Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Risiko Jika Timnas Indonesia Keluar dari AFF dan Gabung EAFF, Benarkah Skuad Garuda Paling Lembek?

Timnas Indonesia akan menghadapi sejumlah konsekuensi jika benar-benar kelaur dari AFF, termasuk risiko jadi lumbung gol melawan para raksasa Asia

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Risiko Jika Timnas Indonesia Keluar dari AFF dan Gabung EAFF, Benarkah Skuad Garuda Paling Lembek?
Dok: Kemenpora
Menpora Zainudin Amali bersama Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan saat menyaksikan pertandingan Timnas Indonesia U-19 vs Myanmar U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (10/7/2022). Mochamad Iriawan mengatakan, PSSI kini sedang menimbang-nimbang terkait wacana Timnas Indonesia keluar dari keanggotaan AFF dan bergabung dengan EAFF. 

Ini Risiko Jika Timnas Indonesia Keluar dari AFF dan Gabung EAFF, Siap-siap Horor Bertemu Jepang-Korsel

TRIBUNNEWS.COM - Wacana agar Timnas Indonesia keluar dari keanggotaan konfederasi sepakbola Asia Tenggara atau ASEAN Football Federation (AFF) mengemuka.

PSSI menindaklanjuti wacana tersebut dengan membuka komunikasi dengan pihak konfederasi sepakbola Asia Timur atau East Asian Football Federation (EAFF). 




Pun, Timnas Indonesia akan menghadapi sejumlah konsekuensi jika benar-benar kelaur dari AFF, termasuk risiko jadi lumbung gol saat berhadapan langsung dengan tim nasional yang menjadi raksasa di Asia, Jepang, China, dan Korea Selatan.

Baca juga: Timnas Indonesia Serius Mau Keluar dari AFF? PSSI Sudah Bangun Komunikasi dengan EAFF

Baca juga: Ketua Umum PSSI Sekak Vietnam yang Protes Aturan Vaksin di Indonesia: Jangan Banyak Ngeluh

Wacana PSSI pindah dari AFF ke EAFF muncul setelah timnas U-19 Indonesia gagal ke semifinal Piala AFF U19 2022 karena kalah head-to-head dari Vietnam dan Thailand.

Kejadian itu berujung pada nota protes PSSI yang menganggap Vietnam dan Thailand tidak bermain sportif pada laga pamungkas fase grup Piala AFF U19 2022. Warganet pun ikut bereaksi.

Mereka mengumandangkan permintaan agar PSSI keluar dari AFF dan pindah ke EAFF. Terkait hal itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyataka pihaknya sudah berkomunikasi dengan pihak EAFF.

BERITA TERKAIT

"Iya, mereka (EAFF) sudah menyampaikan sesuatu lewat Sekjen (PSSI Yunus Nusi)," kata Iriawan, dikutip dari Antara, Selasa (19/7/2022).

Akan tetapi, PSSI tidak langsung menyetujui tawaran EAFF tersebut. PSSI masih menghitung untung-rugi jika pindah ke EAFF. "Mereka senang kalau kami bergabung ke sana. Namun, kami mesti menghitung terlebih dahulu," kata Iriawan menambahkan.

"Kami harus mendiskusikannya dengan matang dan menghitung untung-ruginya," ucap Iriawan menegaskan.

Baca juga: Peluang Timnas Indonesia Keluar dari AFF Kian Terbuka, PSSI Hitung Untung-Rugi Gabung EAFF

Apa Itu EAFF?

Para pemain Timnas Jepang U-19
Para pemain Timnas Jepang U-19 (bolasport.com)

Sama seperti ASEAN Football Federation (AFF), EAFF atau East Asian Football Federation merupakan sub-federasi dari Asian Football Confederation (AFC).

Adapun Asian Football Confederation atau Konfederasi Sepak Bola Asia adalah induk olahraga sepak bola negara-negara Asia. AFC memiliki lima sub-federasi berdasarkan wilayah atau zona yaitu AFF (Asia Tenggara), EAFF (Asia Timur), CAFA (Asia Tengah), SAFF (Asia Selatan), dan WAFF (Asia Barat).

EAFF didirikan pada 28 Mei 2002. Organisasi ini menjadi badan pengatur asosiasi-asosiasi sepak bola dari negara-negara Asia Timur. Kantor pusat EAFF berada di Tokyo, Jepang, dan memiliki 10 anggota.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas