Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

3 Syarat Timnas Garuda Lolos ke Piala Asia 2023, Indonesia Bisa Tergantung 'Dukungan' Palestina

Ada tiga syarat bagi timnas Indonesia untuk bisa lolos ke Piala Asia 2023. Timnas Garuda masih punya peluang untuk lolos ke Piala Asia 2023.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in 3 Syarat Timnas Garuda Lolos ke Piala Asia 2023, Indonesia Bisa Tergantung 'Dukungan' Palestina
Instagram @pssi
Timnas Indonesia vs Kuwait di FIFA Matchday, Kamis 2 Juni 2022. 

TRIBUNNEWS.COM, KUWAIT- Ada tiga syarat bagi timnas Indonesia untuk bisa lolos ke Piala Asia 2023. Timnas Garuda masih punya peluang untuk lolos ke kompetisi sepak bola paling bergengsi di Asia itu.

Skuat yang dilatih Shin Tae-yong wajib untuk memenangkan pertandingan terakhir melawan Nepal. Laga krusial untuk Indonesia melawan Nepal akan digelar pada Rabu (15/6) Pukul 02:15 WIB.

Indonesia masih berpeluang lolos ke Piala Asia dengan syarat pertama harus menang di laga atas Nepal, syarat kedua Yordania menggagalkan kemenangan Kuwait, dan syarat ketiga unggul dari dua tim lain di persaingan runner-up.

Dua pertandingan telah dilakoni skuat Shin Tae-yong. Masing-masing melawan Kuwait yang dimenangkan Indonesia dengan skor 2-1 dan kalah 0-1 pada laga melawan Yordania yang berakhir Minggu (12/6).




Indonesia punya peluang ke putaran final Piala Asia 2023 setelah mengalahkan Kuwait 2-1 di laga perdana kualifikasi.

Setelah kalah 0-1 menghadapi Yordania, Indonesia akan menghadapi Nepal. Tim yang di atas kertas berada di bawah Indonesia dalam peringkat FIFA.

Indonesia berada di peringkat 159 sedangkan Nepal berada di peringkat 168.

Dalam catatan pertemuan Indonesia melawan Nepal, Indonesia pernah menang atas Nepal dalam uji coba yang digelar tahun 2014 silam.

BERITA TERKAIT

Saat itu, Indonesia menang dengan skor 2-0 atas Nepal saat Indonesia masih dilatih Alfred Riedl. Dua gol Indonesia dicetak Samsul Arif dan Hendro Siswanto.

Tidak ada yang tidak mungkin untuk bisa lolos ke Piala Asia, para pemain perlu bermain disiplin, bekerja keras, menjalankan instruksi pelatih, dan fokus selama pertandingan.

Shin Tae-yong tidak ragu melihat perkembangan timnas Garuda jika bisa tampil fokus seperti lawan melawan Kuwait.

"Saya tidak secara khusus berpikir kami bisa menang, tapi saya yakin kami bisa jadi penantang," ungkap Shin Tae-yong di situs PSSI.

Ada beberapa hal yang diperhitungkan AFC untuk menentikan kelolosan sebuah tim ke putaran final Piala Asia.

Di antaranya, hasil head to head antara kedua tim, selisih gol dua tim, jumlah gol yang dicetak, hingga masalah disiplin pemain dilihat dari kartu kuning yang didapat.

Jika ada lebih dari satu tim yang punya poin sama, kriteria itu diperlukan untuk membedakan bagi tim-tim yang berpoin sama.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas