Superskor

Liga 1 2020

Daya Tarik Suporter Tim Liga 1 Berdampak Untuk Klub, Bonek, Bobotoh hingga Brigata Curva Sud

Peran suporter tim liga 1 untuk tim kesayangan mereka, ada Bonek pendukung Persebaya, Bobotoh pendukung Persib, dan Brigata Curva Sud suporter PSS.

Penulis: Muhammad Nursina Rasyidin
Editor: Muhammad Nursina Rasyidin
Daya Tarik Suporter Tim Liga 1 Berdampak Untuk Klub, Bonek, Bobotoh hingga Brigata Curva Sud
TRIBUN JABAR/Deni Denaswara
Sporter Bobotoh dan Viking terus memberi semangat pemain Persib Bandung saat berhadapan dengan Tim Tamu Barito Putera, pada pertandingan di Stadion Si Jalak Harupat, Minggu (24/11/2019), Persib Bandung gagal mengkonversikan peluang emas untuk menjadi gol ke gawang Barito Putera. (TRIBUN JABAR/Deni Denaswara) *** Local Caption *** 

TRIBUNNEWS.COM - Suporter bisa dikatakan sebagai pemain ke-12 dalam dunia sepak bola. Effort mereka dalam mendukung tim kesayangan tak terbataskan, baik dari segi waktu, ide hingga materil yang dikeluarkan.

Indonesia, salah satu negara dengan populasi terbanyak dari seluruh dunia memiliki suporter yang tersebar di seluruh penjuru Tanah Air.

Kehadiran suporter memberikan kekuatan tambahan untuk sebuah klub, bisa dari segi finansial hingga suntikan semangat dari pinggir lapangan ketika tim mereka bertanding.

Namun tak sedikit juga dari mereka yang kadang bertindak arogan karena tim dalam performa buruk ataupun kondisi manajeman yang sedang goyah.

Bisa dilihat dari pendukung tim-tim besar di Indonesia, seperti Persija, Persib, Arema FC, Persela, dan Persebaya.

Adakalanya juga suporter tim menarik perhatian seorang pemain bola untuk bergabung dengan tim itu, dan ada juga yang diundang untuk mengikuti sebuah kompetisi.

Sporter Bobotoh dan Viking terus memberi semangat pemain Persib Bandung saat berhadapan dengan Tim Tamu Barito Putera, pada pertandingan di Stadion Si Jalak Harupat, Minggu (24/11/2019), Persib Bandung gagal mengkonversikan peluang emas untuk menjadi gol ke gawang Barito Putera. (TRIBUN JABAR/Deni Denaswara)

 *** Local Caption ***
Sporter Bobotoh dan Viking terus memberi semangat pemain Persib Bandung saat berhadapan dengan Tim Tamu Barito Putera, pada pertandingan di Stadion Si Jalak Harupat, Minggu (24/11/2019), Persib Bandung gagal mengkonversikan peluang emas untuk menjadi gol ke gawang Barito Putera. (TRIBUN JABAR/Deni Denaswara) *** Local Caption *** (TRIBUN JABAR/Deni Denaswara)

Seperti halnya Persib. Awal tahun 2020 ini mereka bakal mengikuti kompetisi Asia Challange 2020 di Malaysia.

Dalam kompetisi tersebut, Persib bakal menghadapi tim tangguh ASEAN seperti Selangor FC (Malaysia), Ha Noi FC (Vietnam), dan Bangkok United (Thailand).

Keikutsertaan Persib tak lepas karena dukungan suporter mereka yang dikenal dengan sebutan Bobotoh.

Antusisme Bobotoh dalam mendukung Persib mendapatkan apresiasi dari pihak Selangor FC selaku tuan rumah kompetisi tersebut.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Bhayangkara
20
13
4
3
27
14
13
43
2
Arema
20
11
8
1
27
13
14
41
3
Persib
20
12
4
4
27
13
14
40
4
Persebaya
20
12
3
5
38
22
16
39
5
Bali United
20
11
5
4
29
15
14
38

Wiki Terkait

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas