Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Head to Head Timnas Indonesia vs Singapura di Piala AFF, Peluang Garuda Melesat ke Final Lagi

Timnas Indonesia dipastikan akan bertemu dengan Singapura pada babak semifinal Piala AFF 2020 yang digelar pada tahun ini.

Penulis: Dwi Setiawan
Editor: Drajat Sugiri
zoom-in Head to Head Timnas Indonesia vs Singapura di Piala AFF, Peluang Garuda Melesat ke Final Lagi
AFP/ROSLAN RAHMAN
Pesepak bola Timnas Indonesia, Irfan Jaya (kiri) melakukan selebrasi diikuti rekan setimnya, Ezra Walian usai mencetak gol keduanya ke gawang Malaysia dalam laga terakhir Grup B Piala AFF 2020 antara Malaysia melawan Indonesia di Stadion Nasional, Singapura, Minggu (19/12/2021) malam. Pertandingan tersebut berakhir dengan skor 1-4 (1-2) untuk kemenangan Timnas Indonesia. AFP/Roslan RAHMAN 

TRIBUNNEWS.COM - Timnas Indonesia dipastikan akan bertemu dengan Singapura pada babak semifinal Piala AFF 2020 yang digelar pada tahun ini.

Kepastian tersebut didapatkan setelah Timnas Indonesia menyegel status sebagai juara Grup B Piala AFF 2020, Minggu (19/12/2021) kemarin malam.

Timnas Indonesia berhak lolos sebagai juara grup setelah unggul agresifitas gol dari Vietnam yang sama-sama mengoleksi sepuluh poin.

Tim asuhan Shin Tae-yong akan bertemu Singapura yang berstatus sebagai runner-up di Grup A, tepat dibawah Thailand.

Baca juga: 4 Skema Shin Tae-yong di Piala AFF, Kolektivitas Timnas Indonesia & Rotasi Brilian Sang Juru Selamat

Baca juga: Jadwal Siaran Langsung Semifinal Piala AFF 2020, Pelatih Thailand Kaget Bertemu Vietnam di 4 Besar

Pemain Timnas Indonesia Elkan Baggott melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Malaysia pada pertandingan sepak bola Grup B Piala AFF Suzuki 2020 antara Malaysia dan Indonesia di Stadion Nasional di Singapura, Minggu (19/12/2021). Indonesia berhasil menekuk Malaysia dengan skor 4-1 dan lolos ke semifinal. TRIBUNNEWS/PSSI
Pemain Timnas Indonesia Elkan Baggott melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Malaysia pada pertandingan sepak bola Grup B Piala AFF Suzuki 2020 antara Malaysia dan Indonesia di Stadion Nasional di Singapura, Minggu (19/12/2021). Indonesia berhasil menekuk Malaysia dengan skor 4-1 dan lolos ke semifinal. TRIBUNNEWS/PSSI (PSSI/)

Pertemuan antara Timnas Indonesia melawan Singapura bukan kali ini saja terjadi utamanya dalam gelaran Piala AFF.

Pada periode sebelumnya, kedua tim kerapkali bertemu demi mencari sebuah kemenangan dalam setiap pertandingan.

Baca juga: Piala AFF 2020: Lambungkan Performa Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Bak Keajaiban bagi Merah Putih

Jika berkaca dari rekor pertemuan kedua tim, Indonesia sebenarnya memiliki catatan yang apik dalam tiga perjumpaan terakhir di Piala AFF.

BERITA TERKAIT

Raihan dua kemenangan dari tiga laga pertemuan terakhir bisa menjadi bekal berharga Timnas Indonesia.

Dua kemenangan tersebut diraih Timnas Indonesia tepatnya saat berlaga pada ajang Piala AFF 2012 dan 2016.

Pemain Timnas Indonesia, Andik Vermansyah melakukan selebrasi sesaat setelah mencetak gol ke gawang Timnas Singapura dalam laga Piala AFF 2012 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (28/11/2012). Andik menjadi pemain kunci Timnas Indonesia yang berhasil merobek gawang Singapura pada detik-detik akhir pertandingan. Timnas Indonesia menang atas Singapura dengan skor 1-0. KOMPAS/WAWAN H PRABOWO
Pemain Timnas Indonesia, Andik Vermansyah melakukan selebrasi sesaat setelah mencetak gol ke gawang Timnas Singapura dalam laga Piala AFF 2012 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (28/11/2012). Andik menjadi pemain kunci Timnas Indonesia yang berhasil merobek gawang Singapura pada detik-detik akhir pertandingan. Timnas Indonesia menang atas Singapura dengan skor 1-0. KOMPAS/WAWAN H PRABOWO (Kompas/Wawan H Prabowo)

Di ajang Piala AFF 2012, kenangan gol indah yang diciptakan Andik Vermansyah melalui tembakan bebas jarak jauh membuat Garuda menang pada laga tersebut.

Lalu, kemenangan berikutnya diraih Indonesia saat menghadapi Singapura pada ajang Piala AFF 2016 silam.

Gol krusial yang dicetak Andik Vermansyah dan Stefano Lilipaly pada laga penentuan kelolosan melawan Singapura membuat Indonesia melaju ke partai semifinal.

Baca juga: Semifinal Piala AFF 2020: Duel Timnas Indonesia vs Singapura Tarik Perhatian Eks Arema FC M Ridhuan

Sementara, satu sisa laga lainnya berakhir dengan kekalahan tepatnya di ajang Piala AFF pada edisi terakhir.

Kekalahan satu gol tanpa balas melawan Singapura pada tahun tersebut menjadi awal masa sulit Indonesia yang gagal lolos dari babak penyisihan grup.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas