Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Persija IPL Kalah Lagi di Kandang

Sejatinya Persija dan Persiba baru bentrok 16 Juni mendatang, tapi kedua pihak sepakat mengajukan jadwal menjadi sore tadi.

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Ravianto
zoom-in Persija IPL Kalah Lagi di Kandang
net
Logo Persija Jakarta 

Laporan Wartawan Tribun Jakarta, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, BANTUL - Persija kembali gagal meraih kemenangan di kandang. Menjamu Persiba di Stadion Sultan Agung, Bantul, Minggu (26/5) sore, tim asal ibukota itu menyerah 0-3.

Kendati berlangsung di Bantul namun tuan rumah laga ke-88 kompetisi Indonesian Premier League (IPL) 2013 itu adalah Persija. Sejatinya Persija dan Persiba baru bentrok 16 Juni mendatang, tapi kedua pihak sepakat mengajukan jadwal menjadi sore tadi.

Tiga gol kemenangan Persiba dicetak Slamet Nurcahyo melalui aksi solo run di menit 12, Johan Manaji menit 60, dan tendangan jarak jauh Roberto Kwateh pada menit ke-89. Manajer Persija Haris Kadar Hidayat mengatakan sejatinya permainan berjalan imbang. Terutama di babak pertama, bisa dikata Cornelius Geddy dan kawan-kawan menguasai ball possession.

"Meski kami hanya menggunakan pemain lokal dan banyak yang belum berpengalaman tapi mampu mengimbangi mereka. Lihat saja, di tim Persija pemain yang punya nama paling cuma Cornelius Geddy, Ferdi (Mose), (Arfan) Ariwijaya, dan Sansan," kata Haris. Terbukti pada babak pertama Persija cuma kecolongan satu gol.

Namun, sambung Haris, situasi berubah ketika wasit memberi hadiah penalti kepada Persiba di menit 48. Itu terjadi setelah Slamet Nurcahyo, gelandang Persiba, dijatuhkan di kotak penalti. "Padahal dia jatuh sendiri, pemain kami tidak nendang. Itupun kejadianya di luar kotak penalti. Tapi wasit menunjuk titik putih," tuturnya.

Beruntung eksekusi Eduardo Bizarro berhasil digagalkan kiper Persija, Burhanuddin, yang tampil luar biasa. Usai insiden penalti itu permainan Persija agak berubah. Haris mengakui pemainnya agak kecewa sehingga terbawa di lapangan. "Mungkin mereka kesel sehingga jadi agak emosi," ujarnya.

BERITA TERKAIT

Albert Rudiana, asisten pelatih Persiba, mempunyai penilaian yang sama. Kata dia, di babak kedua permainan Persija menjadi lebih keras. "Tapi alhamdulillah akhirnya kami bisa memenangkan pertandingan. Kuncinya karena kami kompak, baik pemain, pelatih maupun pengurus," katanya. Dia mengakui, di babak pertama Ezequiel Gonzalez dan kawan-kawan terbawa ritme lawan yang bermain lambat.

Namun, masuk babak kedua mereka kembali menemukan bentuk permainan sendiri. Persiba terus menekan sehingga mampu mencetak dua gol tambahan.

"Fisik pemain agak drop karena mereka baru libur dua minggu. Meski begitu mereka bisa menjalankan instruksi pelatih dengan baik. Soal penaldi Edu (Eduardo Bizarro) yang gagal, saya kira biasalah. Kebetulan kiper Persija bergerak ke sisi yang tepat, tapi kami akui sore ini dia main bagus," tutup Albert.

Kemenangan ini mengantarkan Persiba ke peringkat tiga klasemen IPL dengan poin 6, di bawah Perseman (20) dan Semen Padang (19). Sedangkan Persija belum beranjak dari dasar klasemen dengan poin 1. Dalam laga sebelumnya di Bantul, Persija dikalahkan Persepar juga dengan skor 3-0.

Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas