Superskor

Super Pandit

Ramuan Xavi di Barcelona, Efektivitas Busquets, Kecerdasan Nico, & Agresivitas Titisan Iniesta

Xavi Hernandez mengutamakan gelandang dengan visi bermain tinggi dan kemampuan passing yang di atas rata-rata.

Penulis: deivor ismanto
Editor: Gigih
zoom-in Ramuan Xavi di Barcelona, Efektivitas Busquets, Kecerdasan Nico, & Agresivitas Titisan Iniesta
PAU BARRENA / AFP
Pelatih Barcelona Spanyol Xavi (kanan) berbicara dengan Gerard Pique (C) dan Sergio Busquets (kiri) selama pertandingan sepak bola liga Spanyol antara FC Barcelona dan RCD Espanyol, di stadion Camp Nou di Barcelona pada 20 November, 2021. 

TRIBUNNEWS.COM - Xavi Hernandez memberi jawaban menarik saat ditanya soal kebutuhan Barcelona merekrut gelandang bertipikal pekerja keras.

Di sepakbola modern, kebutuhan akan gelandang box to box dengan daya juang dan jelajah tinggi memang laku keras.

Mereka menjadi kunci pemutus serangan lawan di lini tengah, etos kerja mereka dibutuhkan untuk berduel fisik dan memenangkannya.

Namun, Xavi berpendapat bahwa ia tak membutuhkan gelandang seperti itu, skuat gelandang Barcelona musim ini sudah cukup.

Pelatih baru Barcelona FC Barcelona, ????Xavi Hernandez berpose untuk foto selama upacara presentasinya di stadion Camp Nou di Barcelona pada 8 November 2021.
Pelatih baru Barcelona FC Barcelona, ????Xavi Hernandez berpose untuk foto selama upacara presentasinya di stadion Camp Nou di Barcelona pada 8 November 2021. (LLUIS GEN / AFP)

Baca juga: Tonton Debut Manis Xavi bersama Barcelona, Rumah Ansu Fati Malah Dibobol Maling

Baca juga: Menyingkirkan Ronaldo & Messi, Calon Pemain Terbaik Dunia adalah Pemain Chelsea & Real Madrid Ini

Juru taktik berusia 42 tahun tersebut lebih mengutamakan gelandang dengan visi bermain tinggi dan kemampuan passing yang di atas rata-rata.

"Kami telah memiliki barisan gelandang tangguh, kami punya De Jong, Nico, atau bahkan Busquets," Kata Xavi dilansir Marca.

"Tanpa harus bermain keras, mereka adalah gelandang terbaik dalam tugas merebut bola," lanjutnya.

"Dengan gaya bermain kami, saya tidak perlu punya pemain berfisik besar, anda bisa menganalisis gaya bermain kami," lanjut eks gelandang Barcelona tersebut.

Ya, dari gaya bermain Xavi memang lebih mengutamakan kecerdasan dari pada otot, itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa rumor untuk mendatangkan Thiago dari liverpool begitu kencang.

Akan tetapi faktanya, skuat Barcelona saat ini dirasa cukup oleh Xavi, nama-nama yang ia sebutkan di atas menjadi kunci gaya bermain yang ia usung.

Nico Gonzalez sudah melakoni 13 pertandingan bersama Barcelona musim ini, terakhir, ia menjadi pilihan utama untuk berduet bersama Busqutes di lini tengah.

Nico terlihat mampu beradaptasi dan memainkan peran yang penting bersama Sergio Busquets, yang jauh lebih berpengalaman.

Ia tak canggung untuk bekerja sama bersama Busquets, justru kehadiran captain kedua Blaugrana tersebut membuat peran Nico di lini tengah lebih cair.

Baca juga: Jadwal Liga Champions Malam Ini, Barcelona vs Benfica, Villarreal vs MU & Chelsea vs Juve di SCTV

Baca juga: Lionel Messi Percaya Barcelona di Tangan Xavi Bisa Berkembang, Suasana Latihan Jadi Menyenangkan

Jika mampu tampil konsisten, dan tak mengalami cedera yang serius, Nico bisa saja dipercaya Xavi untuk selalu tampil reguler di tiap minggunya, ia memiliki potensi yang besar.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Barcelona
14
12
1
1
33
5
28
37
2
Real Madrid
14
11
2
1
33
14
19
35
3
Atletico Madrid
12
7
2
3
20
12
8
23
3
Real Sociedad
14
8
2
4
19
17
2
26
4
Athletic Club
14
7
3
4
24
14
10
24
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas