Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Novak Djokovic Mengaku Melanggar Protokol Kesehatan Saat Sedang Positif Covid

Novak Djokovic telah mengakui melanggar aturan terkait kewajiban isolasi setelah dites positif Covid-19 bulan lalu.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Novak Djokovic Mengaku Melanggar Protokol Kesehatan Saat Sedang Positif Covid
AFP/SCOTT BARBOUR
Foto handout yang diambil dan dirilis oleh Tennis Australia pada 11 Januari 2022 ini menunjukkan petenis Serbia Novak Djokovic saat sesi latihan jelang turnamen tenis Australia Terbuka di Melbourne. (Photo by Scott BARBOUR / TENNIS AUSTRALIA / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM, MELBOURNE- Novak Djokovic telah mengakui melanggar aturan terkait kewajiban isolasi setelah dites positif Covid-19 bulan lalu.

Dia menggambarkannya sebagai kesalahan penilaian. Dalam sebuah posting Instagram pada hari Rabu, pria Serbia itu mengaku bertemu dengan seorang jurnalis untuk wawancara dua hari setelah dia dinyatakan positif pada 16 Desember.

"Saya menerima bahwa saya seharusnya menjadwal ulang (wawancara)," tulisnya dikutip dari BBC.com.

Aktivitasnya sedang diteliti karena pemerintah Australia mempertimbangkan apakah akan mendeportasinya.

Petenis Serbia Novak Djokovic (kanan) mengambil bagian dalam sesi latihan di Melbourne menjelang turnamen tenis Australia Terbuka pada 11 Januari 2022, sehari setelah pengadilan membatalkan keputusan pemerintah Australia untuk membatalkan visanya dengan alasan vaksinasi Covid-19. (Photo by Kelly Defina / POOL / AFP)
Petenis Serbia Novak Djokovic (kanan) mengambil bagian dalam sesi latihan di Melbourne menjelang turnamen tenis Australia Terbuka pada 11 Januari 2022, sehari setelah pengadilan membatalkan keputusan pemerintah Australia untuk membatalkan visanya dengan alasan vaksinasi Covid-19. (Photo by Kelly Defina / POOL / AFP) (AFP/KELLY DEFINA)

Djokovic, yang belum divaksinasi, berharap bisa mempertahankan gelar Australia Terbukanya pekan depan.

Dia dicabut visanya pada 6 Januari tak lama setelah dia tiba di negara itu di tengah pertanyaan tentang pengecualian vaksin yang akan memungkinkan dia untuk masuk.

Pada hari Senin, bagaimanapun, seorang hakim secara dramatis membatalkan keputusan dan memerintahkan pembebasan pemain dari penahanan.

Petenis Serbia Novak Djokovic mengikuti sesi latihan di Melbourne menjelang turnamen tenis Australia Terbuka pada 11 Januari 2022, sehari setelah pengadilan membatalkan keputusan pemerintah Australia untuk membatalkan visanya dengan alasan vaksinasi Covid-19. (Photo by Kelly Defina / POOL / AFP)
Petenis Serbia Novak Djokovic mengikuti sesi latihan di Melbourne menjelang turnamen tenis Australia Terbuka pada 11 Januari 2022, sehari setelah pengadilan membatalkan keputusan pemerintah Australia untuk membatalkan visanya dengan alasan vaksinasi Covid-19. (Photo by Kelly Defina / POOL / AFP) (AFP/KELLY DEFINA)
BERITA TERKAIT

Tetapi pemerintah tidak mengesampingkan tindakan lebih lanjut.

Dan kemungkinan tetap bahwa menteri imigrasi negara itu dapat mencabut visanya untuk kedua kalinya hanya beberapa hari sebelum turnamen Australia Terbuka dimulai.

"Saya merasa berkewajiban untuk melanjutkan dan melakukan wawancara L'Equipe karena saya tidak ingin mengecewakan wartawan," tulis Djokovic di postingan Instagram.

Foto handout yang diambil dan dirilis oleh Tennis Australia pada 11 Januari 2022 ini menunjukkan Novak Djokovic dari Serbia (ke-2 dari kiri) dan timnya melihat ke helikopter media selama sesi latihan menjelang turnamen tenis Australia Terbuka di Melbourne. (Photo by SCOTT BARBOUR / TENNIS AUSTRALIA / AFP)
Foto handout yang diambil dan dirilis oleh Tennis Australia pada 11 Januari 2022 ini menunjukkan Novak Djokovic dari Serbia (ke-2 dari kiri) dan timnya melihat ke helikopter media selama sesi latihan menjelang turnamen tenis Australia Terbuka di Melbourne. (Photo by SCOTT BARBOUR / TENNIS AUSTRALIA / AFP) (AFP/SCOTT BARBOUR)

"[Saya memastikan] saya menjaga jarak dan mengenakan masker kecuali ketika foto saya diambil."

Dia mengatakan laporan lain tentang dia muncul di depan umum setelah tes positifnya pada 16 Desember adalah "informasi yang salah".

Djokovic, sementara itu, juga mengaku membuat pernyataan palsu pada formulir perjalanannya sebelum memasuki Australia.

Foto handout yang diambil dan dirilis oleh Tennis Australia pada 11 Januari 2022 ini menunjukkan petenis Serbia Novak Djokovic saat sesi latihan jelang turnamen tenis Australia Terbuka di Melbourne. (Photo by SCOTT BARBOUR / TENNIS AUSTRALIA / AFP)
Foto handout yang diambil dan dirilis oleh Tennis Australia pada 11 Januari 2022 ini menunjukkan petenis Serbia Novak Djokovic saat sesi latihan jelang turnamen tenis Australia Terbuka di Melbourne. (Photo by SCOTT BARBOUR / TENNIS AUSTRALIA / AFP) (AFP/SCOTT BARBOUR)

Dia mengatakan agennya telah melakukan kesalahan saat mengisi bagian formulir yang menutupi riwayat perjalanannya baru-baru ini.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas