Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Nurdin Mantan Napi Seharusnya Tak Bisa Calonkan Diri Lagi

Statuta FIFA mencatat, mantan narapidana seperti Nurdin Halid seharusnya tidak boleh memimpin sebuah organisasi di bawah FIFA

Editor: Yulis Sulistyawan
zoom-in Nurdin Mantan Napi Seharusnya Tak Bisa Calonkan Diri Lagi
TRIBUNNEWS.COM/BIAN HARNANSA
Nurdin Halid, Ketua Umum PSSI 
Laporan Wartawan Tribun Jogja, Joko Widiyarso  

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA - Menurut statuta FIFA, seorang yang telah divonis pengadilan dan pernah dipenjara, maka tidak boleh memimpin sebuah organisasi di bawah FIFA.

Hal tersebut disampaikan Ketua Pengurus PSSI Cabang Solo FX Hady Rudyatmo seharusnya menjadi meredam ambisi Nurdin Halid untuk kembali memimpin PSSI lagi.

"Kan ada di statuta FIFA jelas diatur, kalau seorang narapidana tak boleh memimpin sebuah orgaisasi," katanya dalam diskusi buku Dosa-dosa Nurdin Halid, di Penerbit Galangpress Yogyakarta, Rabu (16/2/2011).

Pernyataan ini disampaikan menyangkut ambisi Nurdin Halid yang ingin tetap menjadi orang nomor satu di PSSI. Rencananya, pada 19 Februari nanti rencananya akan ada verifikasi terhadap calon Ketua Umum PSSI periode mendatang.

"Verifikasi dari FIFA tidak main-main. Harusnya Nurdin sudah lengser, kalau aturan FIFA tentang seorang yang terkena vonis tak boleh lagi memimpin organisasi berjalan," paparnya.

Meski demikian, Rudy menyayangkan dunia sepakbola tanah air yang sampai saat ini masih disusupi oleh kepentingan politik sejumlah pihak yang sama sekali tidak mengerti sepak bola.

"Sepak bola tidak tahu menahu soal poliik, tapi sekarang ini politik sangat paham tentang sepak bola," terangnya.

BERITA REKOMENDASI

Seharusnya, tambah Rudy, PSSI berjuang semata untuk sepak bola tanah air. Bukan untuk kepentingan segelintir pihak, yang malah merugikan persebakbolaan Indonesia.

"Dari pertama didirikan oleh founding father kita Bung Karno, PSSI adalah media pemersatu bangsa," tegasnya dengan nada kecewa.

Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Liverpool
7
6
0
1
13
2
11
18
2
Man. City
7
5
2
0
17
8
9
17
3
Arsenal
7
5
2
0
15
6
9
17
4
Chelsea
7
4
2
1
16
8
8
14
5
Aston Villa
7
4
2
1
12
9
3
14
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas