Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

APPI Wanti-wanti PSSI Soal Hal Berpotensi Konflik Terkait Kepastian Liga 1 2020 Lanjut Atau Berakhir

jika kompetisi kembali dilanjutkan terdapat aturan yang tidak memperbolehkan pemain pindah ke klub lain dalam divisi yang sama.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in APPI Wanti-wanti PSSI Soal Hal Berpotensi Konflik Terkait Kepastian Liga 1 2020 Lanjut Atau Berakhir
Tribunnews/Jeprima
General Manager Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI), Ponaryo Astaman memberikan kata sambutan saat acara penyerahan bantuan secara simbolis disaksikan oleh Presiden APPI, Firman Utina dan Menteri Sosial Juliari P Batubara di Gedung Kementerian Sosial RI, Jakarta Pusat, Jumat (26/6/2020). APPI memberikan donasi uang tunai sebesar Rp 150 juta kepada Jaring Pengaman Sosial Penanganan Covid 19 Kementerian Sosial RI dari hasil penggalangan dana yang dilakukan dengan melelang jersey sejumlah pemain. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTAAsosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) turut buka suara terkait ketidakpastian lanjutan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 hingga sudah memasuki awal tahun ini.

Presiden APPI, Firman Utina mengatakan pihaknya telah berkirim surat ke PSSI yang isinya mendesak agar PSSI segera mengambil keputusan apakah kompetisi dilanjutkan atau tidak.




“Kami telah mengirim surat kepada PSSI untuk mereka segera memutuskan status keberlanjutan kompetisi apakah tetap lanjut untuk musim 2020 atau dihentikan dan dimulai musim kompetisi yang baru,” kata Firman Utina dalam keterangan resminya, Rabu (6/1/2021).

Baca juga: Sederet Pemain Asing yang Pergi dari Liga 1 Karena Mandeknya Kompetisi: Ada Nama-Nama Top

APPI menyampaikan bahwa kepastian tersebut guna mengantisipasi potensi perselisihan kontrak antara pemain dengan klub.

Terlebih bagi para pemain yang durasi kontraknya telah usai.

Seperti yang diketahui, satu di antara isu adalah jika kompetisi kembali dilanjutkan terdapat aturan yang tidak memperbolehkan pemain pindah ke klub lain dalam divisi yang sama.

Baca juga: Daftar 18 Pemain Asing yang Mundur dari Liga 1 2020 Karena Mandeknya Kompetisi

BERITA TERKAIT

Hal ini jelas melanggar asas kebebasan berkontrak untuk melakukan perpindahan/transfer yang mana telah tertuang dalam Regulasi FIFA yang sering disebut dengan nama Bosman Ruling.

Namun kini beberapa klub juga telah melakukan pemutusan kontrak dan membubarkan tim dikarenakan status kepastian kompetisi yang tidak kunjung mendapat kejelasan.

“Beberapa poin yang kami sampaikan ialah mengenai laporan beberapa pemain yang telah diputus kontrak dan dibubarkan tim nya, kemudian juga konfirmasi tentang isu regulasi yang mengatakan pemain tidak dapat pindah ke klub lain dalam lanjutan liga nanti, yang jelas hal ini melanggar aturan dalam RTSP FIFA,” kata Ponaryo Astaman, General Manager APPI.

Untuk itu APPI berharap hal ini untuk ditindaklanjuti dengan serius oleh PSSI karena untuk meminimalisir konflik di kemudian hari jika terjadi pembiaran terus menerus.

Kemudian mengenai masa persiapan yang juga harus mendapat perhatian khusus dikarenakan masa persiapan yang singkat akan mengakibatkan risiko seperti cedera yang sangat berpotensi dialami oleh para pemain.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas