Superskor

Liga Champions

Berkah Pemain Kroasia Berujung Trofi Liga Champions, PSG & Manchester City Kena Sindiran Tajam

Keberhasilan Real Madrid menyegel status sebagai juara Liga Champions musim 2021/2022 menyisakan fakta menarik yang tak pernah habis untuk dikupas.

Penulis: Dwi Setiawan
Editor: Muhammad Nursina Rasyidin
zoom-in Berkah Pemain Kroasia Berujung Trofi Liga Champions, PSG & Manchester City Kena Sindiran Tajam
Paul ELLIS / POOL / AFP
Gelandang Kroasia Luka Modric (kiri) merayakan dengan gelandang Kroasia Mateo Kovacic setelah mencetak gol kedua selama pertandingan sepak bola Grup D UEFA EURO 2020 antara Kroasia dan Skotlandia di Hampden Park di Glasgow pada 22 Juni 2021. Paul ELLIS / POOL / AFP 

TRIBUNNEWS.COM - Keberhasilan Real Madrid menyegel status sebagai juara Liga Champions musim 2021/2022 menyisakan berbagai fakta menarik yang tak pernah habis untuk dikupas.

Salah satu fakta menarik itu yakni berkah keberadaan pemain Kroasia yang lagi-lagi menghiasi tim juara Liga Champions.

Perlu diketahui sejak tahun 2013 silam, selalu ada sosok pemain Kroasia dalam setiap tim yang berhasil menjadi pemenang juara Liga Champions.

Mario Mandzukic menjadi tokoh utama yang mengawali catatan unik tersebut ketika membantu Bayern Munchen meraih gelar Liga Champions pada tahun 2013 silam.

Baca juga: Liverpool Gagal Juara Liga Champions, Kepergian Sadio Mane Perparah Luka Penggemar The Reds

Baca juga: Here We Go, Sadio Mane Putuskan Tinggalkan Liverpool Seusai Gagal Juara Liga Champions

Ekspresi Mario Mandzukic usai bobol gawang MU, 9 April 2014.
Ekspresi Mario Mandzukic usai bobol gawang MU, 9 April 2014. ()

Sejak saat itulah sampai periode saat ini, ternyata setiap tim yang berhasil menjadi juara Liga Champions pasti selalu ada pemain Kroasia di dalamnya.

Setelah Mandzukic, Modric menjadi bagian kemenangan Real Madrid meraih gelar Liga Champions kesepuluh dalam sejarah alias La Decima pada tahun 2014.

Baca juga: Tingkah Benzema dan Modric Bikin Ancelotti Geleng-geleng, Malah Main Kartu sebelum Final UCL

Setahun berselang, Rakitic secara bergantian menjadi pemain Kroasia lain yang berhasil mengantarkan tim yang ia bela menjadi jawara Liga Champions.

Rakitic melakukan hal tersebut bersama Barcelona kala ditangani Luis Enrique pada tahun 2015 silam.

Bahkan, Rakitic menjadi bagian penting Barcelona meraih treble winners pada musim tersebut.

(Kiri ke kanan) Ivan Rakitic, Neymar, Andres Iniesta dan Lionel Messi merayakan gol pertama pada final di Olympiastadion, Berlin, Sabtu waktu setempat atau Minggu (7/6/2015) dini hari WIB.
(Kiri ke kanan) Ivan Rakitic, Neymar, Andres Iniesta dan Lionel Messi merayakan gol pertama pada final di Olympiastadion, Berlin, Sabtu waktu setempat atau Minggu (7/6/2015) dini hari WIB. (AFP PHOTO)

Setahun berselang, Luka Modric kembali menjadi aktor penting keberhasilan Real Madrid menjadi juara Liga Champions pada tahun 2016.

Modric tak sendirian lagi lantaran ia memiliki rekan setim yang berasal dari Kroasia, Matteo Kovacic.

Modric dan Kovacic bahkan menjadi bagian dari skuat Real Madrid menjadi juara pada tiga edisi beruntun pada tahun 2016-2018.

Baca juga: Seperti Gol Cantona, Mateo Kovacic Cetak Gol Mirip Gol Eric Cantona ke Gawang Liverpool Pada 1996

Tahun 2019, Dejan Lovren mengikuti jejak para pemain Kroasia lainnya saat mengantarkan Liverpool menjadi juara Liga Champions pada musim tersebut.

Ivan Perisic pun secara bergantian menjadi pemain Kroasia yang mampu mempersembahkan timnya merengkuh gelar juara Liga Champions.

Pemain tengah Bayern Munich asal Kroasia Ivan Perisic menembak dan mencetak gol kedua timnya selama Liga Champions UEFA, babak kedua babak 16 besar, pertandingan sepak bola FC Bayern Munich v FC Chelsea di Munich, Jerman selatan pada 8 Agustus 2020.
Tobias SCHWARZ / AFP
Pemain tengah Bayern Munich asal Kroasia Ivan Perisic menembak dan mencetak gol kedua timnya selama Liga Champions UEFA, babak kedua babak 16 besar, pertandingan sepak bola FC Bayern Munich v FC Chelsea di Munich, Jerman selatan pada 8 Agustus 2020. Tobias SCHWARZ / AFP (Tobias SCHWARZ / AFP)
Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Arsenal
14
12
1
1
33
11
22
37
2
Manchester City
14
10
2
2
40
14
26
32
3
Newcastle
15
8
6
1
29
11
18
30
4
Tottenham
15
9
2
4
31
21
10
29
5
Manchester United
14
8
2
4
20
20
0
26
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas