Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Ketua Umum PSSI Iwan Bule Memohon Liga 1 Dilanjutkan, Menpora: Tanya Polri

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengatakan untuk rekomendasi kelanjutan kompetisi ada di ranah Kepolisian.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Ketua Umum PSSI Iwan Bule Memohon Liga 1 Dilanjutkan, Menpora: Tanya Polri
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan usai dimintai keterangan oleh Komnas HAM di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Kamis (13/10/2022). Komnas HAM meminta keterangan PSSI dan pihak penyelenggara siaran pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya yang berlangsung pada 1 Oktober 2022 itu untuk proses pemantauan dan penyelidikan atas kasus Tragedi Kanjuruhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Belakangan Iwan Bule mengaku siap lengser dalam KLB PSSI guna memilih pengurus baru. KLB PSSI ini demi kembali bergulirnya kompetisi Liga 1. 

Iwan Bule Memohon Liga 1 Dilanjutkan, Menpora: Tanya Polri

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan berharap pemerintah segera menggulirkan Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 yang telah terhenti sejak Tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober lalu.

Terlebih, PSSI sudah menjalankan rekomendasi dari Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) salah satunya menggelar KLB.

Seperti diketahui, PSSI telah mengumumkan untuk mempercepat KLB yang dijadwalkan diadakan pada Maret 2023.

Baca juga: Alasan Sebenarnya Iwan Bule Putuskan KLB PSSI: Jika Waktunya Tiba, Nyawa Pun Tak Bisa Dipertahankan

Baca juga: PSSI Kirim Surat ke FIFA Soal KLB, Klub-Klub Liga 1 Ingin Kompetisi Segera Digulirkan Kembali

Agenda KLB sendiri yakni pemilihan Ketum dan Anggota Exco PSSI baru.

“Saudaraku para pecinta sepak bola mengapa keputusan KLB dipercepat karena saya tidak ingin mengorbankan marwah sepak bola Indonesia atau ekosistem yang sekarang sedang berhenti,” tulis Mochamad Iriawan dalam akun Instagram pribadinya.

BERITA TERKAIT

“Saya juga tidak ingin mengorbankan 120 ribu teman-teman saya yang hidupnya menggantungkan diri dari sepak bola baik itu ofisial, wasit, pemain, kitman, pelatih, pelaku UMKM dan sebagaimana mereka hidup dari sepak bola,”

Baca juga: Umuh Muchtar Kaget Iwan Bule Umumkan KLB, Bos Persib Desak Anggota Exco PSSI Juga Harus Diganti

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memberikan pernyataan terkait hasil rapat Exco PSSI yang akan segera menggelar Kongres Luar Biasa (KLB).
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memberikan pernyataan terkait hasil rapat Exco PSSI yang akan segera menggelar Kongres Luar Biasa (KLB). (tangkap layar YouTube PSSI)

Baca juga: Anggota TGIF Cium Kejanggalan Percepatan KLB PSSI, Ada Peluang Iwan Bule Kembali Maju Mencalon 

“Maka dari itu KLB perlu dilangsungkan dan kami memohon agar pemangku kepentingan berkenan memberikan izin untuk bergulirnya kompetisi Liga 1, Liga 2, dan Liga 3,” harap Iriawan.

Sementara itu, soal kelanjutan Liga yang kini diajukan ke Pemerintah, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengatakan untuk rekomendasi kelanjutan kompetisi ada di ranah Kepolisian.

Setelah mendapatkan izin dari pihak Kepolisian, nantinya Menpora Amali baru akan menggelar rapat koordinasi yang diikuti oleh stakeholder sepakbola lainnya.

“Pemerintah itu Polri maksudnya, bukan Kemenpora. Saya kan biasanya hanya memimpin rapat koordinasi. Jadi itu Polri, tanya Polri,” kata Menpora usai pelantikan Sesmenpora di Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (2/11/2022).

Baca juga: Hal-Hal Menarik Timnas Indonesia U-20 Comeback Kalahkan Moldova 3-1: Skema Shin Tae-yong Mulus

Presiden Jokowi didampingi Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, dan Bupati Malang M Sanusi meninjau lokasi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (5/10/2022). Dalam pernyataannya, Presiden memerintahkan Kementerian Pekerjaan Umum mengaudit seluruh stadion di Indonesia agar tragedi Kanjuruhan tidak terulang kembali. BPMI/RUSMAN
Presiden Jokowi didampingi Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, dan Bupati Malang M Sanusi meninjau lokasi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (5/10/2022). Dalam pernyataannya, Presiden memerintahkan Kementerian Pekerjaan Umum mengaudit seluruh stadion di Indonesia agar tragedi Kanjuruhan tidak terulang kembali. BPMI/RUSMAN (BPMI/RUSMAN)

“Pasti (ada rakor lagi-red) kalau Polri bilang sudah boleh, tapi bayangan saya belum ada penonton,” sambungnya.

Lebih lanjut, Menpora menambahkan hingga saat ini belum ada koordinasi dengan pihak Kepolisian.

Begitu pihak Kepolisian memberikan izin, pihaknya baru akan mengundang semua sektor untuk melakukan rapat koordinasi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas