Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Blunder Taktik Shin Tae-yong, Mimpi Indah Timnas Indonesia Juara Piala AFF 2021 Terancam Ambyar

Teka-teki mengapa Shin Tae-yong tak menggunakan taktik parkir bus di leg pertama final Piala AFF 2021 saat Timnas Indonesia dibantai Thailand 4-0.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Dwi Setiawan
zoom-in Blunder Taktik Shin Tae-yong, Mimpi Indah Timnas Indonesia Juara Piala AFF 2021 Terancam Ambyar
AFP/ROSLAN RAHMAN
Pemain Timnas Thailand Bordin Phala (kanan) melakukan tendangan bebas saat pertandingan leg pertama final sepak bola AFF Suzuki Cup 2020 antara Timnas Indonesia dan Timnas Thailand di Stadion Nasional Singapura. Rabu (29/12/2021). (Roslan RAHMAN/AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Kekalahan telak Timnas Indonesia atas Thailand pada leg pertama Final Piala AFF 2021 tak lepas dari blunder taktikal Shin Tae-yong.

Leg pertama Final Piala AFF 2021 antara Timnas Indonesia vs Thailand yang tersaji di Stadion National, Singapura, Rabu (29/12/2021) berkesudahan dengan skor 4-0.

Menjadi pertanyaan tentunya, mengapa Shin Tae-yong tetap memainkan skema all out attack pada laga tersebut.

Jika mengacu kepada bagaimana komparasi peta kekuatan kedua kubu, Thailand jelas lebih unggul dari Timnas Indonesia. Baik dari komposisi skuat maupun rekam jejak di pagelaran Piala AFF.

Baca juga: Piala AFF 2021: Sambil Nangis, Pelatih Thailand Minta Maaf ke Timnas Indonesia soal Pergantian Kiper

Baca juga: Fakta Kekalahan Timnas Indonesia atas Thailand di Final Piala AFF 2021: Witan Ngamuk, Irja Egois

Pemain Timnas Thailand Chanathip Songkrasin (ketiga dari kanan) merayakan golnya pada leg pertama pertandingan final sepak bola Piala Suzuki AFF 2020 antara Timnas Indonesia dan Timnas Thailand di Stadion Nasional Singapura. Rabu (29/12/2021). (Roslan RAHMAN/AFP)
Pemain Timnas Thailand Chanathip Songkrasin (ketiga dari kanan) merayakan golnya pada leg pertama pertandingan final sepak bola Piala Suzuki AFF 2020 antara Timnas Indonesia dan Timnas Thailand di Stadion Nasional Singapura. Rabu (29/12/2021). (Roslan RAHMAN/AFP) (AFP/ROSLAN RAHMAN)

Laga final Piala AFF 2021 terbagi dalam sistem dua leg, dan di pandang pada pertemuan pertama tidak ada salahnya Shin Tae-yong menggunakan skema parkir bus.

Taktikal ini sudah teruji kualitasnya ketika skuat Garuda sukses menahan imbang Vietnam, yang mana level The Golden Star Warriors setara dengan pasukan Gajah Perang.

Setidaknya, parkir bus bisa digunakan Timnas Indonesia bermain imbang terlebih dahulu melawan Thailand.

BERITA TERKAIT

Baru kemudian pada leg kedua menjadi pertandingan "penghabisan" yang akan berlangsung, Sabtu (1/1/2022).

Namun faktanya justru terbalik. Shin Tae-yong memainkan skema all out attack ketika menghadapi Chanathip Songkrasin dkk di leg pertama.

Imbasnya dapat terlihat, celah menganga terdapat di lini pertahanan Skuat Garuda.

Bahkan skema serangan balik tim besutan Alexandre Polking itu dengan mudah menghancurkan pertahanan Indonesia yang digalang Rizki Ridho dkk.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan arahan kepada anak asuhnya dari pinggir lapangan saat gelaran Piala AFF 2020.
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan arahan kepada anak asuhnya dari pinggir lapangan saat gelaran Piala AFF 2020. (PSSI.ORG)

Menjadi bumerang tersendiri atas keputusan sang juru taktik Indonesia itu.

Dan jika merujuk kepada statistik pertandingan, permainan terbuka Evan Dimas dkk tak benar-benar sukses besar.

Dilihat dari segi penguasaan bola, Thailand lebih dominan dengan 67 persen ball possession.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas