Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Spanyol vs Belarusia: Peluang Emas Empat Debutan

Tugas Pelatih Vicente Del Bosque untuk membangun tim dengan generasi baru mendapat tantangan berat.

Penulis: Nurfahmi Budi
Editor: Husein Sanusi
zoom-in Spanyol vs Belarusia: Peluang Emas Empat Debutan
tbrfootball.com
Gelandang sekaligus gelandang tengah Timnas Spanyol yang telah pensiun, Xavi Hernandez (tengah) saat La Furia Roja dibantai Brasil di Piala Dunia 2014 silam. 

TRIBUNNEWS.COM - Empat pemain sudah mengundurkan diri dari timnas Spanyol, Xavi Hernandez, Xabi Alonso, David Villa dan bek Alvaro Arbeloa. Walhasil, tugas Pelatih Vicente Del Bosque untuk membangun tim dengan generasi baru, benar-benar mendapat tantangan berat.

Satu hal sudah dirasakannya, yakni kekalahan dari Slovakia di fase grup kualifikasi Piala Eropa 2016 (9/10/2014). Del Bosque mengakui, tak mudah untuk menghadapi masa transisi seperti sekarang.

Rasa gundah itu pula yang menghantui ketika armadanya menjamu Belarusia pada Matchday 4 Grup C Kualifikasi Euro 2016, di Estadio Nuevo Colombino, Huelva, Minggu (16/11/2014) dini hari nanti.

Maklum, meski berstatus tim semenjana, bukan pekerjaan mudah untuk menaklukkan tim tamu. Setidaknya, mereka masih punya beberapa pemain berkualitas tinggi seperti Sergey Krivets (Metz), duo BATE Borisov, Illya Aleksiyevich dan Mikhail Gordeichuk serta striker kenyang pengalaman, Sergei Kornilenko.

Semua itu ditambah dengan dorongan kuat untuk meraih tiga angka, agar kesempatan bersaing dengan tim lain tetap terbuka.  Kami tahu Spanyol masih dalam masa awal lagi setelah gagal total di Brasil. Itu benefit yang harus kami manfaatkan,” tegas Andrei Zygmantovich, caretaker pelatih Belarusia, di uefa.com, kemarin.

Ucapan mantan penggawa Racing Santander dan Dinamo Minsk tersebut bisa menjadi ancaman berbahaya jika tak direspon kubu tuan rumah. Del Bosque langsung merespon dengan memanggil pemain berdasar penampilan mereka di klub. Hal ini berbeda dengan apa yang dilakukannya di masa lalu, yang hanya berstandarisasi rasa suka atau kebiasaan.

Walhasil, kali ini di jajaran skuat utama Del Bosque terdapat empat pemain debutan, diluar kiper Kiko Casilla. Empat pemain tersebut memang tengah moncer bersama timnya masing-masing di liga domestik. Kuartet anyar tersebut antara lain lain gelandang Malaga, Ignacio Camacho, penyerang Napoli José Callejón, Nolito asal Celta Vigo dan Alvaro Morata, yang kini berkostum Juventus.

BERITA TERKAIT

Menurut Del Bosque, Mereka punya syarat utama untuk masuk ke timnas, dan bisa saja akan menjalani debut kontra Belarusia. Deretan pemain tersebut berstatus pribadi berkualitas, dan sudah menunjukkan diri mampu tampil menonjol, minimal dalam sebulan terakhir, di level klub.

Jadi tak ada alasan untuk gagal memanggil empat pemain tersebut. Ignacio makin dewasa, begitu juga dengan ketajaman Callejon, Nolito dan Alvaro Morata. Saya pikir beberapa di antara mereka akan merasakan debut pekan ini,” tutur Del Bosque, di Marca.com.

Catatan mengesankan memang menempel di mereka. Callejon misalnya, musim ini sangggup mengimbangi permainan Gonzalo Higuain di Napoli. Di Serie A, kini mantan bomber Real Madrid ini mampu mengoleksi delapan gol, setara Carlos Tevez dari Juventus.

Hebatnya, level prolifik pria berusia 27 tahun ini juga sedang mentereng.
Di bawah asuhan Rafael Benitez, ia mampu mengemas tujuh gol dalam delapan partai terakhir. Kontribusinya tersebut membuat Del Bosque kesengsem, dan berharap kesukaan Callejon dalam mengoyak jala musuh, merembet ke tim Matador.

Setali tiga uang, situasi tersebut juga terjadi pada Alvaro Morata. Sempat  ngendon’ di bangku cadangan, eks Real Madrid ini juga sukses bangkit. Dua gol ke gawang Parma, akhir pekan lalu, tak kuasa bagi Del Bosque untuk menghambatnya berkostum timnas senior.
 

Saya pikir Morata dan Callejon punya ciri berbeda, dan mereka saling melengkapi. Itu sangat berguna untuk menghadapi sistem pertahanan rapat ala Belarusia,” tegas Del Bosque.

Sedangkan keberadaan Nolito dianggap sebagai langkah preventif andai terjadi hal negatif pada empat striker utama, yakni Pedro Rodriguez, Pablo Alcacer, Callejon dan Morata.

Nama lain yang kembali muncul adalah Isco. Gelandang ini mampu tampil kreatif bersama Real Madrid sejak awal musim. Keberadaan Isco bakal memberi keleluasaan bagi para sayap Spanyol, untuk mendobrak pertahanan Belarusia.

Banyak ekspektasi dari pasukan baruku ini, tapi fans harus sadar kami masih butuh ruang untuk terus berkembang sebelum putaran final Euro 2016. Kami akan bermain maksimal, dan tak boleh kehilangan angka dari Belarusia,” tutur Del Bosque.

Gelandang bertahan Spanyol, Sergio Busquets mengakui, para pemain yang dipanggil sekarang punya keseimbangan, sehingga tak sulit bagi pelatih untuk menentukan pemain. 

Semua tergantung dari musuh kami, dan Del Bosque tahu tentang itu,” katanya.
Bagi Spanyol, kemenangan memang harga mati. Mereka juga tak ingin takluk atau seri ketika bermain untuk kali pertama dalam partai kompetitif di Estadio Nuevo Colombino.

Stadion ini punya gairah luar biasa, tak sabar berlaga di lapangan itu,” tutur Santi Cazorla.
Bagi Spanyol, seharusnya mudah menekuk sang tamu. Dalam dua pertemuan terakhir di babak kualifikasi Piala Dunia 2006, La Furia Roja unggul dua kali, yakni menang 4-0 saat away, dan 2-1 di rumah sendiri.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas