Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Pola Juara Marc Marquez di MotoGP Australia 2024: si Paling Belok Kiri Superior saat Tahun Ganjil

Marc Marquez, pembalap dengan kemampuan belok kiri terbaik ini miliki pola juara tahun ganjil saat balapan MotoGP Australia di Phillip Island.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Yurika NendriNovianingsih
zoom-in Pola Juara Marc Marquez di MotoGP Australia 2024: si Paling Belok Kiri Superior saat Tahun Ganjil
AFP/SONNY TUMBELAKA
Pembalap Gresini Racing MotoGP Spanyol Marc Marquez (kanan) mengikuti pemanasan jelang balapan MotoGP Grand Prix Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Minggu (29 September 2024). (SONNY TUMBELAKA/STR/AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Ada sebuah pola juara Marc Marquez di MotoGP Australia yang membuat pembalap Gresini Racing itu dirasa sulit untuk podium utama akhir pekan ini.

Seri ke-17 MotoGP 2024 bertajuk MotoGP Australia 2024, akan menggelar balapan di Sirkuit Phillip Island, Jumat (18/10/2024) hingga Minggu (20/10/2024).

MotoGP Australia 2024 menjadi balapan krusial dalam perburuan gelar juara dunia yang mengerucut kepada Jorge Martin (Pramac Ducati) dan Francesco 'Pecco' Bagnaia (Ducati Lenovo Team).

Keduanya hanya tersekat 10 poin di dua teratas Klasemen MotoGP 2024 sementara. Akan tetapi atensi utama justru datang kepada Marc Marquez.

Selebrasi kemenangan pembalap Gresini Racing, Marc Marquez setelah finis terdepan pada sprint race MotoGP Aragon 2024 di Sirkuit Motorland Aragon, Sabtu (31/9/2024) malam WIB.
Selebrasi kemenangan pembalap Gresini Racing, Marc Marquez setelah finis terdepan pada sprint race MotoGP Aragon 2024 di Sirkuit Motorland Aragon, Sabtu (31/9/2024) malam WIB. (Laman resmi MotoGP)

Sorotan kepada MM93 juga bukannya tanpa alasan. The Baby Alien, julukan Marquez, berstatus pembalap aktif dengan jumlah kemenangan terbanyak di MotoGP Australia.

Empunya nomor start #93 ini memiliki koleksi kemenangan di Sirkuit Phillip Island sebanyak tiga kali.

Jumlah itu tertinggal tiga kemenangan dari Casey Stoner, dan terpaut satu podium utama dari sang rival, Valentino Rossi.

BERITA REKOMENDASI

Artinya jika Marc Marquez mampu mengkonversikan balapan akhir pekan ini menjadi kemenangan, maka MM93 dipastikan menyamai statistik The Doctor, julukan Valentino Rossi.

Namun sekarang yang menjadi perhatian ialah pola kemenangan Marc Marquez di MotoGP Australia.

Pasalnya dari tiga kali finis terdepan di Sirkuit Phillip Island, sejak debut di kelas premier, semuanya digasak MM93 saat seri berlangsung di tahun ganjil.

Kemenangan MotoGP Australia kali pertama Marc Marquez saat balapan di kelas para raja tersaji di tahun 2015.

Saat itu Marquez start dari posisi pertama alias pole position, sukses mengalahkan Jorge Lorenzo dan Andrea Iannone di ppodium 2-3.

Kemudian kemenangan kedua MotoGP Australia diukir MM93 pada tahun 2017. Hebatnya lagi MM93 kembali merajai Sirkuit Phillip Island saat start sebagai Polesitter alias dari P1.

Baca juga: Jadwal MotoGP Australia 2024: Hari Ini FP1 Start Jam 06.45 WIB, Martin & Bagnaia Menghapus Mitos

Sementara podium utama ketiga di MotoGP Australia diraih Marquez pada edisi 2019. Bedanya, kakak Alex Marquez ini start dari P3, di belakang Maverick Vinales dan Fabio Quartararo.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas