Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Final Piala AFF 2021: Messi Thailand Nyekor & Ukir Rekor saat Pasukan Gajah Perang Gilas Indonesia

Chanathip Songkrasin menunjukkan level permainan yang menawan saat Thailand menggilas Timnas Indonesia 4-0 di leg pertama Final Piala AFF 2021.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Dwi Setiawan
zoom-in Final Piala AFF 2021: Messi Thailand Nyekor & Ukir Rekor saat Pasukan Gajah Perang Gilas Indonesia
AFP/ROSLAN RAHMAN
Pemain Timnas Thailand Chanathip Songkrasin (kiri) berebut bola dengan pemain Timnas Indonesia Alfeandra Dewangga Santosa saat pertandingan leg pertama final sepak bola AFF Suzuki Cup 2020 antara Timnas Indonesia dan Timnas Thailand di Stadion Nasional Singapura, Rabu (29/12/2021). (Roslan RAHMAN/AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Chanathip Songkrasin membuat rekor mengesankan saat Thailand menghancurkan Timnas Indonesia pada leg pertama Final Piala AFF 2021, Rabu (29/12/2021).

Final leg pertama Final Piala AFF 2021 antara Timnas Indonesia vs Thailand berkesudahan dengan skor 4-0 di Stadion National, Singapura.

Chanathip Songkrasin atau terkenal dengan julukan Messi Thailand ini membukukan brace alias dua gol.

Bahkan satu dari dua lesakannya ini membuat dirinya mengukir rekor baru.

Baca juga: Piala AFF 2021: Sambil Nangis, Pelatih Thailand Minta Maaf ke Timnas Indonesia soal Pergantian Kiper

Baca juga: Fakta Kekalahan Timnas Indonesia atas Thailand di Final Piala AFF 2021: Witan Ngamuk, Irja Egois

Chanathip Songkrasin dari Timnas Thailand (kedua dari kiri) menguasai bola saat pertandingan leg pertama final sepak bola AFF Suzuki Cup 2020 antara Timnas Indonesia dan Timnas Thailand di National Stadium, Singapura, Rabu (29/12/2021) Desember 2021. (Roslan RAHMAN/AFP)
Chanathip Songkrasin dari Timnas Thailand (kedua dari kiri) menguasai bola saat pertandingan leg pertama final sepak bola AFF Suzuki Cup 2020 antara Timnas Indonesia dan Timnas Thailand di National Stadium, Singapura, Rabu (29/12/2021) Desember 2021. (Roslan RAHMAN/AFP) (AFP/ROSLAN RAHMAN)

Diwartakan oleh Siam Sport, gol Chanathip Songkrasin pada detik ke-85 (1 menit 25 detik) menjadi yang tercepat sepanjang pagelaran Piala AFF 2021.

Umpan mendatar Philip Roller berhasil diteruskan lewat tendangan Chanathip dari luar kotak penalti.

Torehan Messi pasukan Gajah Perang ini mengalahkan catatan Rachmat Irianto yang membuat gol cepat di menit keempat saat Timnas Indonesia bersua Kamboja di babak grup.

BERITA TERKAIT

Tak hanya sampai di situ, Chanathip memiliki permainan yang menawan sepanjang Piala AFF 2021. Dia menjadi aktor protagonis saat membawa Thailand mengalahkan Vietnam lewat brace yang dia ukir.

Kini, Chanathip masuk dalam jajaran daftar pencetak gol terbanyak Piala AFF dengan koleksi empat gol sama dengan torehan Safawi Rasid (Malaysia), Bienvenido Maranon (Filipina), dan rekan senegaranya Teerasil Dangda

Kehadirannya sebagai kapten tim Thailand juga mampu mengangkat kepercayaan diri rekan-rekannya untuk tampil maksimal melawan Indonesia di final Piala AFF 2021.

Pemain yang kini membela klub Consadole Sapporo Jepang itu telah mempersembahkan dua gelar Piala AFF usai membawa Thailand juara pada edisi 2014 dan 2016.

Berkat kemenangan ini, menjadi modal berharga Thailand bersua Timnas Indonesia pada leg kedua nanti, Sabtu (1/1/2022).

Bagi Timnas Indonesia, mereka membutuhkan margin lima gol untuk melakukan comeback manis dan menutup petualangannya di Piala AFF 2021 dengan raihan trofi.

Terlepas dari itu, berikut catatan dan fakta menarik kemenangan Thailand atas Timnas Indonesia di leg pertama Final Piala AFF 2021, dilansir dari berbagai sumber.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas