Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Persebaya Surabaya Minta Sudahi Saja Kompetisi Musim Ini

Persebaya Surabaya akhirnya minta kompetisi musim Ini yang kembali ditunda oleh PSSI hingga tahun depan, disudahi.

Editor: Toni Bramantoro
zoom-in Persebaya Surabaya Minta Sudahi Saja Kompetisi Musim Ini
SURYA.co.id/Habibur Rohman
Manager Persebaya, Candra Wahyudi. 

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Persebaya Surabaya akhirnya minta kompetisi musim Ini yang kembali ditunda oleh PSSI hingga tahun depan, disudahi.

Disampaikan manajer Persebaya, Candra Wahyudi, alasan dasar pihaknya meminta kompetisi musim ini dihentikan total setelah mempelajari surat putusan terbaru dari PT LIB tentang opsi lanjutan kompetisi yang diterima klub sehari yang lalu.

Dalam surat tersebut, diputuskan bahwa lanjutan kompetisi musim ini akan digulirkan kembali Februari-Juli 2021.

Tak hanya itu, PSSI dan PT LIB kembali menebar janji manis, terkait pemberian kontribusi komersial yang menjadi hak klub peserta kompetisi.

Aji Santoso saat melatih tim Persebaya Surabaya di Lapangan Polda Jatim, Minggu (1/3/2020).
Aji Santoso saat melatih tim Persebaya Surabaya di Lapangan Polda Jatim, Minggu (1/3/2020). (surya.co.id/habibur rohman)

Namun Persebaya menilai ada keputusan ganjil juga menggelikan, karena hak klub yang kerap disebut "subsidi" baru akan dibayarkan saat lanjutan kompetisi berjalan pada Februari–Juli 2021 mendatang.

Menariknya, jumlah yang dibayarkan hanya sebesar 25 persen dari angka Rp 800 juta yang diterima tiap klub.

Pemenuhan hak klub sebesar itu akan berlangsung pada Oktober 2020 sampai Januari 2021.

BERITA TERKAIT

Selanjutnya, pada Februari sampai Juli 2021, LIB baru akan membayar penuh, Rp 800 juta.

Dari ketentuan itu masih ada catatan, "Apabila kompetisi berjalan sesuai rencana,” bunyi dalam surat LIB yang ditandatangi direktur utamanya, Akhmad Hadian Lukita.

Dengan kata lain, pemberian kontribusi tersebut menganut syarat dan ketentuan yang berlaku.

Bagaimana bila kompetisi tidak berjalan sesuai rencana? Sisi lain, selama masa tunggu tersebut, klub juga masih harus memenuhi hak gaji pemain dan ofisial.

“Surat ini tidak menjawab keresahan klub. Justru membuat situasi semakin tidak pasti,” kata Candra Wahyudi, Selasa (3/11/2020).

“LIB menjanjikan hak komersial klub Rp 200 juta selama masa tunggu sebelum kick off. Tapi baru akan dibayar saat kompetisi berjalan. Memang LIB bisa menjamin liga berjalan?” tanyanya Candra melanjutkan.

Pertanyaan ini bukan tanpa dasar. Pasalnya, dua kali sudah klub menjadi korban janji PSSI dan LIB soal lanjutan kompetisi.

Yakni pada 1 Oktober dan November 2020. Pada dua masa itu, PSSI dan LIB gagal merealisasi janji melanjutkan kompetisi.

Padahal, klub sudah berdarah-darah menyiapkan diri. Untuk itu, dikatakan Candra, daripada terus menebar ketidakpastian, Persebaya meminta PSSI menyudahi saja kompetisi musim ini.

Tidak perlu dilanjutkan. Sisa waktu yang ada digunakan recovery. Menyiapkan energi untuk bersiap lebih baik bagi kompetisi tahun depan.

“Sudahi saja. Daripada tidak pasti seperti ini. Mari kita himpun energi untuk menyiapkan kompetisi musim depan yang lebih rapi dan lebih baik lagi,” pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunjatim.com dengan judul Persebaya: Hentikan Kompetisi Tahun Ini, Fokus ke Musim depan, https://jatim.tribunnews.com/2020/11/04/persebaya-hentikan-kompetisi-tahun-ini-fokus-ke-musim-depan?page=all.
Penulis: Khairul Amin
Editor: Taufiqur Rohman

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas