Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Eduard Tjong Fokus Benahi Mental Pemain

Eduard yang akrab dipanggil Edu berujar, penampilan anak asuhnya belum mengalami peningkatan yang signifikan

Penulis: Sigit Nugroho
Editor: Dewi Pratiwi
zoom-in Eduard Tjong Fokus Benahi Mental Pemain
Kompas.com
Pelatih PS TNI, Eduard Tjong 

TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA - Pelatih PS TNI, Eduard Tjong sedang fokus membenahi mental pemainnya agar bisa meningkatkan performa.

Pasalnya hingga saat ini Abduh Lestaluhu dan kawan-kawan belum pernah mendapatkan satu kemenanganpun dari empat laga yang telah dilakoni selama Indonesia Soccer Championship A (ISC A).

"Saya sedang bekerja keras dan fokus meningkatkan mental pemain. Dari empat laga yang telah lakoni, kami belum mendapatkan kemenangan. Padahal kami membutuhkan tambahan tiga poin untuk memperbaiki posisi di klasemen, " kata Eduard kepada Harian Super Ball,kemarin.

Saat ini PS TNI di posisi 17 klasemen sementara dengan dua poin. Eduard yang akrab dipanggil Edu berujar, penampilan anak asuhnya belum mengalami peningkatan yang signifikan.

Padahal dia telah membekali pemain dengan berbagai materi, skema, dan strategi saat latihan.

"Saat latihan, pemain bisa menyerap dan mengaplikasikan seluruh materi dengan baik. Tetapi sayangnya saat bertanding, pemain tidak bisa melakukan instruksi saya dengan baik. Akibatnya permainan tidak berkembang. Banyak terjadi kesalahan komunikasi, kerjasama tim tidak maksimal, salah memberikan umpan, dan lain-lain. Akibatnya hasil tidak memuaskan," ujar Edu.

Buruknya mental pemain, ucap Edu, membuat seluruh taktik tidak bisa berjalan sesuai harapan.

BERITA TERKAIT

"Akibat dari buruknya mental itu membuat segala yang diberikan saat latihan tidak berjalan sesuai harapan. Pemain jadi terburu-buru, kurang tenang, tidak lepas, merasa terbebani, dan penyelesaian akhir yang belum maksimal. Ini pekerjaan rumah yang sedang usahakan untuk diperbaiki," ucap Edu.

Edu yakin anak asuhnya bisa tampil lebih baik, jika berhasil mendapatkan poin penuh saat menjamu PSM Makassar pada Minggu, (29/5/2016).

"Satu kemenangan akan membuat seluruh pemain jadi percaya diri dan lebih bersemangat lagi menghadapi laga-laga selanjutnya. Oleh karena itu, target kami di laga itu adalah poin penuh. Jangan sia-siakan kesempatan menjadi tuan rumah nanti. Kami harus menang, karena kemenangan sudah sangat ditunggu-tunggu," tutur Edu.

Poin penuh di laga nanti, terang Edu, akan memperbaiki posisi PS TNI di klasemen sementara.

"Jika kami bisa menyapu bersih seluruh laga home dan mencuri poin di laga away selama putaran pertama, peluang kami untuk ke papan tengah jadi terbuka. Saat ini target yang realistis bagi kami adalah bisa ke papan atas dulu," terang Edu.

Sumber: Super Skor
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas