Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Indra Sjafri Optimis Timnas Indonesia Bisa Masuk 10 Besar Asia, Asalkan

Pembinaan usia dini kunci utama, lalu peningkatan kualitas pelatih dan kompetisi liga, Indra Sjafri yakin Indonesia bisa bersaing di level Asia.

Editor: Muhammad Nursina Rasyidin
zoom-in Indra Sjafri Optimis Timnas Indonesia Bisa Masuk 10 Besar Asia, Asalkan
PSSI
Ilustrasi - Pelatih Indra Sjafri saat memberikan intruksi kepada para pemain Timnas U-23 Indonesia saat menjalani sesi latihan. (PSSI) 

TRIBUNNEWS.COM - Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, menilai cita-cita supaya timnas Indonesia masuk jajaran 10 besar Asia sangat realistis.

PSSI memiliki cita-cita tinggi untuk timnas Indonesia.

Induk organisasi sepak bola nasional itu berharap supaya kelak tim Garuda bisa masuk dalam jajaran 10 besar di Asia.

Meski terlihat sangat sulit diwujudkan, target tersebut dinilai oleh Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, sebagai target yang realistis.

Baca: Cara Shin Tae-yong Hafalkan Nama Pemain Timnas Indonesia, Hafalkan Satu Kata

Menurut Indra, target itu sangat mungkin terwujud karena Indonesia punya modal yang cukup bagus, dilihat dari pembinaan pemain muda.

Salah satunya adalah rekam jejak timnas kelompok usia yang menuai banyak prestasi ketika mengikuti turnamen di tingkat ASEAN maupun Asia.

Para pemain muda itu menjadi modal paling berharga yang akan mengisi stok pemain berkualitas timnas Indonesia di masa depan.

BERITA REKOMENDASI

"Kalau melihat kondisi sumber daya manusia kita, saya rasa sangat realistis dan saya sudah coba itu," kata Indra Sjafri dilansir Bolasport.com dari Kompas.

Baca: Bima Sakti Harapkan Bina Taruna U-18 beri Tekanan Kepada TImnas Indonesia U-16

"Kita mampu memberi perlawanan yang sengit saat menghadapi raksasa Asia, seperti Jepang dan kita juga pernah menang dari Korea Selatan," ujarnya.

"Tinggal dari sisi kepelatihan bagaimana kualitas pelatih-pelatih kita perbaiki, kemudian kualitas kompetisi juga harus kita perbaiki," katanya.

Pembinaan pemain muda itu menjadi kunci utama bagi perkembangan sepak bola nasional ke depannya.

Indra pun meyakini, jika hal itu bisa terjaga dengan baik, bukan tidak mungkin bila timnas Indonesia menembus lima besar Asia dalam tempo 12 tahun.

Baca: Timnas Indonesia U-16 Berujicoba dengan Tim yang Sudah di Rapid Tes kata Bima Sakti

Pembinaan itu setidaknya bisa terlaksana untuk memenuhi target dari Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, yang ingin timnas Indonesia menembus peringkat 150 dalam ranking FIFA.

Saat ini, tim Garuda masih berada di peringkat ke-173 di bawah Vietnam, Thailand, Malaysia, dan Filipina.

"Kalau kita lihat pemain usia muda punya potensi yang luar biasa. Kualitas individu lebih baik jika kita bandingkan dengan pemain yang dulu-dulu karena tantangan bermainnya lebih sulit sekarang," katanya.

"Cara bermain mereka berbeda, saya berusaha dalam empat tahun ke depan dan dengan waktu yang cukup merekrut orang-orang yang memiliki kapasitas. Saya akan berusaha mencapai target tersebut," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di BolaSport.com dengan judul Indra Sjafri: Dalam 12 Tahun, Timnas Indonesia Bisa Tembus 5 Besar Asia

Sumber: BolaSport.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Liverpool
7
6
0
1
13
2
11
18
2
Man. City
7
5
2
0
17
8
9
17
3
Arsenal
7
5
2
0
15
6
9
17
4
Chelsea
7
4
2
1
16
8
8
14
5
Aston Villa
7
4
2
1
12
9
3
14
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas