

Ketum FWCI Gus Yaqut Optimistis Wingchun Indonesia Bisa Jadi Juara Dunia
 
Abdul Majid/Tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Umum Federasi Wing Chun Indonesia (FWCI) Yaqut Cholil Qoumas optimistis atlet Indonesia dapat menjadi juara pada kejuaraan Wing Chun tingkat dunia yang akan digelar pada 9 November 2024 di Hongkong.

“Kita sudah pernah beberapa kali menjadi juara umum di pertandingan Wing Chun dunia. Jangan sampai lengah, jangan sampai kendor. Kita pastikan untuk kejuaraan dunia pada November ini juga harus menjadi the champion,” ujar Ketua Umum FWCI Yaqut Cholil Qoumas di Jakarta, Senin (14/10/2024). 

Ia juga berharap pada kejuaraan yang dihelat  Ving Tsun Athletic Association (VTAA) para atlet Wing Chun Indonesia dapat mengerahkan seluruh kemampuannya. 

“Kita tahu saat ini Indonesia mengalami kemajuan olahraga yang sangat signifikan. Salah satunya, sepak bola tentu saja. Wingchun Indonesia juga harus demikian, harus maju,” pesan pria yang akrab disapa Gus Yaqut tersebut,,

Gus Yaqut juga terus mendorong para atlet untuk dapat mengoptimalkan potensinya. Hal ini menurut Gus Yaqut sejalan dengan upaya pemerintah untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045. 

“Pemerintah Indonesia telah mencanangkan cita-cita tingginya, yaitu Indonesia Emas 2045. Cita-cita bukan angan-angan semata. Namun, cita-cita ini juga tujuan kita bersama untuk melangkah 21 tahun ke depan. Indonesia Emas 2045 sangat nyata dan yakin bisa kita capai,” tutur Gus Yaqut yang juga menjabat sebagai Menteri Agama. 

BERITA REKOMENDASI

“Untuk sampai kesana, kita harus menjadi manusia emas, manusia yang bernilai. Berprestasi dalam olahraga adalah bentuk kedisiplinan, patriotik, kematangan diri, berilmu, dan bernilai. Ini semua tentu dibutuhkan dalam melangkah menuju Indonesia Emas 2045,” imbuhnya. 

Sebelumnya, Pengurus Besar Federasi Wing Chun Indonesia (PB FWCI) telah menggelar Turnamen Wing Chun Indonesia (TWCI) pada 5-6 Oktober 2024 dalam rangka memperebutkan “Piala Ketua Umum Ke-3 Tahun 2024”. Ajang ini ini berlangsung di Gelanggang Olah Raga (GOR) UIN Sunan Ampel, Surabaya, diikuti 211 atlet dari 19 provinsi di Indonesia. 

PB FWCI membuka 2 jenis pertandingan yaitu Jurus Tangan Kosong, Jurus Senjata, dan Chi Sao Sport (Fighting). Kategori Jurus Tangan Kosong yang dipertandingkan meliputi Siu Lim Tao, Chum Kiu, dan Biu Gee untuk anak-anak, remaja, dan dewasa untuk Wanita dan Pria. 

Kategori Jurus Senjata yang dipertandingkan mencakup Manusia Kayu (Wooden Dummy), dan Tongkat Toya. Untuk pertandingan Chi Sao sport dibuka kelas wanita 49 kg - 59 kg, dan kelas pria 49 kg – 54 kg; 55 kg - 60 kg; 60,1 kg - 65 kg; 70 kg - 76 kg; 79 kg keatas.

Dalam ajang bergengsi ini, Piala Ketua Umum Ke-3 Tahun 2024 dijuarai oleh Provinsi DKI Jakarta dengan perolehan 8 emas, 5 perak, 5 perunggu. Berikut daftar pemenang Turnamen Wing Chun Indonesia (TWCI) 2024: 

 

Siu Lim Tao – Anak Putri

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas