Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Piala AFF Ditunda Andy Setyo Nugroho Mengaku Tetap Berlatih Seperti Biasa

Andy mengatakan bahwa hal tersebut tak terlepas dari situasi dan kondisi diberbagai negara lain yang masih rawan paparan Covid-19.

Editor: Toni Bramantoro
zoom-in Piala AFF Ditunda Andy Setyo Nugroho Mengaku Tetap Berlatih Seperti Biasa
dok pribadi
Andy Setyo berlatih di lapangan PMPP, Hambalang, Kabupaten Bogor 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Yudistira Wanne

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemain belakang Persikabo 1973, Andy Setyo Nugroho yang saat ini dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia angkat bicara mengenai dibatalkannya Piala AFF 2020.

Andy mengatakan bahwa hal tersebut tak terlepas dari situasi dan kondisi diberbagai negara lain yang masih rawan paparan Covid-19.

Menurutnya, keputusan AFF itu harus dapat dimaklumi mengingat itu menyangkut urusan kesehatan dan keselamatan banyak pihak.

Andy Setyo Nugroho (kiri)
Andy Setyo Nugroho (kiri) (Juara.net)

"Memang kondisi saat ini belum 100 persen terbebas dari virus corona. Malah di beberapa negara ASEAN yang tadinya tidak ada penyebaran virus corona, sekarang baru mengumumkan adanya kasus positif. Jadi semua pihak memang harus memaklumi penundaan Piala AFF ini," ujarnya, Sabtu (1/9/2020).

Lebih lanjut, pemain yang merupakan anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) berpangkat Sersan Satu (Sertu) itu tetap fokus berlatih.

"Sebagai pemain, meski Piala AFF ditunda, tentu harus tetap berlatih dengan serius agar nanti kalau ada perubahan, saya sudah siap," jelasnya.

BERITA TERKAIT

Adaptasi di Timnas Senior Indonesia

Sementara itu, Andy mengaku siap beradaptasi dengan cepat saat dirinya dipercaya Shin Tae-yong untuk ikut pemusatan latihan Timnas Senior Indonesia.

Andy mengatakan, setiap pelatih memiliki ciri khas masing-masing ketika mengarahkan tim yang dibesutnya untuk mencapai hasil maksimal.

Andy Setyo Tetap Fokus Saat Kembali Berlatih Bersama Tim Persikabo 1973
Andy Setyo Tetap Fokus Saat Kembali Berlatih Bersama Tim Persikabo 1973 (tribunnewsBogor.com)

Khusus Shin Tae-yong yang dikenal dengan mengutamakan latihan fisik, Andy mengaku siap menjalani seluruh menu latihan yang diberikan.

"Fisik merupakan salah satu modal utama bagi pesepak bola untuk menjalankan profesinya. Kalau masalah adaptasi kita pasti harus adaptasi. Tergantung kondisi kitanya kalau masalah ada kendala atau tidak. Karena kan fisik memang nomor satu yang harus diperhatikan pemain sepak bola," ujarnya.

Lebih lanjut, Andy menjelaskan siapapun pelatih yang mengarsiteki Timnas, maka setiap pemain harus melakukan adaptasi secara cepat.

"Saya kira siapapun pelatihnya, kalau sudah status pelatih kepala, baik di klub maupun timnas tentu saja pelatih yang sudah berpengalaman termasuk beliau (Shin Tae-yong) yang melatih Timnas Senior sekarang," paparnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas