Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

PSSI Larang Anggotanya Ikut Piala Kemerdekaan

Kita semua harus kembali ke panduan berorganisasi (statuta PSSI).

Editor: Ravianto
zoom-in PSSI Larang Anggotanya Ikut Piala Kemerdekaan
ist
PSSI vs Kemenpora 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) melarang anggotanya mengikuti turnamen Piala Kemerdekaan 2015 yang diprakarsai oleh Tim Transisi bentukan Kemenpora.

PSSI menilai, turnamen tersebut tidak dikenal dan sudah pasti tidak mendapat otorisasi PSSI sehingga sesuai dengan statuta PSSI yang menjadi pedoman jalannya roda organisasi persepakbolaan Indonesia, segala bentuk turnamen maupun kompetisi sepak bola yang dilakukan oleh pihak yang tidak dikenal atau terafiliasi dengan PSSI, dilarang diikuti oleh anggota PSSI.

"Berorganisasi harus tahu dan patuh terhadap aturan-aturan yang berlaku, dalam hal ini statuta PSSI. Siapapun yang merupakan anggota PSSI maka diwajibkan menjalankan aturan sesuai yang tertuang di statuta tersebut," ujar Presiden PSSI La Nyalla M Mattalitti seperti dilansir Tim Media PSSI di Jakarta, Sabtu (4/7/2015).

Terkait turnamen Piala Kemerdekaan oleh tim Transisi, kata La Nyalla, statuta PSSI menjelaskan secara gamblang bahwa otorisasi pelaksanaan kegiatan sepak bola jatuh di ranah PSSI.

"Kita semua harus kembali ke panduan berorganisasi (statuta PSSI). Turnamen tersebut berada di luar jalur dan jelas melanggar statuta. Saya imbau semua anggota untuk solid dan kembali berada di bawah naungan PSSI. Bersama-sama pasti kita bisa keluar dari masalah yang sedang kita alami ini," kata La Nyalla menegaskan.

Tidak hanya klub-klub sebagai anggota yang harus patuh terhadap ketentuan statuta PSSI, namun juga seluruh pelaku sepak bola, tidak terkecuali perangkat pertandingan.

Sekjen PSSI Azwan Karim mengatakan, baik wasit, asisten, pengawas pertandingan, serta instruktur wasit harus berada di dalam koridor statuta yang dimaksud.

BERITA TERKAIT

"Tidak ada yang perlu kita takuti selama kita pegang teguh aturan main yang ada (statuta PSSI)," kata Azwan.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi meminta klub sepak bola Indonesia yang akan turun di turnamen Piala Kemerdekaan tidak perlu risau dengan intimidasi pihak manapun.(Surya)

Sumber: Antara
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas