Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Superskor
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

PSSI

Menilik Tugas dan Syarat Menjadi Sekjen PSSI

Pasca mundurnya Rtu Tisha dari Sekjen PSSI, federasi sepak bola Indonesia akan mencari penggantinya, berikut syarat dan tugas yang harus diketahui.

Menilik Tugas dan Syarat Menjadi Sekjen PSSI
TRIBUNNEWS.COM
Logo PSSI dan FIFA. 

TRIBUNNEWS.COM - Ratu Tisha Destria resmi menyatakan mundur dari jabatannya sebagai Sekretaris Jendral (Sekjen) PSSI pada Senin (13/4/2020).

Melalui rekaman audio yang diunggah ke Instagram pribadi milikinya, Ratu Tisha menyampaikan pengalamannya di tubuh PSSI sejak menjabat pada Juli 2017.

Keputusan yang diambil Ratu Tisha otomatis bakal menjadikan ruang kosong pada posisi Sekjen PSSI, dan kini publik mempertanyakan siapa calon pengganti Ratu Tisha.

Baca: Petinggi Sriwijaya FC Ajak Ratu Tisha Bergabung Menjadi Manajer Tim

Baca: Kaget Ratu Tisha Mundur, Bagus Kahfi: Orangnya Kuat dan Pejuang Tinggi

Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Soemantri menegaskan akan menjalankan prosedur, mekanisme yang ada, dan tidak bisa dilakukan secara sepihak dalam pencarian calon pengganti Ratu Tisha.

"Ada fit and proper test yaang harus dilalui sang calon. Tanpa kecuali. Setelah itu, harus ada persetujuan dari Komite Eksekutif PSSI," kata Cucu Soemntri dikutip dari Liga Indonesia.

Posisi sekjen sangat menentukan dalam Organisasi PSSI, oleh karena itu, federasi sepak bola tertinggi di Indonesia ini menginginkan sosok yang tepat, yang mengerti sepak bola Indonesia secara menyeluruh.

Berdasarkan pasal 61 poin 3 Statuta PSSI disebutkan, Sekjen memiliki tugas untuk melaksanakan keputusan yang disahkan oleh Kongres PSSI dan Komite Eksekutif sesuai dengan arahan dari Ketua Umum.

Baca: Soal Kebijakan PSSI, Pelatih Arema FC, Mario Gomez Prioritaskan Keselamatan

Baca: Ketua Askot PSSI Depok Pastikan RedBull Depok FC Belum Terdaftar Sebagai Kontestan Liga 3

Kemudian, mengatur penyelenggaraan Kongres PSSI dan pertemuan Komite Eksekutif dan badan-badan lain.

Tidak hanya itu, sesuai dengan yang tertulis pasal 61 poin 3 Statuta PSSI, Sekjen PSSI juga diharuskan menjaga hubungan baik dengan anggota PSSI, asosiasi provinsi PSSI, asosiasi Kabupaten, asosiasi kota, komite-komite, FIFA, AFC dan AFF.

"Sekali lagi, menilik tanggung jawab dan tugasnya yang berat, wajar jika penentuan Sekjen PSSI itu harus melalui tahapan yang panjang dan detail," pungkas Cucu.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Muhammad Nursina Rasyidin
Editor: Whiesa Daniswara
Sumber: TribunSolo.com
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas