Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Jika GBK Tak Diizinkan, Stadion Pakansari dan Patriot Jadi Opsi Lokasi Gelaran Piala AFF 2022

Stadion Pakansari yang sempat banjir kritikan, jadi opsi pengganti venue Piala AFF 2022 bila FIFA tak mengizinkan penggunaan Stadion Gelora Bung Karno

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Jika GBK Tak Diizinkan, Stadion Pakansari dan Patriot Jadi Opsi Lokasi Gelaran Piala AFF 2022
handout/ist
Kondisi Stadion Pakansari saat hujan. Laga kedua FIFA Matchday Timnas Indonesia vs Curacao, Selasa (27/9/2022) silam, dihelat di stadion ini. Stadion Pakansari jadi opsi venue Piala AFF 2022 jika FIFA tak mengizinkan penggunaan Stadion Utama Gelora Bung Karno yang disiapkan untuk gelaran Piala Dunia U-20 2023 mendatang. 

Jika GBK Tak Diizinkan, Stadion Pakansari dan Patriot Jadi Opsi Venue Gelaran Piala AFF 20222

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali hari ini bertemu dengan Direktur Utama PPKGBK, Rakhmadi Afif Kusumo di Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (9/11/2022).

Dalam pertemuan tersebut, Menpora menyampaikan persiapan SUGBK yang akan digunakan untuk menggelar Piala Dunia U-20 pada 20 Mei 2023.

“Saya menerima direksi GBK, ada Pak Dirut, Direktur, dan beberapa teman dari GBK. Mereka menyampaikan tentang perbaikan GBK yang akan dilaksanakan, dan menyampaikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan FIFA World Cup U-20. Di mana GBK menjadi salah satu venue yang dipilih oleh FIFA. Seperti si Jalak Harupat, GBK, Jakabaring dll,” kata Menpora.

Baca juga: Hancur-hancuran, Skuad Timnas U-17 Indonesia dan Pakansari Sama Lelahnya, Bima Sakti Akui Ini

Baca juga: Timnas Indonesia vs Curacao di Stadion Pakansari, Media Vietnam Beri Sindiran Tajam ke PSSI

Menpora juga menjelaskan maksud perkataan sebelumnya yang melarang menggunakan SUGBK sebelum pelaksanaan Piala Dunia U-20 adalah sebagai bentuk jaminan kepada FIFA bahwa Stadion-Stadion tidak akan rusak sebelum gelaran.

Seperti diketahui, Menpora sebelumnya mengatakan bahwa SUGBK tak boleh menggelar kegiatan apa pun enam bulan sebelum Piala Dunia U-20 2023 bergulir.

BERITA REKOMENDASI

Bahkan Piala AFF 2022 yang diadakan pada 20 Desember mendatang juga tak boleh memakai SUGBK.

“Kemudian mereka menanyakan apakah memungkinkan sebelum pelaksanaan event itu diperbolehkan ada kegiatan lain. Kami sampaikan bahwa saya menyampaikan surat kepada FIFA untuk beberapa hal dan memberikan jaminan bahwa venue-venue baik yang utama maupun tempat latihan yang sudah ditunjuk oleh FIFA, itu akan kita jaga sampai dengan event itu selesai,” terang Menpora.

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sedang dalam peremajaan, Selasa (8/11/2022)
Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sedang dalam peremajaan, Selasa (8/11/2022) (tribunnews.com/alfarizyAF)

“Dan Kementerian PUPR yang ditugaskan untuk melakukan renovasi di beberapa tempat akan memulai pekerjaannya kalau tak salah November ini dan akan memulai dengan lapangan-lapangan yang banyak renovasi,” sambungnya.

Meskipun demikian, Menpora kini tetap menyerahkan keputusan kepada FIFA - boleh atau tidaknya ada kegiatan sebelum Piala Dunia U-20 2023.

Seperti diketahui, selain Piala AFF 2022, ada dua kegiatan lainnya yang dijadwalkan bakal menggunakan SUGBK yakni Konser Raisa pada Februari dan BLACKPINK pada Maret 2023.

“Yang tentukan FIFA, tapi kalau misalnya ke saya. karena saya menjamin itu maka tidak tapi kalau FIFA bilang tak apa-apa, ya silakan. tapi saya tidak menjamin lagi karena pasti akan ada yang rusak gitu,” kata Menpora.

Sementara itu, soal Piala AFF, Menpora mengatakan bahwa itu tak jadi masalah bila tak digelar di SUGBK.

Pasalnya, SSI telah menyiapkan dua opsi Stadion lain apabila tak jadi di SUGBK yakni Stadion Patriot dan Stadion Pakansari.

“Komunikasi saya dengan Sekjen (Yunus Nusi) sih udah oke, antara Pakansari dengan Patriot,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Barcelona
8
7
0
1
25
9
16
21
2
Real Madrid
9
6
3
0
19
6
13
21
3
Villarreal
9
5
2
2
17
17
0
17
4
Atlético Madrid
8
4
4
0
12
4
8
16
5
Osasuna
9
4
3
2
13
14
-1
15
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas