Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Lobi Iwan Bule Sukses, Piala AFF 2022 Bisa Dihadiri Penonton di SUGBK Tapi dalam Jumlah Terbatas

Piala AFF 2022: Ketum PSSI Upayakan Penonton Bisa Dukung Langsung Timnas Indonesia di SUGBK

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Lobi Iwan Bule Sukses, Piala AFF 2022 Bisa Dihadiri Penonton di SUGBK Tapi dalam Jumlah Terbatas
Tribunnews/Abdul Majid
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan saat menghadiri Nobar Argentina melawan Prancis pada laga final Piala Dunia 2022 Qatar di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (18/12/2022) malam. 

Lobi Iwan Bule Sukses, Piala AFF 2022 Bisa Dihadiri Penonton di SUGBK Tapi dalam Jumlah Terbatas

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ada upaya dari Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di balik keputusan dibolehkannya penonton menyaksikan laga kandang Timnas Indonesia pada ajang Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Diketahui,  Tim Nasional Senior Indonesia menghadapi Kamboja pada hari Jumat (23/12/2022) dan menjamu Thailand pada hari Kamis (29/12/2022) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, bisa dihadiri oleh para penonton.

Dalam kesempatan nonton bareng Piala Dunia 2022 bersama dengan awak media, Minggu (18/12/2022), Iwan Bule menyebut jika PSSI sudah mengurus izin kepada pihak Kepolisian, agar penonton bisa hadir menyaksikan penampilan Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan saat menjalani lagi kandang pada Turnamen Sepakbola Piala AFF 2022.

Baca juga: Kumpulan Foto Dahsyat dari Final Piala Dunia 2022: The Million-Dollar Shot, Messi Segel Label GOAT

Pada piala AFF 2020 yang berlangsung di Singapura pada tahun lalu, Timnas Indonesia tidak mendapat dukungan maksimal dari suporter sendiri karena bermain di Singapura, dimana kala itu Tim Garuda tampil sebagai runner-up.

Di sisi lain, pada level kelompok umur, pecinta Timnas Indonesia sudah bisa menyaksikan laga tim Indonesia U-16 dan U-19 ketika berlaga di Piala AFF, sudah bisa menyaksikan langsung ke Stadion.

BERITA REKOMENDASI

"Saya selaku Ketua Umum PSSI telah melayangkan surat permohonan izin kepada pihak Polri untuk laga kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 agar bisa dihadiri penonton," ujar Iwan Bule saat menjawab pertanyaan wartawan di sela-sela Nobar Argentina melawan Prancis pada laga final Piala Dunia 2022 Qatar di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (18/12/2022) malam.

"Saya pun sudah melakukan koordinasi kepada pihak kepolisian mulai dari Polsek, Polres hingga Polda dan Mabes, di mana permohonan kami sekitar 30 ribu penonton bisa memadati SUGBK saat Indonesia menghadapi Kamboja dan 50 ribu penonton ketika menjamu Thailand," tambahnya.

Baca juga: Kabulkan 5 Permintaan Timnas Indonesia, Ketum PSSI Ingin Dibalas dengan Juara Piala AFF 2022

Bek Timnas Indonesia, Fachruddin Aryanto (tengah) sedang mengamati bola yang dimainkan dua rekannya pada pemusatan latihan (TC) menjelang Piala AFF 2022.
Bek Timnas Indonesia, Fachruddin Aryanto (tengah) sedang mengamati bola yang dimainkan dua rekannya pada pemusatan latihan (TC) menjelang Piala AFF 2022. (PSSI)

Dirinya juga mengatakan jika para pemain mengharapkan hadirnya para penonton di Stadion, sebagai tambahan penyemangat untuk mengalahkan para lawannya saat berlaga di kandang.

"Hadirnya penonton sangat diperlukan boleh anak-anak untuk memberikan semangat. Hal itu juga yang dipesankan para pemain Timnas kepada saya sebagai Ketua Umum PSSI, karena menurut mereka atmosfernya berbeda ketika ada dan tidak ada suporternya," terangnya.

Iwan Bule pun menyebut jika kini pihaknya tengah menunggu keputusan sekaligus pengumuman resmi dari Mabes Polri terkait kehadiran suporter Indonesia, sehingga kehadiran suporter yang kemudian menjadi pemain ke-12 di dalam Stadion itu mampu menambah semangat para pemain Timnas Indonesia dalam perjalanannya mempersembahkan trofi Piala AFF untuk kali pertamanya, setelah enam kali finish sebagai runner-up.

"Sebagai Ketua Umum PSSI, segenap upaya dan usaha sudah saya lakukan untuk pengkoordinasian hadirnya para suporter mendukung Timnas kita berlaga di SUGBK. Semoga upaya saya ini tidak mendapat halangan maupun rintangan dan kini kita tinggal menunggu pengumuman resmi dari Mabes Polri. Mudah-mudahan Pak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memenuhi keinginan PSSI," ucapnya.

Mantan Kapolda Metro Jaya ini juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah mengizinkan kembali Kompetisi BRI Liga 1 bergulir.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Liverpool
7
6
0
1
13
2
11
18
2
Man. City
7
5
2
0
17
8
9
17
3
Arsenal
7
5
2
0
15
6
9
17
4
Chelsea
6
4
1
1
15
7
8
13
5
Aston Villa
6
4
1
1
12
9
3
13
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas