Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Sanksi Larangan Dicabut WADA, Momentum Timnas Indonesia Pertahankan Gelar Piala AFF U23 2022

Kabar melegakan datang dari WADA yang secara resmi telah mencabut larangan pengibaran bendera yang sempat dirasakan Indonesia beberapa waktu lalu.

Penulis: Dwi Setiawan
Editor: Drajat Sugiri
zoom-in Sanksi Larangan Dicabut WADA, Momentum Timnas Indonesia Pertahankan Gelar Piala AFF U23 2022
instagram @pssiSudah Diverifikasi
Starting line-up Timnas Indonesia U23 ketika melawan Tajikistan di laga uji coba, Selasa (19/10/2021) malam WIB. 

TRIBUNNEWS.COM - Kabar melegakan datang dari WADA yang secara resmi telah mencabut larangan pengibaran bendera yang sempat dirasakan Indonesia beberapa waktu lalu.

WADA selaku Badan Anti Doping Dunia telah mencabut sanksi larangan pengibaran bendera setelah Indonesia memenuhi kewajibannya.

Tak hanya Indonesia saja, Thailand yang sempat mendapatkan sanksi yang sama juga telah bebas setelah mereka mendapatkan status sebagai negara yang patuh regulasi.




Dicabutnya sanksi larangan yang diberikan WADA tentu menjadi kelegaan semua pihak terutama para atlet yang berkompetisi di kancah internasional.

Hal ini mengingat insiden tidak dikibarkannya bendera merah putih saat Indonesia meraih gelar juara Piala Thomas 2020 takkan terulang lagi.

Baca juga: Piala AFF U23 2022 - Media Vietnam Soroti Keunikan Timnas Indonesia, Nama Lokal Cita Rasa Bintang

Baca juga: Piala AFF U23 - Ronaldo Kwateh Absen di Latihan Perdana Timnas Indonesia U-23

Jonatan Christie (kanan) merayakan kemenangan bersama timnya setelah mengalahkan China di pertandingan Final Piala Thomas 2021, di Aarhus, Denmark, pada 17 Oktober 2021.
Jonatan Christie (kanan) merayakan kemenangan bersama timnya setelah mengalahkan China di pertandingan Final Piala Thomas 2021, di Aarhus, Denmark, pada 17 Oktober 2021. (Claus Fisker / Ritzau Scanpix / AFP)

Kepastian dicabutnya larangan pengibaran bendera dirilis secara langsung oleh WADA melalui laman resminya.

"Sesuai dengan standar internasional dalam hal kepatuhan kode, Indonesia dan Thailand telah berhasil memenuhi kewajiban mereka," tulis pernyataan WADA, Kamis (3/2/2022).

BERITA TERKAIT

"Mereka berhak mendapatkan kembali status kepatuhan dan oleh karena itu telah dihapus dari daftar penandatangan yang tidak patuh," tambahnya.

Pernyataan tersebut seakan menjadi kabar bahagia bagi para atlet yang bertekad mempersembahkan prestasi terbaik bagi Merah Putih, tak terkecuali Timnas Indonesia U23.

Baca juga: Waspadalah Timnas Indonesia U23, Malaysia Kirim Sinyal Balas Dendam di Piala AFF U23 2022

Seperti diketahui Timnas Indonesia U23 akan melakoni laga penting dalam ajang Piala AFF U23 2022 di Kamboja.

Skuat Garuda Muda yang ditangani Shin Tae-yong akan berjuang melakukan terbaik untuk bisa meraih prestasi dalam ajang tersebut.

Status Timnas Indonesia sebagai juara bertahan tentu semakin menyalakan semangat para punggawa Merah Putih.

Motivasi para pemain pun diharapkan bisa semakin bertambah setelah larangan pengibaran bendera merah putih telah dicabut WADA.

Starting line-up Timnas Indonesia U23 ketika melawan Tajikistan di laga uji coba, Selasa (19/10/2021) malam WIB.
Starting line-up Timnas Indonesia U23 ketika melawan Tajikistan di laga uji coba, Selasa (19/10/2021) malam WIB. (instagram @pssiSudah Diverifikasi)

Dengan status Indonesia sebagai juara bertahan, hal itu diharapkan bisa melipatgandakan para pemain Merah Putih untuk mempertahankan gelar.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas