Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Sensasi Matador Ala Cristian Tello

Banyak penggemar bola mengasosiasikan penyerang Barcelona, Cristian Tello dengan kecepatan

Editor: Ade Mayasanto
zoom-in Sensasi Matador Ala Cristian Tello
zimbio
Cristian Tello (tengah) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Deny Budiman

TRIBUNNEWS.COM - Apa yang ada dalam pikiran Anda saat mendengar nama Cristian Tello? Banyak penggemar bola mengasosiasikan penyerang Barcelona ini dengan kecepatan. Ya ia memang berkilau dalam kiprah perdananya di La Liga musim lalu dengan  kecepatannya yang mengagumkan saat menggiring bola. Musim ini, ada satu hal lagi yang pantas diasosiasikan saat mendengar nama Tello, yakni gol dan gol! Tak heran ia pun kini disebut-sebut sebagai sensasi baru dari Spanyol.

LAGA awal pekan ini melawan Real Zaragoza seolah menjadi panggung untuk Cristian Tello. Penyerang berusia 21 tahun ini sadar betul dirinya harus bisa memaksimalkan kesempatan yang terbilang  jarang yakni menjadi starter. Kesempatan muncul setelah penyerang bintang Lionel Messi diistirahatkan.

Ia pun menjawab kepercayaan pelatih dengan memborong dua gol saat Barca menang 3-0. Gol pertama identik dengan dirinya.  Menit 39, sembari berlari kencang ia menyambut umpan terobosan Thiago Alcantara. Peluang pun terbuka karena ia berhadapan satu lawan satu dengan kiper Roberto. Tak melakukan kesalahan, si Nomor 37 melesakkan golnya.

Menit 52, Tello lagi-lagi mencuri perhatian. Dengan gerakan individualnya ia mengecoh Glenn Loovens sebelum menempatkan bola ke sudut jauh gawang klub Aragon. Dua gol yang sungguh berkelas.

Aksi gemilang Tello membuka mata pelatih Tito Vilanova. Sepertinya, sang pelatih pun kini mulai berani mengistirahatkan Messi, dan mendorong Tello sebagai pemain alternatif. Dan pria kelahiran Sabadeli, Spanyol, 11 Agustus 1991 ini menjawabnya dengan penuh tanggung-jawab.

Bayangkan saja, musim ini ia sudah bermain 17 kali di La Liga  (sembilan kali jadi starter, delapan kali jadi cadangan), dan menyumbangkan tujuh gol, serta empat kali assist.

BERITA TERKAIT

Sebuah rekor yang sungguh cemerlang untuk seorang anak muda yang baru mentas di La Liga musim lalu! Jangan lupa, Tello sejatinya adalah anak bawang. Lulusan Barcelona B ini baru berkiprah di La Liga musim lalu. Seperti juga larinya, kariernya melesat sangat cepat.

Tepatnya ia melakukan debut pada 28 Januari 2012, menggantikan Adriano menit 75 saat laga melawan Villareal CF. Total, musim lalu ia bermain 15 kali dengan tiga kali starter, dan 12 kali jadi pemain pengganti.

Dari angka-angka tersebut, terlihat jelas bahwa Tello sudah bisa mencuri hati Villanova. Dan sinyal dirinya bakal permanen menjadi starter sepertinya terbuka lebar, terlebih jika ia bisa terus memperlihatkan konsistensinya.

Sebagai catatan, Tello mulai sering  menjadi starter di ajang La Liga terhitung sejak 30 Maret lalu, ketika ia mencetak sebiji gol saat imbang 2-2 melawan Celta Vigo. Sempat jadi pemain pengganti di laga melawan PSG pada leg kedua Liga Champions, ia kembali jadi pemain utama ketika Barca menggasak Mallorca 5-0 (6/4), dan kembali jadi starter sepekan kemudian saat mengalahkan Zaragoza.

Tello mengaku senang mendapatkan kepercayaan untuk bermain sebagai pemain inti. "Saya menikmati mendapatkan kepercayaan dari pelatih dan semua berjalan baik untuk saya. Namun, terpenting saya senang bisa membantu tim," kata Tello kepada wartawan.

Ia pun siap untuk bersaing mengamankan posisi tim utama di Barca. Ia berharap Vilanova kembali memainkannya saat melawan Bayern Muenchen di babak semifinal Liga Champions tengah pekan depan .

"Liga Champions merupakan kompetisi yang spektakuler, tapi peran saya sudah jelas. Saya akan selalu bekerja keras untuk mendapatkan kesempatan yang akan diberikan," katanya.

Tinggi, kekar, dan bertato. Penampilan fisik Tello sangat gampang dikenali lantaran ia jauh dari tipikal alumnus akademi Barca, La Masia, yang biasanya manis-manis, dan imut-imut. Gaya bermainnya pun ternyata tak sama dengan para alumnus lainnya.

Tello, yang biasa bermain sedikit melebar ke kiri ini, tak dikaruniai teknik mumpuni, atau pun pengendalian bola level tinggi seperti halnya para pelajar La Masia lain. Alih-alih ia tipikal pemain dengan tipikal yang instingtif, eksplosif, dan cenderung suka langsung melepaskan tendangan ke gawang tanpa tedeng aling.

Area sayap kiri seolah sudah menjadi zona Tello. Dari sana, alih-alih melepaskan umpan silang, ia biasanya main seruduk menusuk lini pertahanan lawan, lantas melepaskan tendangan geledek. Gaya seperti itu pernah diperagakannya beberapa kali.

Dengan kemampuan seperti itulah, Villanova pernah beberapa kali memberinya posisi sebagai striker tradisional --hal yang sangat jarang diterapkan di Barcelona. Mengingat usianya yang masih muda, kemampuan Tello memang masih bisa dieksploitasi lagi. Satu hal pasti, ia sudah menapaki jalan untuk menuju pemain bintang.

Data diri
Nama lengkap: Cristian Tello Herrera
Tanggal lahir: 11 Agustus 1991 (21 tahun)
Tempat lahir: Sabadell, Spanyol
Tinggi: 1,78 m
Posisi: Penyerang/winger
Informasi klub
Klub saat ini: Barcelona
Nomor: 37
Karier yunior
1999-2002 Bisa Rull
2002-2008 Barcelona
2007-2008   CF Damm (loan)
2008-2010 Espanyol
Karier senior
2010 Espanyol B 4 (1)
2010-2012 Barcelona B 39 (9)
2011 - Barcelona 32 (10)
Tim Nasional
2010 Spanyol U19 3 (0)
2011 Spanyol U20 5 (1)
2012 - Spanyol U-21 8 (2)
2.012 Spanyol U23 6 (0)
2013 - Catalonia 1 (0)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas