Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Rekor Manusia Piyama

Saat Austria dan Hungaria bentrok di Stadion Stade de Bordeaux, Prancis, Rabu (15/6) dini hari WIB, rekor baru tercipta.

zoom-in Rekor Manusia Piyama
ist
Gabor Kiraly 

TRIBUNNEWS.COM, PERANCIS - Saat Austria dan Hungaria bentrok di Stadion Stade de Bordeaux, Prancis, Rabu (15/6) dini hari WIB, rekor baru tercipta.

Kiper Hungaria Gabor Kiraly yang dipasang sebagai starter, resmi menjadi kiper tertua yang tampil di Piala Eropa, di usianya yang ke-40 tahun 74 hari.

Penjaga gawang berjuluk Manusia Piyama itu juga sukses menjadi kiper Hungaria pertama yang mencetak clean sheet, alias tidak kebobolan.

Dalam laga kemarin, pemilik nama lengkap Gabor Ferenc Kiraly itu tampil dengan gaya andalannya, mengenakan celana panjang abu-abu mirip celana tidur.

Kiraly berhasil membuat sejumlah penyelamatan penting, termasuk menghentikan tembakan Zlatko Junuzovic pada menit ke-35, dan menyetop tembakan David Alaba.

Pelatih Timnas Hungaria Bernd Storck pun langsung menghujani Kiraly dengan pujian.

"Dia dipilih sebagai penjaga gawang karena dia pemain hebat. Saya tidak pernah mengatakan saya punya pemain tua. Saya memiliki pemain bagus. Saya masih berpikir dia adalah salah satu pemain terbaik di dunia," puji Storck.

BERITA REKOMENDASI

"Dia memberikan kontribusi untuk kemenangan ini, menjaga gawang tidak kebobolan. Dia memimpin tim untuk menang, dan dihargai untuk semua kerja kerasnya selama bertahun-tahun," imbuhnya.

Pujian juga diberikan rekan satu timnya, Laszlo Kleinheisler, yang menjadi man of the match pada laga kemarin.

"Saya ingin memberikan selamat kepada Kiraly dan Zoltan Gera. Mereka lebih tua kini, tapi saya senang memiliki mereka dalam tim ini," cetusnya.

Sebelum Kiraly, bekas gelandang Timnas Jerman Lothar Matthaus adalah pemain tertua di Piala Eropa, dengan usia 39 tahun 91 hari, saat Jerman menghadapi Portugal pada Piala Eropa 2000. Di laga itu, Matthaus sekaligus mencatatkan 150 caps bersama Timnas Jerman.

Matthaus mengambil rekor itu dari pemain Denmark, Masrten Olsen, yang tampil di Piala Eropa 1988. Saat Denmark mengalahkan Italia, Olsen berusia 38 tahun 308 hari. Jika diurutkan, Olsen menang tua atas kiper Inggris Peter Shilton, yang berumur 37 tahun saat tampil dua hari lebih awal di turnamen serupa.

Kiraly kini bermain untuk Szombathelyi Haladas, klub di Hungaria. Ia pernag memperkuat Hertha Berlin, Crystal Palace, Aston Villa, Bayer Leverkusen, hingga Fulham.

Soal penampilannya yang selalu memakai pakaian gombroh, Kiraly punya penjelasannya.

"Saya seorang kiper, bukan model. Ini semua soal kenyamanan. Saya telah bermain di lapangan tanah dan rumput yang beku ketika musim dingin. Itu semua membuat kaki saya sakit saat melompat, sehingga saya memakai celana panjang," jelasnya.

"Saya pernah mencoba memakai celana pendek waktu bermain di Inggris dan Jerman, tapi saya tidak nyaman. Hasil akhir lebih penting bagi saya ketimbang penampilan," tambahnya.

Kiraly sudah membela Hungaria dalam 103 pertandingan. Meski dua kiper Hungaria lainnya berusia jauh lebih muda, Denes Dibusz (25) dan Peter Gulacsi (26), Kiraly tampaknya tetap akan menjadi starter selama di Piala Eropa 2016. (pen)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Liverpool
7
6
0
1
13
2
11
18
2
Man. City
7
5
2
0
17
8
9
17
3
Arsenal
7
5
2
0
15
6
9
17
4
Chelsea
6
4
1
1
15
7
8
13
5
Aston Villa
6
4
1
1
12
9
3
13
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas