Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Ponaryo Astaman: APPI Minta Seluruh Suporter Sepak Bola Buat Nota Kesepakatan Damai

“Ini pesan moral yang ingin kita sampaikan kepada suporter. Sekarang waktunya kami pemain menuntut kepada mereka, bisa tidak mereka bikin nota damai."

Penulis: Abdul Majid
Editor: Sapto Nugroho
zoom-in Ponaryo Astaman: APPI Minta Seluruh Suporter Sepak Bola Buat Nota Kesepakatan Damai
Tribunnews/Abdul Majid
General Manager Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI), Ponaryo Astaman (kiri) saat memberikan keterangan kepada awak media mengenai sikap APPI terkait insiden tewasnya suporter Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jawa Barat, Minggu (23/9/2018) lalu, di Hotel Century, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (25/9/2018). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – General Manager Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI), Ponaryo Astaman mendesak kepada para suporter tim sepak bola Indonesia untuk membuat nota kesepakatan damai agar kejadian hilangnya nyawa suporter tak kembali terjadi.

“Ya, tujuan dari cara kami adalah mendesak kepada para suporter untuk menujukkan kepada suporter bahwa mereka bukan hanya mendukung, mereka bukan hanya meramaikan, tapi mereka punya tanggung jawab untuk persepakbolaan Indonesia,” kata Ponaryo Astaman di Hotel Century, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (25/9/2018).

Baca: Setelah BOPI, APPI Giliran Ambil Sikap terkait Tewasnya Suporter Sepak Bola Indonesia

Dalam keputusan APPI yang telah ditandatangai oleh pemain dari perwalikan tim Liga 1 memang jelas meminta kepada seluruh suporter Indonesia agar membuat nota damai.

“Kami meminta kepada seluruh suporter tim Liga 1 khususnya dan tim Liga 2 untuk membuat Nota Damai atau kesepakatan bersama untuk memastikan insiden ini tidak terulang kembali, karena sepak bola Indonesia akan terancam jika insiden ini kembali berulang,” bunyi salah satu butir keputusan APPI tersebut.

Baca: Buntut Tewasnya Suporter Persija Jakarta, PSSI tak Ingin Kompetisi Sepak Bola Indonesia Dihentikan

“Nota Damai tersebut akan disinergikan dengan stakeholder sepak bola Indonesia yaitu PSSI, LIB (PT Liga Indonesia Baru), Kepolisian, dan juga pemerintah baik pusat maupun daerah,” bunyi isi keputusan APPI yang dibacakan oleh Wakil Presiden APPI, Andritany Ardhiyasa.

Sembari menunggu nota kesepakatan antarsuporter tim Indonesia terlaksana, APPI juga bersepakat untuk tidak menjalani pertandingan di pekan ke-24 Liga 1 2018.

Baca: Buntut Tewasnya Suporter Sepak Bola, APPI Sepakat Tidak Bermain di Pekan 24 Liga 1 2018

BERITA REKOMENDASI

“Ini pesan moral yang ingin kita sampaikan kepada suporter. Sekarang waktunya kami pemain menuntut kepada mereka, bisa tidak mereka bikin nota damai untuk kelangsungan sepak bola di Indonesia karena kelangsungan sepak bola Indonesia bergantung kepada nota kesepakatan damai suporter,” tegas Ponaryo Astaman. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Persebaya
7
5
2
0
7
2
5
17
2
Borneo
7
4
3
0
10
3
7
15
3
Bali United
7
4
2
1
12
6
6
14
4
Persib
7
3
4
0
13
7
6
13
5
PSM Makasar
7
3
3
1
9
4
5
12
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas