Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Federasi Sepak Bola India Kirim Sinyal Gabung AFF, Indonesia Justru Masih Bimbang?

Kabar mengejutkan soal keinginan Federasi Sepak Bola India yang ingin bergabung dengan AFF ternyata memang benar, disisi lain Indonesia masih bimbang.

Penulis: Dwi Setiawan
zoom-in Federasi Sepak Bola India Kirim Sinyal Gabung AFF, Indonesia Justru Masih Bimbang?
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Para pesepak bola Tim Nasional Indonesia U-19 menyapa suporter usai pertandingan Timnas Indonesia U-19 melawan Timnas Myanmar U-19 dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (10/7/2022). Indonesia masih bimbang keluar AFF, India malah ngebet gabung AFF. 

TRIBUNNEWS.COM - Kabar mengejutkan soal keinginan Federasi Sepak Bola India yang ingin bergabung dengan AFF ternyata memang benar adanya.

Hal itu diperkuat oleh perkataan Kushal Das yang merupakan Sekretaris Jenderal Sepak Bola India.

Kushal Das menjelaskan bahwa pihaknya telah menerima sinyal positif soal keinginan India untuk bisa bergabung dengan AFF.

Para pemain timnas India merayakan kemenangan pada final Piala Asia Selatan.
Para pemain timnas India merayakan kemenangan pada final Piala Asia Selatan. Indonesia masih bimbang keluar AFF, India malah ngebet gabung AFF. (http://asiaeuropefc.com/)




"AFF telah memberikan tanggapan yang sangat positif mengenai niat kami(soal keinginan bergabung dengan AFF)," ujar Kushal Das dilansir Times of India.

"Sekarang sisanya keputusan terserah kami, saya memahami sepak bola India saat ini masih terjebak lantaran situasi epidemi Covid-19" tambahnya.

Baca juga: Tajam di Liga 1, Nur Hardianto & Dimas Drajad Jawab Kegelisahan STY untuk Striker Timnas Indonesia

Lebih lanjut, Kushal Das menambahkan bahwa jika AFF mengizinkan India bergabung, maka daya tarik sepak bola akan semakin menarik terkhusus bagi masyaratnya sendiri.

Selain itu, persaingan lebih sengit akan mewarnai perhelatan Piala AFF berbagai jenjang umur jika India benar-benar direstui untuk bergabung dengan AFF.

BERITA TERKAIT

Di tengah isu menarik bergabungnya India, keputusan Indonesia untuk keluar atau tidaknya dari AFF masih mengambang sampai detik ini.

Kekecewaan Indonesia terhadap respons AFF soal indikasi laga main mata Piala AFF U19 2022 nyatanya belum memperjelas posisi tim Merah Putih.

Terlepas dari hal itu, Indonesia tampaknya memang masih menimbang secara matang terkait keuntungan dan kerugian mereka jika keluar dari AFF untuk bergabung dengan EAFF.

Jika melihat dua kondisi berbeda di atas, akan semakin menarik jika India direstui bergabung AFF, lalu Indonesia tetap bertahan menjadi anggota AFF.

Hal ini dikarenakan persaingan dan peta kekuatan sepak bola yang dimiliki negara Asia Tenggara akan semakin menarik, apalagi sudah ada keberadaan Australia.

Layak dinantikan seperti apa perkembangan isu soal keanggotaan AFF dalam beberapa waktu kedepan nantinya.

(Tribunnews.com/Dwi Setiawan)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas