Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Jadi Penguasa Pekan I Liga Italia, Napoli Tebar Ancaman ke Inter & AC Milan di Perebutan Scudetto

Bukan AC Milan ataupun Inter yang tampil paling moncer di pekan pertama Liga Italia, melainkan sang kuda hitam, Napoli.

Penulis: deivor ismanto
Editor: Muhammad Nursina Rasyidin
zoom-in Jadi Penguasa Pekan I Liga Italia, Napoli Tebar Ancaman ke Inter & AC Milan di Perebutan Scudetto
MIGUEL MEDINA / AFP
Bukan AC Milan ataupun Inter yang tampil paling moncer di pekan pertama Liga Italia, melainkan sang kuda hitam, Napoli - Gelandang Napoli Stanislav Lobotka (kanan) melakukan selebrasi bersama pemain depan Napoli asal Nigeria, Victor Osimhen (kiri) setelah mencetak gol dalam pertandingan Serie A Liga Italia antara Hellas Verona dan Napoli pada 15 Agustus 2022 di stadion Bentegodi. 

TRIBUNNEWS.COM - Bukan AC Milan ataupun Inter yang tampil paling moncer di pekan pertama Liga Italia, melainkan sang kuda hitam, Napoli.

Peringkat ketiga Liga Italia musim lalu itu sukses meraih kemenangan besar 2-5 dalam lawatan mereka ke markas Verona, dan memuncaki klasemen di musim ini.

Dilansir Squawka, total 25 tembakan yang Napoli lakukan ke gawang Verona menjadi jumlah paling banyak di pekan pertama Liga Italia.

Baca juga: Klasemen Liga Italia: AC Milan Tergusur 2 Tim Sekaligus, Napoli Penguasa Pekan Pertama

Pemain depan Napoli Italia Lorenzo Insigne (kiri) merayakan setelah mencetak gol, selama pertandingan sepak bola Serie A Italia antara SSC Napoli dan Roma di stadion Diego Armando Maradona di Naples pada 18 April 2022.
Pemain depan Napoli Italia Lorenzo Insigne (kiri) merayakan setelah mencetak gol, selama pertandingan sepak bola Serie A Italia antara SSC Napoli dan Roma di stadion Diego Armando Maradona di Naples pada 18 April 2022. (Andreas SOLARO / AFP)

Fakta tersebut menunjukkan bahwa Napoli siap bersaing dengan tim sekaliber AC milan, Inter sampai Juventus di perebutan gelar Liga Italia.

Meski sang juru taktik, Luciano Spalletti baru didatangkan Napoli di musim Llalu, namun ia mampu beradaptasi dengan cepat bersama tim yang bermarkas di Stadion Diego Armando Maradona tersebut.

Pengalaman menukangi tim-tim elit Liga Italia lainnya (AS Roma dan Inter Milan) membuat pelatih berusia 62 tahun tersebut tak membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi bersama Partenopei.

Padahal, di bursa transfer musim panas ini, Partenopei tak begitu jor-joran dalam mendatangkan pemain.

BERITA TERKAIT

Justru Napoli harus kehilangan dua pemain andalan mereka dari musim ke musim, Lorenzo Inzigne dan Kalidou Koulibaly yang hijrah ke tim lain.

Dilansir Transfermarkt, Napoli hanya menggelontorkan dana sebanyak 50 juta euro untuk memboyong tujuh pemain pengganti dua penggawa di atas.

Kolektivitas Napoli di Bawah Asuhan Spalletti

Dilansir Sofascore, di laga pertama Liga Italia, Napoli menjadi tim dengan penguasaan bola terbanyak diantara kontestan lainnya dengan 67.11 persen ball possession.

Skema dasar 4-3-3 yang diusung juru taktik asal Italia tersebut jelas mengutamakan permainan atraktif dan position play menggunakan umpan pendek dari kaki ke kaki.

Rata-rata jumlah passing mereka adalah 512 dengan tingkat akurasi mencapai 86.7 persen. Kembali menjadi yang tertinggi di Liga Italia mengalahkan Sarriball di Lazio yang dikenal handal dalam urusan melakukan passing.

Spalletti senang membuat lawan kelimpungan lewat permainan position play yang dia usung, pergerakan tanpa bola para punggawa Partenopei begitu cair.

Pelatih kepala Napoli Italia Luciano Spalletti memberikan instruksi selama pertandingan Sepak Bola Grup C Liga Eropa UEFA antara Napoli dan Legia Warsawa pada 21 Oktober 2021 di stadion Diego-Maradona di Naples.
Pelatih kepala Napoli Italia Luciano Spalletti memberikan instruksi selama pertandingan Sepak Bola Grup C Liga Eropa UEFA antara Napoli dan Legia Warsawa pada 21 Oktober 2021 di stadion Diego-Maradona di Naples. (Tiziana FABI / AFP)
Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas